"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 10 Februari 2012

MPLIK Lintasi Dolok Siatas Barita Ke SMKN Losida

Kasek SMK N Losida nimbrung melihat para siswa
Dengan semangat tinggi Jumat 10 Pebruari 2012  Tim MPLIK meluncur dan lintasi Dolok Siatas Barita dimana Salib Kasih berdiri untuk menemui SMK Negeri Loasida di Simanampang Kecamatan Siatas Barita.


Merangkak dengan perlahan namun penuh kepastian, MPLIK tiba di SMK Negeri Losida dan diterima Kepala Sekolah Robert Matondang dan para Guru lainnya bertepatan saat sekolah ini masih sedang melaksanakan upacara pagi sebagaimana kesehariannya.

Tanpa basa basi yang panjang Tim MPLIK segera menyiapkan sarana dan prasarana agar siswa dapat memulai aktifitas penjelajahan di dunia maya.

SMK Negeri Losida yang berada di Desa Simanampang dihamparan luas Dolok Siatas Barita, berdiri dengan anggunnya diterpa angin pegunungan, Tim MPLIK sangat merasakan dinginnya udara di alam desa ini.

Memandang ke Timur SMK ini, terdapat lahan pertanian tempat praktek bagi siswa jurusan Budi Daya Pertanian, dan juga asrama bagi para siswa.  Memandang ke Barat, Utara dan Selatan, ternikmati indahnya alam yang mengelilingi kampus SMK ini, menghadirkan suasana batin dan pikiran yang jernih, lepas dari segala tetek bengek dan hiruk pikuk perkotaan.

SMK ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung belajar mengajar untuk praktek pengolahan lahan pertanian.  Tentunya menjadi stimulus bagi para siswa untuk lebih yakin bersekolah di SMK ini, dan itu telah dibuktikan oleh para siswa di SMK ini, dimana dalam beberapa perlombaan LKS, sangat diperhitungkan dan selalu mendapatkan nomor keberhasilan di tingkat Sumatera Utara, demikian Kepala SMK N Losida Robert Matondang memberikan penjelasan kepada media ini.

Walau SMK ini berada dipegunungan yang cukup jauh dari area perkotaan, dan ketiadaan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya warnet di Desa ini, namun hal itu tidak tampak bagi para siswa, ternyata para siswa SMK ini telah dipersiapkan dengan baik oleh para Guru TIK untuk bisa mempergunakan sarana internet, hal ini tampak dari cepatnya siswa mampu berinteraksi dengan sarana MPLIK yang diperhadapkan kepada mereka.

Salah satu hal yang menjadi catatan dari sekolah ini, beberapa orang guru mengharapkan adanya program peningkatan kemampuan pemanfaatan teknologi komputer bagi para guru, karena menyadari mereka masih lemah dan kurang menguasai, khususnya untuk menunjang kemampuan mereka dalam menyajikan materi pelajaran di depan kelas mempergunakan sarana TIK.

Tim MPLIK yang menerima pernyataan para guru ini menyambut baik harapan itu, namun belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat, karena hal itu masih harus dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Tapanuli Utara untuk diajukan kepada Bupati Tapanuli Utara guna mendapat pertimbangan, demikian salah seorang dari Tim MPLIK menjelaskan kepada media ini.

Mencermati para siswa yang sedang menjelajah di dunia maya, mengajak siapa saja yang berdekatan dengan mereka untuk haru, sebab mereka sangat antusias dan fokus untuk memperoleh data dan atau informasi yang terkait dengan materi pembelajaran mereka dibidang pertanian.

Tak dapat disangkal, tingkat keseriusan mereka memanfaatkan waktu yang sedikit atas kehadiran MPLIK di sekolah mereka sangat tinggi, sehingga hampir setiap orang merasakan waktu yang sangat cepat berlalu, ketika MPLIK harus meninggalkan mereka.  Menyadari itu pula, para siswa memohon kiranya MPLIK dapat segera berkunjung kembali ke sekolah mereka, karena sebagaimana mereka sampaikan, begitu banyak hal yang ingin mereka peroleh dari dunia maya untuk kesuksesan belajar dan meraih cita-cita ke depan.

Para siswa di SMK ini dalam satu permintaan khusus kepada Bupati Tapanuli Utara, Bapak Torang Lumbantobing, kiranya dapat segera menugaskan kembali MPLIK ke SMK N Losida.

Photo-photo liputan


Tidak ada komentar: