"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 21 Februari 2012

MPLIK Tapanuli Utara Obati SMP Negeri 2 Siatas Barita

Senin 20 Pebruari 2012, Kembali MPLIK bergerak dari Tarutung menuju Kecamatan Siatas barita menuju Desa Simanampang tepatnya mengunjungi kampus SMP Negeri 2 Siatas Barita.



Dengan gagahnya MPLIK melaju meninggalkan kota Tarutung menapaki Dolok Siatas Barita mendaki bukit-bukit dan menuruni lembah lembah yang membentang di hadapan MPLIK. Suara derik dan raung MPLIK menjadi teman setia dan pengisi kekosongan suara Tim MPLIK yang berharap perjalanan dapat berjalan lancar.

Tiba di kampus SMP N 2 Siatas Barita, kehadiran MPLIK telah ditunggu manajemen sekolah ini, disambut oleh Guru TIK Bapak Pane dan diterima Kepala SMP N 2 Siatas Barita Drs. Lamsersit L. Situmorang, segera MPLIK dipersiapkan Tim untuk dapat beroperasi.

Kali ini Tim MPLIK mempersiapkan selain fasilitas internet juga fasilitas penggunaan praktek komputer bagi para siswa, diharapkan para siswa dapat lebih mengenal teknik penggunaan komputer dan khususnya untuk mengenal sistem operasi dan aplikasi linux.

Sungguh menggembirakan, ternyata para siswa di sekolah ini telah "sangat" menantikan kehadiran MPLIK, dibuktikan dengan antusiasme para siswa ketika menyerbu fasilitas MPLIK, seraya tak ingin peluang kehadiran ini hilang dari hadapan mereka.

Kepala SMP Negeri 2 Siatas Barita Drs. Lamsersit L. Situmorang kepada media ini menjelaskan, bahwa SMP Negeri 2 Siatas Barita masih sangat miskin dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), walaupun TIK merupakan salah satu mata pelajaran penunjang dan mata pelajaran wajib di tingkat SMP.  Hal itu disebabkan masih sangat minimnya peralatan komputer yang dapat dipergunakan sekolah untuk kepentingan proses belajar mengajar.

Lebih lanjut Kepala SMP Negeri 2 Siatas Barita Drs. Lamsersit L. Situmorang menerangkan, sarana internet di sekolah ini masih belum tersedia, selain disebabkan tidak adanya jaringan telepon (PSTN) ke desa ini juga sekolah masih enggan menyediakan perangkat modem GSM sebagai akibat signal GSM di sekitar sekolah ini masih sangat lemah, sehingga dari uji coba yang telah pernah dilakukan dimana waktu loadingnya sangat lambat, sehingga efisiensi dan efektifitas yang diharapkan tidak dapat terwujudkan.

Dari perbincangan media ini kepada para Guru dan para siswa, mereka sangat mendambakan ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet untuk menunjang ketersediaan data dan informasi baik bagi guru pun bagi siswa, sehingga ketertinggalan sekolah ini sebagai sekolah di perdesaan dengan sekolah di sekitar perkotaan dapat semakin dipersempit.  Mereka sangat mengharapkan perhatian sekaligus bantuan nyata dari Pemerintah Daerah maupun dari para pemerhati pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara maupun di luar Kabupaten Tapanuli Utara untuk berkenan memberikan dukungan melengkapi fasilitas dan sebagainya yang kurang.

Selain harapan tersebut, para guru dan siswa juga sangat mengharapkan dan untuk itu memohon dengan sangat akan kehadiran MPLIK di SMP Negeri 2 Siatas Barita untuk beberapa kali ke depan, sehingga pemahaman para guru dan siswa dalam upaya memperoleh data dan informasi di global internet semakin dapat tertingkatkan, dan tentunya untuk lebih majunya mutu pendidikan di sekolah ini.

Photo-photo liputan :



Tidak ada komentar: