"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 15 Februari 2012

Siswa SMA N 1 Parmonangan Hajar MPLIK

Tak hanya di luar MPLIK, di dalam MPLIK pun tumpah
Selasa 14 Pebruari 2012 siswa siswi SMA Negeri 1 Parmonangan dihentakkan oleh kehadiran MPLIK di halaman kampus mereka.


Para siswa yang masih sedang mengikuti upacara pagi hari tidak dapat berbuat apa-apa, baik untuk menerima maupun untuk menolak kehadiran MPLIK yang dibawakan oleh Tim MPLIK Bidang Informatika Dishubkominfo Tapanuli Utara.

Menunggu selesainya upacara pagi hari, Tim MPLIK berbincang-bincang dengan beberapa orang Guru di ruang Tata Usaha Sekolah, guna dan untuk memahami aktifitas dan sejauhmana interaksi Teknologi Informasi dan komunikasi yang dialami oleh para siswa di sekolah ini, baik dalam proses pembelajaran pun di luar jam sekolah.

Dari perbincangan dengan para Guru, diketahui bahwa sekolah ini telah memiliki beberpa unit komputer untuk fasilitas pembelajaran TIK, namun belum memiliki jaringan internet, sehingga pemahaman para siswa dalam teknologi internet masih sangat minim.  Namun demikian, diantar para siswa telah terdapat beberapa orang yang menggunakan sarana Handphone (HP) untuk akses internet, khususnya dalam penggunaan jejaring sosial seperti facebook, demikian para guru menjelaskan kepada media ini.

Kepala SMA Negeri Parmonangan, Drs. Riston Pasaribu lebih lanjut menjelaskan, bahwa fasilitas jaringan telepon di Kecamatan Parmonangan tidak tersedia, hal itu menjadi kendala utama untuk ketersediaan akses internet di Kecamatan ini, sementara jaringan GSM yang tersedia di Kecamatan Parmonangan hanya fasilitas GPRS, sehingga akses internetnya sangat lambat dan mengakibatkan masyarakat di Kecamatan Parmonangan umumnya dan sekolah ini khususnya tidak dapat secara maksimal memanfaatkannya untuk akses internet.

Setelah para siswa selesai mengikuti upacara pagi hari, MPLIK segera dipersiapkan oleh tim, setelah mendapatkan pointing signal yang cukup, para siswa yang telah diatur oleh manajamen sekolah segera menyerbu MPLIK secara beraturan.

Hal yang patut menjadi catatan dalam penyerbuan MPLIk kali ini, yang dilakukan oleh para siswa, yakni para siswa lebih memilih mengenal teknologi komputer dibandingkan dengan teknologi internet, hal mana ditampakkan oleh para siswa dengan tidak mengakses internet, melainkan menggunakan kesempatan ini untuk belajar memakai komputer dan mengenal fasilitas komputer yang ada di MPLIK.   Hal itu memang cukup beralasan, karena fasilitas komputer yakni sistem operasi dan aplikasi yang ada di MPLIK bukan seperti yang mereka kenal selama ini dalam proses pembelajaran di kelas atau di laboratorium komputer, yang mana mereka mengenal fasilitas Microsoft Windows, sedangkan kali ini mereka diperhadapkan dengan fasilitas LINUX, yang nota bene mereka belum pernah bertemu sebelumnya.

Mengenal fasilitas perangkat lunak yang baru ini, mereka cukup antusias untuk mengajukan banyak pertanyaan kepada Tim MPLIK, yang memaksa Tim MPLIk harus memberikan penejalsan terbaik kepada para siswa, sehingga diharapkan para siswa mampu menyerap penjelasan tim.

Setelah seluruh para siswa puas mengenal sistem operasi dan berbagai sistem apliaksi di MPLIK, barulah para siswa ini mulai mempergunakan sarana internet, dan Tim MPLIK mengajak mereka mengenal email dan jejaring sosial lainnya.

Kepala SMA Negeri Parmonangan Drs. Riston Pasaribu dan Guru TIK Riris P.Y. Situmorang, A.Md bersama-sama dengna para siswa menyampaikan kepada Tim MPLIK kiranya MPLIK dapat segera hadir kembali di sekolah mereka, karena mereka belum terpuaskan dipertemuan pertama kali ini, khususnya untuk lebih mengenal dan memahami pemanfaatan teknologi internet.

Photo-photo liputan :



Tidak ada komentar: