"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 26 Februari 2013

Bupati Taput Berangkatkan Siswa Kelas IX SMP dan Kelas XII SMA/SMK Se-Kec. Sipoholon

Bupati serahkan Piagam Penghargaan Kepada Juara Umum
Selasa 26 Pebruari 2012 Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing memberangkatkan para siswa Kelas IX SMP dan Kelas XII SMA/SMK se-Kecamatan Sipoholon yang diselenggarakan di dua tempat, yaitu di kampus SMA Negeri 1 Sipoholon dan kampus SMP Negeri 3 Sipoholon.


Para Kepala Sekolah dalam laporan kepada Bupati Tapanuli Utara menginformasikan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk mempersiapkan para siswa menghadapi Ujian Akhir Sekolah dan Ujian nasional, seperti pemberlakuan Belajar (Tambahan) Sore, pengayaan melalui Bank Soal Ujian, Try Out UN, dan lainnya.

Selain menyampaikan kesiapan siswa, para Kepala Sekolah juga menyampaikan berbagai permohonan yang menyangkut peningkatan mutu pendidikan di sekolah masing-masing, seperti penambahan ruang kelas/belajar, ruang laboratorium (IPA/Komputer/Bahasa), rehab ruang belajar, serta penambahan buku-buku perpustakaan, dan lainnya.

Bupati Tapanuli Utara dalam bimbingan dan arahan, kepada segenap orangtua siswa yang turut hadir dalam acara temu pendidikan ini mengingatkan betapa kuatnya dan besarnya peran orangtua untuk membangun masa depan anak, karena dengan hanya mempersiapkan dana atau biaya saja hal itu tidaklah cukup, lebih dari itu sangat perlu diberikan perhatian yang serius kepada anak, seperti perlakuan "menyapa" anak pada saat pergi dan setelah pulang sekolah.  Dengan menyapa dan bertanya tentang aktifitas di sekolah, maka anak akan merasakan kepedulian orangtua dan itu akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan anak dalam proses pembelajarannya.

Masih dalam bimbingan dan arahan, kepada para tenaga pendidik dan manajemen sekolah, Bupati menginstruksikan agar para guru pengajar semakin serius dan bukan hanya mempersiapkan anak dari sisi akademik saja, tidak kalah pentingnya adalah terbangunnya karakter anak yang baik dan sosial.  

Bupati juga mengkritisi para guru pengajar, agar tidak mempergunakan sarana komunikasi pada jam ajar, sehingga proses belajar mengajar di ruang kelas tidak mendapat hambatan.

Sementara kepada para siswa Bupati menyampaikan beberapa gambaran penting, yaitu :
  1. belajar di bangku sekolah bukan untuk mengejar lembaran Izajah/STTB;
  2. belajar di bangku sekolah selain memperoleh kecerdasan akademik harus dibarengi dengan ahlak, moral yang baik;
  3. masa depan setiap orang terletak di tangan masing-masing, itu bisa diraih melalui proses panjang dan diawali dengan adanya kemampuan akademik dan karakter yang baik;
  4. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara membutuhkan sumber daya manusia yang handal, karenanya mutu pendidikan selalu dibangun ke arah yang lebih baik dengan melalui pembangunan ruang belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, dan sebagainya, termasuk penyediaan bea siswa kepada mahasiswa dari keluarga tidak/kurang mampu.

Sementara itu para siswa yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran atau permohonan kepada Bupati, antara lain menyatakan : perlunya dilengkapi sarana Teknologi Komputer, dibenahinya lapangan/halaman sekolah, pagar sekolah, dan lainnya.

Bupati dalam menganggapi saran dan pikiran serta permohonan para siswa menyatakan, bahwa kesemua itu sangat ingin dilakukan di masa sekarang, namun tidak dapat dilakukan serta merta karena harus terlebih dahulu melalui proses di pemerintahan bersama DPRD.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: