"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 05 Februari 2013

Taput Lemah Dalam Bidang Tekhnologi Pertanian

Selasa 29 Januari 2013, Bupati Tapanuli Utara menerima kunjungan  Investor Jepang dari Kabupaten Ibaragi di Aula Kantor Bupati Tapanuli Utara.


Rombongan member’s list of survey mission for promotion of Jica volunteer’s understanding in Indonesia dipimpin oleh Mr Ishikawa Kiyoshi dan didampingi oleh Mr Arakhi Zen ( staff), Mr Hanari Yoichi (executive corporate director), Mr Hayashi Taichi, Mr Kawazumi Kyosuke (director), Mr Kikuchi Takashi, Mr Nomura Kazuo, Mr Oguri Mitsuo dan Mr Shido Makoto yang diterima oleh Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing bersama para pimpinan SKPD, Camat, dan Pengurus  Forum Umum Kerjasama Rakyat Indonesia-Jepang (Fukerin-J).

Ishikawa Kiyoshi, menyebutkan, bahwa saat ini Negara Jepang bermaksud melihat dan menjalin kerjasama dengan negara lain pada sektor pertanian dan pariwisata,dan untuk maksud itu tim ini sengaja membawa bibit tanaman asal jepang untuk diuji coba di tanam di wilayah Tapanuli Utara. Jika ini berhasil, maka kerja sama yang akan dijalin akan segera terwujud.

Sementara Executive Corporate Director of JICA Hanari Yoichi, mengatakan, bahwa untuk pengembangan kerja sama tersebut pihaknya siap mendukung dana dengan terlebih dahulu akan berkonsultasi dengan Bupati Ibaragi, khususnya terkait pemasaran produk. “Kerja sama ini, nantinya akan melibatkan kalangan profesional dan berpengalaman dari JICA,”

Bupati Taput Torang Lumbantobing mengakui, masyarakat tani di Tapanuli Utara masih sangat lemah dalam penguasaan tekhnologi (pertanian), diharapkan dengan terjalinnya kerja sama tersebut, maka penggunaan tekhnologi pertanian akan segera terwujud dengan hasil yang maksimal.

Photo liputan :
x

Tidak ada komentar: