"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 19 Februari 2013

Bupati Taput : Pendidikan Adalah Tanggung Jawab Kita Bersama

Selasa 19 Pebruari 2013, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara selenggarakan Temu Pendidikan kepada para siswa Kelas XII se-Kecamatan Tarutung yang akan menghadapi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2012/2013 bertempat di Gedung Serbaguna dan di Kampus SMA Swasta HKBP 1 Tarutung.


Temu Pendidikan di Gedung Serbaguna Tarutung ini menghimpun siswa dari SMA N 1, SMA N 2, SMA Swasta HKI, SMK Swasta HKI dan SMK Karya Tarutung sedangkan di pertemuan kedua siswa SMA  Swasta 1 HKBP, SMA  Swasta 2 HKBP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Ridolf Manalu dalam laporan penyelenggaraan Temu Pendidikan menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya kegiatan ini antara lain adalah :
  1. Untuk memberangkatkan siswa SMP Kelas IX / siswa SMA/SMK Kelas XII ke Ujian Nasional 2012/2013;
  2. media komunikasi seluruh stakeholder pendidikan baik orangtua, siswa, komite sekolah, dan lainnya dalam rangka membangun dan mengembangkan mutu pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara;
  3. media motivasi kepada para Guru atau pendidik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara;

Masih dalam laporan Drs. Rudolf Manalu menyampaikan bahwa Temu Pendidikan ini akan diselenggarakan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara, sebanyak 30 kali terakhir akan diselenggarakan pada 23 Maret 2013 di Adiankoting.

Para Kepala Sekolah dalam laporan singkat menyampaikan bahwa setiap sekolah telah berupaya untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi Ujian yang akan datang, antara lain dengan belajar ekstra Kurikuler, menyelenggarakan Try Out UN, mengikutkan para siswa dalam Bimbingan Belajar yang diselenggarakan oleh Pemkab.

Para kepala sekolah juga menyampaikan terimakasih kepada para pihak yang telah memberikan perhatian melalui dukungan materiil dan immateriil demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara antara lain diterimanya bantuan berupa buku-buku contoh soal Ujian dari Partungkoan Rura Silindung (PARASI) kepada para siswa Kelas XII, berbagai bantuan, sarana dan prasaran pendidikan oleh Pemkab Tapanuli Utara.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam penyampaian Bimbingan dan Arahan menyatakan bahwa penyelenggaraan acara Temu Pendidikan adalah sesuatu yang penting bagi para siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional.  Disebutkan bahwa hal itu penting karena momen ini dapat dijadikan untuk mengingatkan :
  1. agar para siswa yang akan menghadapi UN lebih termotivasi mempersiapkan diri dan berhasil didalam UN;
  2. mengingatkan para siswa bahwa Tapanuli Utara membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan dalam kaitan itu perlu Manajemen Sekolah mampu mengemban tugas itu dan memberhasilkannya ;
  3. mengingatkan kepada para siswa bahwa membangun Bona Pasogit Tapanuli Utara harus bahu membahu diantara semua komponen yang ada di Tapanuli Utara;
  4. untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tapanuli Utara adalah tanggung jawab bersama seluruh komponen pendidikan, anak didik harus dimotivasi, jangan ada pembiaran kepada anak didik; dan keluarga harus melibatkan diri secara penuh.

Untuk mengingatkan para siswa akan niat dan harapan yang tinggi dari para orang tua kepada anak-anaknya, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing membawakan sebuah lagu "Anakhonhi do Hamoraon di Ahu" (Anak-anakku adalah harta dan hidupku) yang membawa banyak siswa dan orang tua sampai meneteskan air mata haru.  Lagu ini sangat sarat arti dan makna yang dalam, sebagai filosofi hidup bangso Batak, yang menyatakan cita-cita atau harapan setiap orang tua Batak kepada para anak-anaknya akan harapan masa depan yang lebih baik dan diawali dari pendidikan.

Masih menurut Bupati Tapanuli Utara, bahwa untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara, untuk berbagai kegiatan diplot dana lebih kurang Rp 78M, dan disampaikan juga bahwa Pemkab Tapanuli Utara untuk Tahun Ajaran 2013/2014 akan mengoperasionalkan unit pendidikan SMA Unggulan, dimana pada bulan Maret yang akan datang bersama dengan Politeknik Informatika Del Laguboti akan melakukan seleksi calon tenaga pendidik 

Dalam sesi tanya jawab, siswa utusan dari setiap unit sekolah menyampaikan berbagai harapan kepada Pemerintah melalui Bupati Tapanuli Utara, antara lain :
  1. informasi dan pemberian bea siswa kepada para mahasiswa dapat diselenggarakan secara berkelanjutan;
  2. agar setiap unit sekolah baik negeri maupun swasta tidak diperlakukan berbeda;
  3. perpustakaan sekolah belum memiliki kelengkapan buku-buku
  4. obyek-obyek wisata dapat dibenahi sehingga kedepan industri pariwisata dapat bertumbuh di Tapanuli Utara

Bupati dalam menanggapi dan menjawab harapan yang disampaikan para siswa ini menyampaikan :
  1. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sejak tahun 2006 telah menyediakan Bea Siswa bagi para siswa yang masuk PTN khususnya untuk keluarga kurang mampu dan bukan Keluarga PNS.  Sampai dengan saat ini kepada mahasiswa sebanyak 63 orang diberikan biaya sejak semester pertama hingga selesai kuliah.  Sementara itu Pemerintah Pusat, BUMN, BUMD, Swasta juga menyediakan berbagai Bea Siswa kepada Mahasiswaa sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan khususnya tingkat prestasi;
  2. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tidak membeda-bedakan perlakuan kepada sekolah negeri dan swasta, karena itu dihimbau agar  manajemen sekolah atau yayasan yang bersangkutan mau dan mampu bekerjasama dengan pihak Pemerintah untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.

Deny Lumbantoruan salah seorang Dosen pada Politeknik Informatika Del laguboti yang jebolon ITB dan Universitas Tokyo yang didaulat menyampaikan motivasi kepada para siswa mengajak para siswa untuk "jangan berkata "TIDAK mungkin"", karena pengharapan yang lebih baik di masa depan hanya dan jika kita mau meningkatkan kualitas kita dan itu dapat diraih melalui pendidikan".  Masih menurut Deny, bahwa biaya pendidikan itu banyak berserakan diberbagai lembaga, baik Pemerintah pun swasta, tinggal bagaimana setiap orang siswa/mahasiswa memiliki kemampuan akademik untuk meraihnya.

Pada kesempatan ini Bupati Tapanuli Utara memberikan Piagam Penghargaan dan hadiah lainnya kepada beberapa siswa berprestasi di setiap sekolah.

Acara ini selain dihadiri Bupati Tapanuli Utara, juga dihadiri oleh para Pimpinan SKPD, para Komite Sekolah, para orang tua siswa Kelas XII.


Liputan Photo :


Video liputan :

Tidak ada komentar: