"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 13 Maret 2013

Bupati Taput : "Ke Sekolah Bukan Mencari Izajah"


Rabu, 13 Maret 2013 Bupati Tapanuli Utara berangkatkan siswa SMP Kelas IX dan SMA Kelas XII se-Kecamatan Pahae Julu di kampus SMP Negeri 1 Pahae Julu.


Pada kesempatan penyampaian laporan kondisi sekolah dan persiapan yang telah dilakukan oleh masing-masing sekolah dalam mempersiapkan para siswanya menghadapi Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional disampaikan bahwa masing-masing sekolah telah menambah jam belajar siswa di sore hari, try out/simulasi ujian, serta mengupas berbagai jenis soal UN yang lalu.

Para Kepala Sekolah juga melaporkan berbagai sarana sekolah yang telah diterima dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan sekaligus menyampaikan berbagai kekurangan sarana dan prasarana pendukung pendidikan, antara lain kekurangan perangkat komputer, peralatan multimedia dan lainnya.

Selain itu para siswa yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran, pikiran, pendapat dan pertanyaan serta permohonan terkait peningkatan pendidikan di sekolah masing-masing antara lain menyebutkan bahwa perlu dilakukan perbaikan jalan ke sekolah, pemberian bea siswa kepada siswa berprestasi dan kurang mampu baik di tingkat SMP, SMA pun ke Perguruan Tinggi.  para siswa ini juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten dapat memberikan peralatan musik karena peralatan tersebut akan dapat memicu bakat seni dari pada para siswa.

Sementara dari orang tua siswa dan komite sekolah, kepada Bupati Tapanuli Utara menyampaikan berbagai keluhan antara lain ketidak mampuan para orang tua siswa untuk memberikan dukungan pembiayaan untuk berbagai kebutuhan fisik sekolah, namun sedaya mampu telah dicoba denga swadaya antara lain untuk pembangunan pagar sekolah dan lainnya.  Untuk maksud itu diharapkan agar Pemerintah kabupaten dapat melanjutkan pembangunan tersebut.

Selain yang menyangkut pendidikan, masyarakat dalam hal ini para orang tua siswa juga meminta perhatian Bupati untuk berkenan memberikan berbagai sarana lainnya untuk peningkatan ekonomi rumah tangga orang tua siswa, antara lain pemberian berbagai jenis bibit tanaman dan peralatan lainnya.

Bupati Tapanuli Utara dalam bimbingan dan arahan menyambut gembira peran serta para orang tua siswa yang telah bersedia melakukan gotong royong untuk membangun sarana fisik sekolah, dan menyikapinya dengan akan meneruskan upaya yang telah dimulai para orang tua siswa.

Bupati juga menyambut baik pengharapan yang disampaikan para orang tua siswa, disebutkan bahwa Pemkab akan memberikan berbagai jenis bibit tanaman seperti benih padi unggul dan tanaman keras seperti karet.

Masih dalam bimbingan dan arahan, Bupati Torang Lumbantobing mengajak segenap warga masyarakat agar memikirkan ulang rencana atau program memberangkatkan anak-anaknya ke luar daerah, agar jika bukan karena pekerjaan atau pendidikan yang sudah pasti kiranya tidak meneruskan rencana perantauan atau pencarian kerja, Bupati mengajak masyarakat khususnya kaum mudanya agar mau membuka lapangan kerja dengan membuka lahan-lahan yang masih belum produktif.

Bupati juga menjelaskan alasan pembukaan unit unit sekolah baru di berbagai lokasi, hal mana dikarenakan jarak domisili keluarga atau siswa dari sekolah jauh, sehingga dengan jarak yang sedemikian dapat dipastikan akan mengurangi semangat belajar siswa.  Dengan semakin dekat kepada siswa diharapkan pihak keluarga akan memiliki waktu yang cukup untuk bersama dengan anak-anak masing-masing dan melalui itu diharapkan perhatian orang tua akan semakin tinggi kepada anak.

Kepada para siswa, Bupati Torang Lumbantobing mengingatkan, menjadi cita-cita atau harapan setiap orag tua untuk menjadikan anak-anaknya sebagai intan dan permata di masa depan, untuk itulah mengapa setiap orang tua batak tidak pernah mempedulikan embun pagi, terik matahari dan hujan dalam bekerja di ladang atau sawah hanya dan untuk menyokong anak mengecap pendidikan hingga tingkat tertinggi.  Oleh karenanya setiap orang anak semestinya memberikan kepedulian kepada orang tua dengan sungguh-sungguh mengikuti pendidikannya.

Bupati juga mengingatkan para siswa dan orang tua, hendaknya dibuang pikiran-pikiran yang hanya memerlukan selembar izajah setelah keluar dari sekolah, sebaliknya ke sekolah adalah untuk mendapatkan bekal pengetahuan (intelektual) yang baik dan orang tua bersama-sama dengan guru membangun karakter atau budi pekerti anak menjadi baik dan menjadi mahluk sosial.

Photo liputan :
x

Tidak ada komentar: