"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 11 November 2015

Bupati Taput Terima Raskin Award Kabupaten Terbaik Pendistribusian Raskin Tahun 2014 se-Sumut

Rabu (11 November 2015).  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menerima Raskin Award sebagai penghargaan tertinggi bagi Kabupaten terbaik dalam pendistribusian beras miskin (Raskin). Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Ir. Syaiful Bahri, Kabupaten Tapanuli Utara diwakili oleh Kepala Bagian Perekonomian Fajar Gultom di gedung Bina Graha Medan, Provinsi Sumatera Utara.
“Raskin Award ini merupakan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada Pemerintah Kabupaten / Kota dalam hal pendistribusian beras miskin (Raskin) tahun 2014. Penghargaan ini diterima 14 kabupaten / kota dari 34 kabupaten kota se-Sumatera Utara. Award ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bahwa raskin harus mencapai sasaran dan dinikmati oleh mereka yang berhak menikmatinya. Dengan mendistribusikan raskin dengan baik, maka pemerintah telah membantu rakyat untuk mendapatkan apa yang menjadi haknya dan dapat menikmati beras dengan harga murah,” ujar Bupati di sela-sela acara penyerahan raskin award ketika dihubungi via selulernya.

Selanjutnya Bupati Taput menyampaikan bahwa pendistribusian Raskin di wilayah Tapanuli Utara tetap mendapatkan pantauan dan pengawasan yang ketat agar mencapai pada titik yang seharusnya mendapatkan. Pendistribusian ini dibantu banyak pihak, baik itu mulai dari tingkat Camat, Kepala Desa sampai Kepala Dusun serta diawasi pihak independen dari dinas sosial. “Saya sangat tidak mentolerir ada pihak-pihak yang memanfaatkan raskin untuk keuntungan pribadinya. Apabila ini terjadi, segera laporkan kepada saya dan akan segera saya tindak,” ujar Bupati menegaskan.


“Raskin Award ini semakin memacu kita untuk lebih peduli dan melihat secara langsung apa yang dialami dan dibutuhkan rakyat. Jangan ada pihak-pihak yang memperalat rakyat miskin untuk mendapat bantuan, seperti raskin dan lainnya. Untuk itu, saya sangat mengharapkan Camat dan Kepala Desa untuk lebih meningkatkan pengawasannya dalam pendistribusian raskin. Jangan sampai ada yang lari dari sasaran. Biarlah raskin itu dinikmati oleh mereka yang berhak,” ujar Bupati menambahkan.

Bupati menambahkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi Raskin Award ini. Dengan adanya Raskin Award, maka semua pihak akan semakin meningkatkan pengawasannya akan distribusi raskin. Sehingga kebocoran raskin ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan semakin kecil. “Mari kita kawal segala hal yang menjadi hak rakyat kecil. Kita pastikan mereka mendapatkannya, maka apa yang menjadi program pemerintah, baik dari pusat, Provinsi sampai Kabupaten / Kota untuk membantu rakyat tidak mampu akan tepat sasaran,” ujar Bupati Taput mengakhiri.

Adapun 14 kabupaten/kota dari 34 Kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang menerima raskin award, yakni Tebing Tinggi, Binjai, Gunung Sitoli, Tanjung Balai, Sibolga, Medan, Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Labura, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Tapsel, Pakpak Barat dan Deli Serdang.

Tidak ada komentar: