"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 19 November 2015

Kec. Siborongborong Kawinkan Gelar Juara Festival Koor Ina dan Koor Ama Kab. Taput 2015

Kamis, 19 Nopember 2015. Kontingen Koor dari Kec. Siborongborong berhasil mengalahkan kontingen-kontingen  koor dari kecamatan lainnya se-Kabupaten Tapanuli Utara dengan meraih gelar juara didua kategori sekaligus yakni Koor Ina dan Koor Ama dalam Festival Koor Ina dan Koor Ama Kab. Taput tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Sebanyak 19 Kontingen yang terdiri dari 10 kontingen koor ina dan 9 koor ama dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara tampil pada acara Festival Koor Ina dan Koor Ama yang diselenggarakan di Sopo Partungkoan dan Gereja HKI Tarutung Kota. 10 kontingen koor ina tersebut berasal dari Kec. Garoga, Simangumban, Muara, Pahae Jae, Purbatua, Parmonangan, Sipahutar, Siborongborong, Pagaran dan Tarutung. Sementara 9 kontingen koor ama berasal dari Kec. Muara, Pangaribuan, Parmonangan, Pahae Julu, Sipahutar, Siborongborong, Adiankoting, dan Tarutung.


Lagu wajib yang dinyanyikan setiap kontingen koor ina adalah "Bimbinglah" dan lagu pilihan diantaranya adalah "Dung sonang rohakku", "Mula langit & bumi", "Cintailah sesamamu", "Monang do au" dan "Indahnya kasihMu" sedangkan lagu wajib kontingen koor ama adalah "Hamuliaon" dan lagu pilihan diantaranya adalah "Pangkulingi au", "Mauliate", dan "Haleluya".

Tujuan Festival Koor Ina dan Koor Ama Kabupaten Taput Tahun 2015 ini diadakan sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Taput Oloan Hutabalian, S.Pd dalam laporannya sebagai ketua panitia adalah untuk menyambut sekaligus menyemarakkan perayaan natal Kab. Taput tahun 2015; Untuk meningkatkan bakat, kualitas dan budaya khususnya lagu-lagu bernuansa rohani; Untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan dikalangan umat Kristiani serta Meningkatkan kesadaran beragama maupun kematangan iman.

Juri yang bertugas dalam festival koor untuk kategori koor ina terdiri dari Dra. Julice Silitonga (Biro Musik dan Ibadah Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung), Ev. Ganda Hutabarat, S.Sn dan Eber Haezarni Telaumbanua M.Pd (Dosen dan Ketua Jurusan Pend. Musik Gereja STAKPN Tarutung). Sementara untuk kategori koor ama terdiri dari Drs. Monang A. Sianturi, M.Sn (Dosen musik di STAKPN Tarutung), Sannur Sinaga, M.Sn (Dosen Fak. Bahasa dan Seni Univ. HKBP Nomensen) dan Pdt. Boko Pardede, M. Div, M.Pd, M.Sn (Dosen STAKPN Tarutung).

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Sekda Edward Ramses Tampubolon, SE mengatakan "Pelaksanaan Festival Koor Ina dan Koor Ama Kabupaten Tapanuli Utara pada tahun 2015 ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut natal tahun ini dan juga sebagai wujud kepedulian pemerintah Kab. Taput terhadap peningkatan minat dan bakat di bidang seni dan budaya yang secara khusus lagu-lagu gerejawi ataupun lagu-lagu rohani."

"Melalui pelaksanaan festival koor ini diharapkan para ina dan ama yang menjadi utusan tiap-tiap kecamatan mampu menunjukkan identitas diri sebagi umat kristen yang menjadikan Yesus Kristus sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat dan menjadi panutan bagi keluarga terutama bagi generasi muda kita sehingga setiap keluarga kristen akan menghasilkan generasi yang berkualitas" kata Bupati.

"Mari kita sambut Natal tahun ini dengan penuh suka cita yang akan diawali dengan Advend pertama pada minggu terakhir bulan ini," tambah Bupati.

Setelah seluruh kontingen koor selesai menampilkan kebolehannya memadukan rangkaian nada dan irama dalam lagu-lagu yang dibawakan, dewan juri akhirnya mengumumkan pemenang festival sebagai berikut, Koor Ina ; Juara I Kec. Siborongborong, Juara II Kec. Pagaran dan Juara III Kec. Pahae Jae. Koor Ama ; Juara I Kec. Siborongborong, Juara II Kec. Tarutung dan Juara III Kec. Adian Koting.

Turut hadir menyaksikan festival koor, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Rosdiana, SE, MM, Kepala Bapemmas dan Pemdes Binhot Isak Aritonang, S.Sos, Kabag Humas Donna Nursiti Situmeang, S.IP, Kabag Pemberdayaan Perempuan Herli Sinaga, SE, Camat se-Kab. Taput, Ketua TP PKK Satika Nikson Nababan, dan Ibu-ibu TP PKK.

Photo Liputan :

Tidak ada komentar: