"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 26 November 2015

Bupati Taput Tinjau Gotong Royong di 5 Desa di Kec. Pagaran

Kamis, 26 Nopember 2015. Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan turun langsung meninjau gotong royong yang diadakan di 5 (lima) desa di Kecamatan Pagaran, yakni Desa Lumban Ina Ina, Desa Lubis, Lumban Julu, Banua Luhu, Lumban Motung dan Desa Pagaran.


Tidak hanya meninjau, Bupati juga terjun langsung dalam kegiatan royong royong tersebut dengan turut membabat rumput yang tumbuh di pinggiran jalan. "Saya sangat menghargai setiap usaha dan peran serta yang dilakukan masyarakat dalam membangun desa. Selain dapat menjaga dan merawat infrastruktur yang ada kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai wadah mengikat kebersamaan antara masyarakat desa," kata Bupati ketika menemui warga yang sedang melakukan gotong royong.

Selanjutnya Bupati meninjau jalan-jalan yang rusak, jalan yang rawan longsor dan hampir terputus dan jalan yang sedang dalam perbaikan. Bupati Taput juga meninjau lahan pertanian masyarakat yang membutuhkan pembangunan irigasi.

Selesai melakukan peninjauan Bupati mengadakan pertemuan dengan masyarakat dari kelima desa yang diprakarsai oleh Forum Komunikasi Pagaran (Forkompag).

Perwakilan Forkompag menyampaikan bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan inisiatif sendiri dalam peran serta masyarakat demi pembangunan di daerah Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Kecamatan Pagaran dan berharap kegiatan ini menjadi contoh bagi kecamatan lain untuk berpartisipasi dalam pembangunan Tapanuli Utara.

Dalam pertemuan tersebut Bupati mengatakan "Agar pembangunan dapat berjalan dengan baik, pembangunan harus dimulai dari desa. Jika desa sudah kuat maka pembangunan ditingkat kecamatan dapat berjalan lancar dan jika kecamatan sudah kuat maka pembangunan ditingkat kabupaten dapat berjalan lancar. Dan jika Kabupaten sudah kuat maka Negara bisa menjadi kuat. Pembangunan di bidang infrastruktur, yakni dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas jalan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, penguatan integrasi wilayah dan interkoneksi dengan kawasan pembangunan disekitarnya dan menjadikan desa sebagai pusat percepatan pembangunan."

“Jalan hotmix diseluruh Tapanuli Utara menjadi cita-cita saya, karena dengan infrastruktur yang memadai maka perekonomian masyarakat juga akan berkembang. Jadi mari pelihara infrastruktur yang ada di daerah kita. Itu milik masyarakat, manfaatkan untuk kemajuan daerah ini,” ujar Bupati.

Terkait dengan bidang pertanian Bupati menegaskan adanya jaminan dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan ketersediaan pupuk bersubsidi pasca panen dan bibit tanaman dalam menjadikan Tapanuli Utara sebagai industri pertanian. "Mari kita wujudkan secara bersama-sama sehingga kita mampu menghadapi tantangan apapun dalam mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, lumbung SDM Berkualitas dan daerah wisata." ajak bupati.

Turut mendampingi Bupati Taput, Kadis Pertanian Ir. Marco Panggabean, M.Si, Perusahaan Daerah (Perusda) Pertanian mewakili, Kadis Pasar dan Pertamanan Jonni Manalu, SE, Kadis PUK mewakili, Kabag Pemerintahan Drs. Satya Darma Nababan dan Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Nursiti Situmeang, S.IP.

Photo Liputan :

Tidak ada komentar: