"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 06 April 2012

Umat Santa Maria Tarutung Rayakan Kamis Putih 2012

Mengarak Sakristi
Hari ini Kamis 5 April 2012 Umat Katolik seluruh dunia rayakan Paskah dalam masa prosesi Kamis Putih Tiga prosesi Paskah disebut dengan Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah atau biasa dikenal dengan nama Hari Raya Pekan Suci.

Pukul 19.30 WIB umat Katolik Santa Maria Tarutung telah penuhi Gereja untuk mengikuti perayaan Kamis Putih.  Perayaan Misa yang dipimpin oleh Pastor Henry Simbolon menghantar umat kepada kenangan Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus dan Pembasuhan Kaki oleh Yesus yang adalah Guru kepada murid-muridnya.  Yesus melakukan pekerjaan yang seharusnya tidak layak dilakukan oleh seorang Guru.

Ritual Perjamuan Malam setelah ini pada setiap misa atau kebaktian diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus. Pada misa malam ini, pastor juga mencuci kaki umat sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir, pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Tindakan Yesus membasuh kaki merupakan tindakan simbolis yang menyimbolkan penyerahan diri, pembersihan, pengampunan, pembaharuan, kemuridan dan ibadah. Penyerahan diri yang dimaksudkan adalah penyerahan diri Yesus dalam kematian untuk membersihkan orang lain. Pembasuhan kaki yang Yesus lakukan juga menyimbolkan kerendahan hati dan keinginan untuk menjadi hamba yang mau melayani orang yang hina sekalipun.

Umat Katolik di seluruh dunia mengenang peristiwa ini setiap tahunnya agar mereka terus ingat untuk selalu melayani sesama dan mau merendahkan hati demi kepentingan bersama

==
  1. Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Katolik mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja. Ini adalah hari pertama dari hari raya Paskah, yang dimulai pada pukul 6 sore, dan berlangsung 7 hari. Hari Kamis Putih ini juga disebut Kamis Suci.(bahasa Inggris: Holy Thursday).
  2. Perintah untuk melakukan pembasuhan kaki ini hanya terdapat dalam Injil Yohanes dan tidak terdapat dalam Injil sinoptik (Matius, Markus, dan Lukas) lainnya. Kaki adalah bagian yang kotor dalam tubuh manusia. Kaki manusia menginjak debu tanah. Pembasuhan merupakan sebuah bentuk dari simbolisasi tata gerak. Kegiatan membasuh kaki adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh orang Yahudi pada zaman Yesus.
Photo Kamis Putih 2012 :




Video Kamis Putih 2012 :



Posting Komentar