"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 04 Maret 2016

4 Pemkab Kawasan Danau Toba Tandatangani MoU dengan Garuda Indonesia

Jumat 4 Maret 2016, empat Bupati se-kawasan Danau Toba, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Tobasa Darwin Siagian, dan Bupati Samosir Rapiddin Simbolon menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Garuda Indonesia (Persero) yang diwakili oleh Syamsuddin dengan disaksikan oleh PT. Angkasa Pura II dan Kepala Bandara Silangit di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara.

“Saat ini kita telah menandatangi kesepakatan antara Kabupaten se-kawasan Danau Toba dengan PT. Garuda Indonesia tentang penerbangan pesawat Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CSJR 100 Bombardir yang akan memulai penerbangan 23 Maret ini dengan rute Bandara Silangit-Jakarta dan sebaliknya dan direncanakan akan terbang sebanyak 3 kali seminggu. Kita sepakat untuk mendukung guna pengembangan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional,” ujar Bupati Taput Drs. Nikson Nababan mengawali dalam sambutan penandatangan MoU.

Bupati Taput juga menyampaikan harapan dan keinginan semua pihak akan pengembangan Bandara Silangit segera terwujud. “Saat ini pihak dari PT. Garuda Indonesia hadir secara langsung dan menyampaikan bahwa pihak Garuda akan menerbangkan pesawat jenis Bombardir dan sebelumnya akan menggunakan waktu 2 minggu ini dengan sangat efektif untuk pembenahan landasan Bandara Silangit sehingga resiko bisa teratasi. Impian kita terwujud, kita promosikan dan dukung secara bersama-sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia, sehingga secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” ujar Bupati Taput mengakhiri.

Dalam kesempatan itu, mewakili manajemen PT. Garuda Indonesia (Persero) Syamsuddin menyampaikan, bahwa pihak Garuda akan melakukan upaya maksimal untuk memberikan pelayanan bagi penumpang Bandara Silangit menuju Jakarta.

“Kita lakukan upaya maksimal agar kesepakatan ini dapat segera kita wujudkan dan penerbangan tanggal 23 ini dapat kita laksanakan tepat waktu. Pesawat yang akan kita terbangkan perdana jenis Bombardir ini kita maksimalkan dapat memenuhi keinginan penumpang,” ujar Syamsuddin menjelaskan.

Sementara Bupati Samosir Rapiddin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penandatangan ini adalah awal dari kebangkitan Kabupaten se-kawasan Danau Toba. “Kita berharap, keberadaan Bandara Silangit akan mendorong kemajuan dan perkembangan yang pesat bagi Kabupaten se-kawasan Danau Toba. Kabupaten Tapanuli Utara akan bangkit dengan keberadaan bandara ini dan kita yakini akan mengalir ke Kabupaten lainnnya. Kita dukung bersama dan kita yakin Bandara Silangit akan berkembang dan menjadi Bandara Internasional,” ujar Rapiddin mengakhiri.

Tokoh Agama Pendeta Manalu menyampaikan bahwa kesepakatan ini merupakan titik awal kebangkitan Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten sekitarnya. “saya yakin, Bandara Silangit akan membawa kemajuan luar biasa bagi Taput dan sekitarnya. Di tangan Bupati Taput Tapanuli Utara akan maju dan sejahtera. Terimakasih kepada Bapak Bupati Taput dan seluruh stakeholder yang mendukung dan bersinergi mewujudkan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional,” sebut Pendeta Manalu.

Turut hadir dari DPRD Taput Fatimah Hutabarat, dan mendampingi Bupati Taput turut hadir Sekretaris Daerah Edward Tampubolon, SE beserta seluruh Pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pengusaha. Bupati sekawasan Danau Toba pada kesempatan itu juga didampingi oleh SKPD masing-masing.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: