"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 07 Maret 2016

Bupati Taput Canangkan PIN Polio 2016 di Taput

Bupati Nikson Nababan Meneteskan Vaksin Polio
Senin 7 Maret 2016,  Bertempat di lapangan Agave Desa Aek Nabara Kecamatan Simangumban Taput Bupati Taput Drs. Nikson Nababan mencanangkan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 di Tapanuli Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara dr. Janri Aoyagie, MM dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama dengan negara anggota WHO di South East Asia Region (SEAR) pada bulan Maret 2014. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, dan sebagai bagian melaksanakan komitmen mewujudkan Dunia Bebas Polio, Indonesia perlu memperkuat pelaksanaan program imunisasi rutin polio dan kegiatan imunisasi tambahan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Maret 2016, dengan sasaran sebanyak 35.268 orang dan bertempat di Puskesmas, posyandu, polindes, poskesdes dan puskesmas pembantu.


PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam,nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera.

Pencanangan PIN Polio di Taput ini ditandai dengan pemberian vaksin Polio kepada beberapa balita oleh Ny. Satika Nikson Nababan br. Simaora Ketua TP PKK Taput bersama dengan Bupati Taput, Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak, Asisten Sekda.

Selain pencanangan PIN Polio di Taput, Pemkab Taput juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya di Kecamatan Simangumban, diantaranya penyuluhan dibidang pertanian untuk mendukung ketahanan pangan, dan pelayanan KB.

Kadis Pertanian dan Perkebunan Ir. Tonny Liston Simangunsong, M.Si didampingi Kadis Perikanan dan Peternakan Ir. Longgos Pandiangan, Ka BP4K Ir. SEY Pasaribu, M.Si menyampaikan, semenjak hari Minggu 6 Maret 2016 telah dilakukan penyuluhan dan pelatihan pada Poktan Wanita Tani, seperti pembuatan bakteri tricoderma untuk pengendalian jamur, pembuatan pakan ternak, pembuatan kompos, vaksinasi rabies pada anjing.

Para Tokoh masyarakat dan Kepala Desa Kecamatan Simangumban dalam kesempatan kegiatan ini menyampaikan berbagai hal terkait pembangunan Kecamatan Simangumban kepada Bupati Taput. Kepala Desa Aek Nabara Gabaruddin Siregar mewakili para Kades se-Kecamataan Simangumban mengharapkan agar Simangumban sebagai kecamatan terujung dan berbatasan dengan Tapsel mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten karena beberapa Desa terluar dominan melakukan transaksi dagang dengan daerah tetangga, bukan ke pusat kecamatan sebagai akibat terkendalanya jaringan distribusi yaitu sarana transportasi dari desa ke pusat kecamatan, seperti Dolok Saut, Lobu Sihim, Muara Tolang, Pardomuan.

Menanggapi keluhan dan harapan masyarakat yang disampaikan oleh Tokoh masyarakat dan Kepala Desa, Bupati Drs. Nikson Nababan menyampaikan, bahwa menjadi tekadnya untuk merealisasi janji politiknya selama kampanya yaitu membangun Taput ke arah yang lebih baik.  Dipastikan bahwa akses transportasi ke desa yang dimintakan akan terealisasi akhir 2018.

Bupati juga menugaskan kepada beberapa Pimpinan SKPD diantaranya Dinas Kependudukan dan Catpil untuk melakukan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan secara langsung ke masyarakat di Kecamatan Simangumban.  Kepada Kepala Dinas PU diperintahkan untuk menurunkan alat berat untuk pembukaan jalan, sedangkan kepada Kadis Pertanian dan Perkebunan agar menurunkan traktor untuk pengolahan lahan tani dalam rangka intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Selain pencangan PIN Polio kesempatan ini juga digunakan Bupati untuk menyerahkan beberapa bantuan kepada Kelompok Tani dengan pemberian bibit pohon, juga penyerahan sarana olah raga kepada Karang Taruna dan kepada sekolah.

Turut hadir dalam pencanganan ini para Pimpinan SKPD, Camat se-luat Pahae, Muspika, tokoh masyarakat dan masyarakat umumnya beserta Kepala Sekolah se-Kecamatan Simangumban.

Photo liputan :


Rekaman suara :
  1. Kadis Pertanian dan Perkebunan (Ir. Tony Simangunsong, MSi)
  2. Kepala Desa Aek Nabara (Gabaruddin Siregar)
  3. Bupati Taput (Drs. Nikson Nababan)

Tidak ada komentar: