"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 21 Maret 2016

Bupati Taput Launching Pasar Lelang Hasil Pertanian

Senin 21 Maret 2016, Bupati Tapanuli Utara secara resmi buka pelaksanaan Pasar Lelang Hasil Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara di Pasar Sayur Siborongborong.


Pasar lelang hasil pertanian ini sebagaimana disampaikan Bupati Drs. Nikson Nababan dalam sambutan untuk mewujudnyatakan posisi Pemerintah yang harus berada di tengah-tengah masyarakatnya, khususnya bersama dengan petani untuk mewujudkan petani yang sejahtera.

Mewujudkan perhatian kepada petani Pemkab Taput telah meyediakan alat-alat berat untuk pembukaan dan pengolahan lahan petani, untuk tahun pertama ini digratiskan kepada petani, termasuk pemberian pupuk bersubsidi kepada petani dengan metoda pembayaran pasca panen, sehingga petani tidak bergantung pada proses ijon.

"Tahun ini direncanakan pembangunan sarana pendingin untuk pengamanan hasil pertanian, sehingga petani terhindar dari kerugian akibat fluktuasi harga pasar," sebut Bupati.  Masih menurut Bupati, "pasar lelang ini akan ditingkatkan keragaman lelangnya, tahap awal dilelangkan Cabai merah, bulan berikutnya harus ditambah jenis produknya seperti Jagung, Gabah, dan selanjutnya akan ditambah lagi".

Mengawali pelaksanaan lelang, Bupati bertindak menjadi juru lelang dengan transaksi sebanyak 50 Kg Cabai Merah.   Selanjutnya lelang dilakukan Pokja lelang dengan juru lelang Walman Sitompul dan secara total berhasil melelang sebanyak 2.096 Kg Cabai dengan nilai +/- Rp 70.670.750.

Amatan media ini Cabai Merah yang dilelangkan berasal dari beberapa desa di Kecamatan Siborongborong, belum mewakili kecamatan kecamatan di Taput.  Dan dari beberapa orang petani yang hadir di lokasi lelang menginformasikan, bahwa para petani masih mencoba memahami teknis penyelenggaraan lelang untuk dapat yakin sepenuhnya menyerahkan produk pertaniannya kepada pasar lelang.   Seperti disampaikan Nai Nelson boru Siahaan "setelah melihat pelaksanaan lelang ini kami menjadi yakin bahwa Pemerintah sungguh sungguh hendak melindungi kami para petani, kami akan membawa hasil pertanian kami ke pasar ini minggu depan, kami telah melihat, dan kami mengamini, petani dipastikan tidak akan mengalami kerugian".

Turut mendampingi Bupati diantaranya Sekretaris Daerah Edward R. Tampubolon, SE, Asisten Pemerintahan, Asisten Adm Umum.  Sementara Kelompok Kerja Pelelangan secara keseluruhan turun dalam lanching ini.

Photo liputan :



Tidak ada komentar: