"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 30 Maret 2016

Paskah Raya Taput, Bupati : “Tiada Yang Mustahil Bagi Tuhan”

Selasa 29 Maret 2016, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dengan Panitia yang dibentuk Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Taput bersama dengan Yayasan Pomparan Guru Mangaloksa (YPGM) menyelenggarakan Paskah Raya Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung.
Paskah Raya ini dengan Ketua Pdt. Demak Simanjuntak, MTh mengusung tema, "Kristus Bangkit : Berilah Dirimu Diperdamaikan (2 Kor 5:20b)  dan Sub Tema " Melalui Perayaan Paskah, Marilah Kita  Meningkatkan Semangat Gotong Royong Antara Pemerintah, Gereja, Umat Beragama, dan seluruh Elemen Masyarakat Menciptakan Perdamaian Menuju Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung SDM berkulitas Serta Daerah Wisata.

Untuk mengenang masuknya pekabaran Injil ke Tanah Batak di Rura Silindung oleh misionaris Gereja Baptis Amerika Rev. Henry Lyman dan Rev. Samuel Munson yang meregang nyawa di Lobu Pining. paskah raya kali ini diawali dengan pelaksanaan Napak Tilas dari Monumen Martir Henry Lyman dan Samuel Munson di Lobu Pining Desa Dolok Nauli Kecamatan Adiankoting yang dibagi dalam 10 etafe.

Peserta etafe terakhir dari depan gerbang Kantor Pusat HKBP di Pearaja dan finish di simpang empat kota Tarutung diterima oleh Bupati Taput Drs. Nikson Nababan untuk Salib, Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak untuk Alkitab, Mewakili YPGM Irjen. Pol. Bigmen Lumbantobing untuk Lilin.  Setelah menerima peserta etafe terakhir napak tilas, selanjutnya dilanjutkan dengan pawai menuju lapangan Serbaguna Tarutung tempat dilakukannya acara kebaktan paskah raya.  Di lapangan serbaguna rombongan pawai disambut dengan tarian dan madah pujian yang menghantarkan seluruh peserta yang sebahagiannya telah menunggu di lapangan serbaguna diperkirakan sebanyak 4.000 orang.

Paskah raya Taput kali ini mendengungkan pesan-pesan :
  • agar kita hidup dengan saling mengasihi;
  • mari kita merajut kebersamaan;
  • mari kita berpegang teguh kepada pengajaran Tuhan,
  • mari kita menjadi penegak kebenaran;
  • mari katakan ya karena benar, dan tidak karena salah;
  • mari kita memelihara ketertiban dan keamanan;
  • mari kita hidup dalam perdamaian;
  • mari kita wujudkan kehidupan berdemokrasi yang membawa kesejahteraan bagi semua orang;
  • mari kita meningkatkan semangat gotong royong untuk perdamaian.
Hadir dalam perayaan paskah ini dari Forkompimda Taput, Pemkab Taput diantaranya Sekda Drs. Edward Tampubolon, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD, para Camat se-Taput, Ketua dan Anggota TP PKK Taput, dari unsur denominasi Gereja gereja, BKAG Taput, Panitia Paskah Raya, dari unsur YPGM para Pengurus dan perwakilan PGM dari berbagai wilayah.

Dalam kesempatan ini YPGM memberikan cendramata kepada Bupati dan Ibu beserta Ketua DPRD dan Ibu berupa Ulos sebagai pengikat kasih diantara YPGM dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Paskah raya ini selain melakukan kegiatan gotong royong, napak tilas, dan ibadah juga diisi dengan hiburan menghadirkan artis-artis lokal Taput, serta artis ibukota seperti Viktor Hutabarat, Joel Simorangkir, Vanda Hutagalung, Arvindo Simatupang serta pemain seruling Januari Sitompul.

Tidak ada komentar: