"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 29 Agustus 2016

Bupati Nikson Nababan : "P. Sibandang kita poles dan maksimalkan sebagai tujuan wisata"

Senin 29 Agustus 2016.  Bupati Taput Drs. Nikson Nababan berada di Kecamatan Muara pada Minggu hingga Senin (28-29 Agustus) melakukan pertemuan dengan masyarakat dan unsur pemerintahan Kecamatan Muara.


Kehadiran Bupati Drs. Nikson Nababan dan rombongan secara khusus untuk melakukan pengecekan kesiapan Muara sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Danau Toba Tahun 2016 dimana Taput menjadi tuan rumah sekaligus mengidentifikasi berbagai permasalahan yang masih ada dan upaya pengembangan untuk kebangunan wisata Taput di Pulau Sibandang khususnya dan Kecamatan Muara pada umumnya.

Kunjungan Bupati ini dengan melewatkan malam di tengah-tengah masyarakat Pulau Sibandang diisi oleh masyarakat dan unsur pendidikan dengan beberapa kegiatan, seperti pagelaran seni yang menampilkan opera dan mossak si marhoda-hoda oleh Karang Taruna yang dipusatkan di Desa Papande Kecamatan Muara, menggelar pertemuan dengan masyarakat pada Minggu malam serta pada Senin pagi dilakukan pertemuan dengan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Muara di dermaga Muara.

Untuk memahami akses transportasi di Pulau Sibandang yang terdiri dari tiga desa itu, rombongan Bupati menggunakan kenderaan roda dua yang diangkut menggunakan kapal fery dari pelabuhan Muara ke pelabuhan Pulau Sibandang, juga melakukan penaburan bibit ikan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Tapanuli Utara di Danau Toba.

Pada pertemuan dengan seluruh masyarakat Pulau Sibandang yang dipusatkan di Desa Papande masyarakat Pulau Sibandang menggunakan waktu ini untuk menyampaikan berbagai permohonan terkait pembangunan dan pengembangan Pulau Sibandang menjadi area tujuan wisata.

“Saya ingin mengecek secara langsung kesiapan Kecamatan Muara dalam menghadapi pagelaran Festival Danau Toba Tahun 2016. Saya langsung turun ke Pulau Sibandang dan menginap disana untuk melihat dan merasakan apa yang diinginkan pengunjung dan wisatawan nantinya untuk dilengkapi di Pulau Sibandang. Ringroad Pulau Sibandang saya kelilingi langsung dan akan segera kita benahi semua. Masalah air bersih juga segera kita tindak lanjuti. Semua persiapan harus saya cek satu persatu.  Masyarakat sangat antusias dengan menyajikan pagelaran seni budaya yang sangat kaya akan budaya adat Batak Toba, mulai dari tortor siswa tingkat SD sampai SMA, tortor lansia, opera Karang Taruna dengan judul si Boru Tumbaga dan juga tari mossak si Marhoda-hoda. Budaya yang selama ini sudah mulai hilang dari sajian pagelaran seni budaya batak dapat kita nikmati kembali disana. Kebersamaan yang indah dan menyenangkan dan diakhiri dengan api unggun bersama,” ujar Bupati menjelaskan.

“Pulau Sibandang adalah sebuah pulau kecil yang kita miliki, dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dan pepohonan yang rindang dan menghijau, pohon mangga yang terkenal dari Pulau Sibandang semakin menambah daya tarik yang indah dan menyejukkan. Ini akan kita poles dan maksimalkan sebagai tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun internasional,” ujar Bupati .

Dalam kegiatan malam di Pulau Sibandang Bupati menyerahkan beberapa bantuan kepada masyarakat seperti sepatu sekolah kepada siswa, sementara instansi bidang pertanian dan pembangunan desa memberikan penyuluhan pengolahan pakan ternak organik.

Pada Senin Pagi saat pertemuan dengan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Muara, staf Kantor Camat Muara dengan didampingiKadis Pariwisata, Bupati memaparkan berbagai hal rencana penyelenggaraan Festival Danau Toba 2016, seraya menerima masukan dari seluruh Kepala Desa dan aparat desa yang hadir.

Photo liputan

Tidak ada komentar: