"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 09 Agustus 2016

Pasar Lelang Cabai Merah Untuk Melindungi Petani

Jumat 5 Agustus 2016, pelaksanaan pasar lelang dipenuhi dinamika petani dan pedagang yang hadir di pasar lelang, petani cabai merah semakin antusias dan pedagang pembeli yang ikut berasal dari Tarutung dan Siborongborong.


Pasar lelang kali ini menghimpun Cabai petani sebanyak 1.174,50 Kg yang berasal dari Kecamatan Tarutung, Kecamatan Siatasbarita dan Kecamatan Sipoholon, dibuka dengan harga dasar sebesar Rp 14.000/Kg.  Dalam proses lelang Cabai Merah terjual dengan harga terendah Rp 15.000 dan tertinggi Rp 27.700 dan total lelang sebesar Rp 25.855.300.

Selama proses lelang berlangsung, para petani yang hadir sangat membanggakan dilakukannya pasar lelang oleh Pemkab Taput, dan mengharapkan agar ke depan pasar lelang ini dapat dikelola semakin baik dan semakin profesional, karena dirasakan besar manfaatnya dari sisi perlindungan petani.

Walman Sitompul yang bertugas sebagai Juru Lelang dalam setiap even pasar lelang kepada media ini menyampaikan, bahwa pasar lelang akan menggairahkan bagi semua pihak yang terlibat baik bagi petani, pedagang pun penyelenggara.

"Melalui pasar lelang ini, pedagang terlindungi dari permainan tengkulak dan permainan harga oleh pihak-pihak tertentu, sedangkan bagi pedagang pembeli akan lebih memudahkan dalam proses pembelian cabai," sebut Walman Sitompul.

Hadir dalam pelaksanaan lelang kali ini hampir seluruh unsur Pokja, secara khusus dari Pokja I-III, seperti Kepala BP4K Sondang E.Y. Pasaribu, Kadis Perikanan dan Peternakan Longgos Pandiangan, Kabag Perekonomian Gultom, Direktur Perusda Pertanian Siswanto Hutasoit.

Photo liputan :
Posting Komentar