"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 26 Agustus 2016

Mendag, MenkumHAM, Bupati Humbanghas dan Bupati Tobasa Tinjau Pasar Lelang Taput

Jumat 26 Agustus 2016, Pasar lelang Hasil Pertanian Taput mendapat kehormatan dikunjungi oleh dua menteri  yakni Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang dihela langsung oleh Bupati Taput Drs. Nikson Nababan.

Pokja Pelelangan yang kedatangan tamu tak terduga ini, tepat pada sesi terakhir lelang dari enam sesi yang dilakukan hari ini sempat kalang kabut karena fasilitas yang tersedia apa adanya, namun kesemua itu tidak menghambat maksud dan tujuan kehadiran kedua menteri ini.

Kedua Menteri ini terbawa santai suasana di pasar lelang, sembari Bupati Taput Nikson Nababan menjelaskan maksud dan tujuan serta peran yang telah ditampakkan oleh pasar lelang ini dalam penetrasi pasar khususnya didalam pengendalian tingkat inflasi di wilayah Tapanuli Utara khususnya dan di wilayah kerja Bank Indonesia Cabang Sibolga umumnya.

Kedua Menteri tampak kagum dengan upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dibawah kepemimpinan Bupati Nikson Nababan untuk peningkatan ekonomi masyarakat tani khususnya petani Cabai Merah.

Menyaksikan proses lelang, kedua menteri menyambut baik penyelenggaraan pasar lelang dan memberikan tanggapan yang sangat baik dan positif. "Ini pasar lelang yang pernah disampaikan Bapak presiden itu, ini bagus pak Bupati, ini harus diteruskan dan dikembangkan lagi,” ujar Menteri Perdagangan yang juga didukung Menteri Hukum dan HAM.

"Pasar lelang kita sudah sampai ke tingkat Nasional, ketika kedua Menteri, Pak Yasonna dan Pak Enggartiasto mendengar Pasar Lelang, langsung antusias untuk melihat secara langsung proses pasar lelang kita. Saya sangat yakin pasar lelang ini akan memberikan pengaruh yang sangat baik dan positif akan pertumbuhan ekonomi kita dan juga sedikit banyak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ujar Bupati .

Bupati menyampaikan bahwa kehadiran kedua Menteri ini akan memberikan pengaruh yang positif, baik di Kabupaten Tapanuli Utara maupun di tingkat nasional. “Saya yakin semangat kita akan semakin terpacu dalam memajukan pasar lelang ini yang secara langsung telah mempengaruhi penghasilan petani dari penjualan produksi pertaniannya. Terimakasih kepada bapak Menteri yang dengan senang hati telah menyaksikan secara langsung proses pasar lelang di Tarutung dan menjadi masukan dan perhatian bagi Tapanuli Utara di tingkat kementerian,” ujar Bupati menambahkan.

Lelang kali ini menghimpun Cabai Merah Keriting dari petani sebanyak 1221 Kg dibuka dengan harga dasar sebesar Rp 25.000/Kg dan terjual dengan harga terendah sebesar Rp 34.500 dan harga tertinggi sebesar Rp 39.000 dan total penjualan sebesar Rp 45.699.150.

Turut bersama Bupati Taput Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan Bupati Toba Samosir Dariwn Siagian, sementara hampir seluruh anggota Pokja berada di Pasar lelang kali ini.

Photo liputan
Posting Komentar