"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 27 Desember 2011

Hari Kedua : Natal Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2011 (Mangalompa Alame)


Tim Kec. Pahae Julu menyiapkan adonan Alame

Senin (26/12) pukul 10 WIB,  hari kedua penyelenggaraan Natal Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2011, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tapanuli Utara membuka penyelenggaraan lomba memasak dodol (Mangalompa alame) di pelataran Gedung Kesenian dan Sopo Partungkoan jalan Sisingamangaraja Tarutung.


Dalam sambutan singkat, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyampaikan, bahwa maksud perlombaan ini adalah untuk menggugah kembali masyarakat di Bona Pasogit agar mau mengerjakan pembuatan Alame secara manual sebagaimana pada masa lalu, sekaligus untuk meningkatkan nilai-nilai gotong royong di masyarakat, walaupun disadari bahwa proses pembuatan Alame itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sementara makanan sejenis telah tersedia di took-toko roti.

Perlombaan “mangalompa Alame” diikuti oleh peserta dari 15 kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara dan diselenggarakan sejak hari kedua selama penyelenggaraan perayaan Natal Bona Pasogit.  Dan hari ini peserta dari Tim Kecamatan Pahae Julu dan Kecamatan Sipoholon.

Sebelum lomba dimulai terlebih dahulu Tim Penilai memberikan penjelasan tentang kriteria penilaian lomba, selanjutnya barulah peserta mulai melangsungkan proses pembuatan Alame.

Selama proses pembuatan adonan hingga masak, tim lomba kedua kecamatan ini didampingi Camat masing-masing, dan tampak kedua tim sangat bersemangat dan berupaya membuat hasil yang terbaik dengan cirri khas dari kedua kecamatan.

Lebih kurang 4 jam proses yang harus dilalui oleh kedua tim untuk menghasilkan Alame.  Namun waktu dan lelah yang dialami hampir tidak tampak di wajah kedua tim ketika Alame yang mereka buat sudah jadi dan diserahkan kepada Tim Juri untuk penilaian akhir atas cita rasa Alame yang telah mereka buat.

Photo-photo liputan Memasak Alame

Tidak ada komentar: