"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 27 Desember 2011

Hari Kedua : Natal Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2011 (Pawai dan Karnaval Natal)


Bupati bersama Unsur Muspida lepas Peserta Pawai
Cuaca cerah dari pagi hingga siang hari Senin (26/12) di kota Tarutung membawa semangat bagi segenap warga Kabupaten Tapanuli Utara, karena dihari kedua penyelenggaraan Natal Bona Pasogit di sore hari akan diisi dengan pawai akbar warga menyemarakkan Natal Bona Pasogit Tahun 2011.


Beberapa saat waktu akan dimulainya pawai, dan panitia sudah siap untuk memulai proses pemberangkatan, tiba-tiba saja hujan yang cukup deras turun dari langit dan membasahi bumi kota Tarutung, dan memaksa sebahagian calon peserta pawai harus menyingkir dari kenderaan roda dua masing-masing agar tidak basah, dan berharap hujan tidak lama.

Tak lama, hujan reda, Bupati Tapanuli Utara didampingi unsur Muspida dan para istri naik ke tribun yang telah dipersiapkan panitia, dan dengan segera memberikan aba-aba pemberangkatan kepada seluruh peserta pawai.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara, Drs. Humala Hutauruk dalam keterangannya menyampaikan, bahwa pawai natal dan karnaval tahun ini diikuti oleh lebih kurang 1200 orang yang mengendarai kenderaan roda dua dan berasal dari instansi pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa serta warga Tapanuli Utara pada umumnya, termasuk para perantau asal Kabupaten Tapanuli Utara yang bersengaja liburan natal dan tahun baru di Bona Pasogit.  Selain pengendara roda dua, juga ikut serta kenderaan roda empat dan diselingi juga  truk besar yang membawa sound system dan membawakan lagu-lagu natal sepanjang rute perjalanan.

Menjawab pikiran dan pertanyaan beberapa pihak yang menganggap penyelenggaraan Natal Bona Pasogit tidak membuahkan hasil bagi masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing menjelaskan, bahwa maksud dan atau tujuan penyelenggaraan natal ini adalah untuk menumbuhkembangkan keeratan kekerabatan dan silaturahmi didalam dan diantara wrga kabupaten Tapanuli Utara sekaligus mengajak para perantau asal Tapanuli Utara di parserahan selalu ingat ke kampung halaman dan keluarga di kampong dan dengan demikian para perantau akan berupaya untuk pulang ke kampong masing-masing.  Dengan kepulangan para perantau dan dengan penyelenggaraan perayaan Natal Bona Pasogit akan membawa multi efek terhadap perekonomian warga di Tapanuli Utara, walaupun hanya di akhir tahun dan awal tahun baru.

Photo-photo liputan Pawai dan Karnaval Natal

Tidak ada komentar: