"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 06 Januari 2012

Budi Daya Andaliman di Bumi Tapanuli Utara


Jhonny Sitanggang - Andaliman

13 km dari Tarutung arah ke Sibolga, berada di Desa Dolok Nauli Kecamatan Adiankoting, tampak lengang dari hingar bingar perkotaan, bertebaran berbagai tumbuhan di sepanjang kiri dan kanan jalan.


"BonaPasogitTapanuliUtara" yang sedang melintas (Kamis, 5/1) dari Adiankoting ke Tarutung singgah di salah satu areal pertanian, tepatnya di Dolok Nauli (Simatemate) bertemu dengan keluarga Jhonny Sitanggang dan istri br. Panggabean.

Berbincang dan menjalani areal pertanian milik bapak Sitanggang, diketahui aktifitas yang sedang dilakukan saat ini.  Salah satunya adalah usaha pembibitan dan pertanaman “Andaliman”.   Andaliman adalah sejenis rempah khas bumbu bagi orang Batak/Tapanuli, dimana tanpa bumbu ini, gorengan dan arsik maupun gulai akan terasa hambar.

Menurut bapak Jhonny Sitanggang, Andaliman yang sedang ditekuninya, saat ini telah ditanam dan telah panen perdana sebanyak 1200 batang, untuk pertama sekali, diperoleh hasil 3 ons per batang per minggu dan telah dijual ke pasar Tarutung.

Lebih lanjut menurut Jhonny Sitanggang dan ibu, prospek Andaliman ini akan semakin cerah, terbukti meningkatnya jumlah pembelian bibit oleh petani Tapanuli Utara dan bahkan telah mulai merambah ke kabupaten/kota tetangga.

Masih menurut Jhonny Sitanggang dan istri, Andaliman yang dibibitkan di arealnya ini telah diuji cobakan di salah satu areal di Bogor dan Jakarta, dan berdasarkan informasi dari pemesan bibit, Andaliman dimaksud telah bertumbuh dengan baik.

Terbersik keinginan yang tinggi bagi Jhonny Sitanggang dan istri, andai luasan lahan Andaliman di Tapanuli Utara bertambah dan hasil produksi yang cukup, dimungkinkan untuk mendirikan pabrik pengolahan bubuk Andaliman seperti halnya merica yang telah lama dikenal masyarakat, sehingga proses pemasarannya akan lebih bagus dan profesional ke depan.

Dari amatan  "BonaPasogitTapanuliUtara" , selain Andaliman, petani kita ini juga menekuni usaha pembibitan Coklat, Cabai,  pohon Cemara, Jagung, dan beberapa jenis tumbuhan lainnya.

Pada akhir perbincangan, Jhonny Sitanggang mengundang setiap orang yang peduli dengan pembudidayaan Andaliman dan tanaman lainnya dapat melakukan pemesanan dan atau transaksi pengadaan bibit ke pihaknya, dan sekaligus mengharapkan dukungan dari Pemkab Tapanuli Utara guna perluasan dan penyebarannya.


Kontak :
Jhonny Sitanggang
Surat 
Jl. Raja Sisingamangaraja No. 53 Tarutung, Tapanuli Utara KP. 22411

HP. 082163093628

atau melalui blog ini.


Photo liputan



Video Liputan

=

Tidak ada komentar: