"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 30 Januari 2012

Bupati Tapanuli Utara Resmikan Kantor Bupati Tapanuli Utara

Bupati Torang Lumbantobing
Menandatangani prasasti peresmian
disaksikan Unsur Muspida Tapanuli Utara 
Hari ini, Senin 30 Januari 2011 Bupati Tapanuli Utara meresmikan gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara.



Sejak pukul 08.00 WIB perwakilan warga Tapanuli Utara dari seluruh desa se-Kabupaten Tapanuli Utara telah tiba di Tarutung untuk menghadiri peresmian Kantor Bupati Tapanuli Utara.

Kegiatan peresmian ini terangkai dengan 
1. Acara kebaktian;
2. Acara Adat,
3. Acara Peresmian, dan
4. Acara Manortor

Selain warga desa se-Kabupaten Tapanuli Utara, turut juga hadir Camat Se-Kabupaten Tapanuli Utara, Lembaga Adat Dalihan Natolu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organsiasi Kemasyarakatan, Tokoh Pemuda Kabupaten Tapanuli Utara.

Bersama dengan Bupati Tapanuli Utara dan Ibu tampak hadir Wakil Bupati Tapanuli Utara bersama Ibu, Ketua DPRD Tapanuli Utara bersama ibu dan Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung, Kapolres Tapanuli Utara bersama ibu, Dandim 0210 Tapanuli Utara, Ketua PN Tarutung bersama Ibu.

Ibadah Syukuran

Acara peresmian ini didahului dengan kebaktian atau "Ibadah Syukuran", dibawakan oleh Pdt. Sarma Siregar, S.Th (Pendeta HKBP Resort Siualuompu), Pdt. B. Purba, S.Th (Korwil GKPI Silindung) dan Pdt. S. Situmorang, S.Th (Praeses HKI) berjalan dengan hikmat.

Pdt. S. Situmorang, S.Th (Praeses HKI) dalam kotbah mengungkapkan pengharapan warga Tapanuli Utara bahwa Tapanuli Utara akan semakin maju ke depan karena meyakini pertumbuhan iman warga di Tapanuli Utara akan semakin baik dan oleh karenanya karunia Tuhan akan semakin melimpah, kaena Tuhan selalu menjaga umatNya.

Acara Adat

Acara adat peresmian gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara diawali dengan penyerahan kunci bangunan dari Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan kepada Bupati Tapanuli Utara sebagai pertanda telah selesainya pembangunan gedung dan gedung siap untuk dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara adalah masyarakat adat.  Dengan dasar itu, masyarakat Tapanuli Utara melalui perutusannya di Lembaga Adat Dalihan Natolu dan utusan masing-masing kecamatan merasa perlu dan wajib meneguhkan para pekerja di Tapanuli Utara melalui "pargomgom" (Bupati dan Wakil Bupati) bersama masing-masing ibu yang disimbolkan dengan pemberian "Beras Si Pir Ni Tondi".

Setelah pemberian peneguhan dan penguatan melalui Beras Si Pir Ni Tondi, seterusnya Masyarakat Tapanuli utara juga memberikan "Ulos" kepada Bupati bersama Ibu  dan Wakil Bupati bersama Ibu sebagai simbol kebersamaan dan kesatuan pargomgom dengan masyarakat Tapanuli Utara.

Agar segala sesuatu yang dilakukan dan dikerjakan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sungguh membuahkan hasil yang melimpah dan tidak mengenal lelah demi perwujudan masyarakat bona pasogit yang sejahtera, masyarakat Tapanuli Utara juga memberikan "Itak Gurgur" dan "Tuak Takkasan " kepada pargomgom

Bupati Tapanulli Utara yang telah mengundang seluruh warga masyarakat  Kabupaten Tapanuli Utara selanjutnya menyerahkan "Tudu-tudu Sipanganon" kepada segenap warga Tapanuli Utara, sebagai simbol pernyataan telah dilakukannya adat peresmian gedung baru Kantor Bupati dan acara adat peresmian disaksikan oleh segenap warga masyarakat Tapanuli Utara.

Acara Peresmian

Didahului dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya", Acara seremoni peresmian dimulai.  Setelah menyanyikan lagu kenegaraan dilanjutkan dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Drs. H. P. Marpaung.

Dalam laporan panitia, disebutkan bahwa gedung baru Kantor Bupati ini dijadwalkan dalam APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran 2011 dan pengerjaannya oleh PT. Waskita-Jakarta setelah melalui proses pelelangan.

Kapolres Tapanuli Utara yang dimintakan sebagai mewakili Undangan oleh panitia untuk menyampaikan sepatah dua kata, dalam sambutannya mengharapkan kiranya Kabupaten Tapanuli Utara yang selama ini terkenal dengan kekonduifannya tidak akan pernah berubah, janganlah pernah menjadi seperti di daerah lainnya, masyarakat bertentangan secara psisikis dan fisik dengan pihak eksekutif.

Sementara Kepala kejaksaan Negeri Tarutung yang didaulat mewakili Uspida Kabupaten Tapanuli Utara secara panjang lebar menyampaikan penghargaan kepada panitia pengadaan barang dan jasa (pembangunan gedung kantor) yang telah berupaya dengan sebaik-baiknya menyelenggarakan tugas-tugasnya hingga sampai pada kondisi terselesaikannya pembangunan.

Kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung juga mengingatkan tingkat bahaya dibidang sosial dan ekonomi.  Kejari sangat mengharapkan agar masyarakat semakin meningkatkan kinerjanya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan yang dikelola masing-masing, sehingga unsur-unsur kecemburuan sosial dan kecemburuan ekonomi di tengah-tengah masyarakat dapat ditepis dan datau ditiadakan.

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara dalam sambutan menyampaikan penghargaan kepada Bupati Tapanuli Utara dan jajarannya yang telah berani untuk mengajukan pembangunan gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara mengingat selama ini diakui bahwa pembiayaan dalam APBD masih minimal, namun dengan kerja keras eksekutif, dana untuk pembangunana ini dapat disediakan.

Secara khusus Ketua DPRD Tapanuli Utara juga berbangga hati kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara yang telah berkenan menerima dan menyetujui pembangunan gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara, tak lain tak bukan hanya krena selruuh anggota DPRD Tapanuli Utara sangat memahami kondisi riil gedung Kantor Bupati sebelumnya.

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perencanaan, pembangunan, dan hingga peresmian di hari ini.

Seperti diungkapkan oleh Bupati, banyak keinginan lain yang ingin dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten demi dan untuk masyarakat dan pembangunan kabupaten Tapanuli Utara, namun kesemua itu tidak dapat dilakukan sekaligus, namun secara bertahap akan dilakukan, karena hanya itulah tujuan mengapa Torang Lumbantobing menjadi "parhobas" di Kabupaten Tapanuli Utara.

Setelah penyampaian sambutan selesai, dilanjutkan dengan penekanan tombol dan pembukaan selubung kantor Bupati Tapanuli Utara yang dilakukan oleh Bupati Tapanuli Utara didampingi ibu, Wakil Bupati Tapanuli Utara dan ibu bersama dengan unsur Pimpinan daerah lainnya.

Untuk memasuki gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ny. Torang Lumbantobing Elly br Manalu bersama dengan Ny. Bangkit P. Silaban (Wakil Bupati) dan selanjutnya Bupati Tapanuli Utara membuka pintu gedung kantor dan mengajak para pimpinan daerah dan warga masyarakat Tapanuli Utara untuk meninjau bahagian dalam kantor Bupati yang baru diresmikan ini.

Setelah menikmati makan siang, acara dilanjutkan dengan acara sukacita yang tergambarkan dalam bentuk tarian atau "manortor".

Tortor kali ini dipilah pilah menjadi Tortor dari Hasuhuton, Tortor dari Uspida/DPRD, Kabupten Tapanuli Utara, Tortor Pimpinan SKPD se-Kabupten Tapanuli Utara, Tortor dari Camat/Uspika bersama Kepala UPT Kecamatan se-Kabupten Tapanuli Utara, Tortor para Lurah/Kepala Desa/Perangkat Desa serta Tortor dari LADN/Tokoh Masyarakat. Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Setelah kesemua acara ini dilalui akhirnya Bupati Tapanuli Utara selaku Hasuhutan menyampaikan "pangampuon" sebagai ungkapan terimakasih kepada seluruh komponen yang hadir dan mengikuti acara peresmian gedung baru Kantor Bupati Tapanuli Utara di hari ini.

Dalam sela-sela acara adat dan peresmian ini acara diisi dengan hiburan dari "Marsada Band" yang menyampaikan beberapa lagu untuk warga Tapanuli Utara.

Photo liputan :


Video liputan :



3.  Acara Kenegaraan
     a.  Sambutan-sambutan
     b.  Sambutan Bupati Tapanuli Utara


Tidak ada komentar: