"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 31 Januari 2012

MPLIK Interaksi TIK di SMAN 1 Sipahutar

Selasa pagi, 31 Januari 2012 Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) kembali keluar dari Tarutung menuju Kecamatan Sipahutar ke SMA N 1 Sipahutar.

Setelah diterima Kepala Sekolah dan Guru TIK Tim MPLIK segera mempersiapkan sarana dan prasarana internet dan mempersilahkan para siswa yang telah diatur terlebih dahulu oleh pihak sekolah menjelajah di dunia maya.

Kepala SMA Negeri 1 Sipahutar Herbet Simanjuntak, SPd kepada media ini menjelaskan banyak hal seputar kondisi dan pengelolaan sekolah, khususnya yang menyangkut Mata Pelajaran TIeknologi Informasi dan Komunikasi.

Dijelaskan oleh Kepala Sekolah, bahwa SMAN 1 Sipahutar telah memiliki laboratorium komputer dan beberapa unit komputer yang dipergunakan untuk proses pembelajaran siswa, namun laboratorium dimaksud belum termanfaatkan dengan penuh termasuk belum tersedianya koneksi internet yang cukup.  Hingga saat ini masih mempergunakan modem dengan kapasitas yang sangat kecil dan hanya terhubung untuk satu unit laptop.

Menjawab pertanyaan media seputar pengenalan siswa pada program komputer berbasis linux, Kepala SMA Negeri 1 Sipahutar menuturkan, bahwa sesuai dengan kurikulum di tingkat SMA materi pelajaran yang tersedia masih seputar Microsoft windows, sehingga sekolah belum pernah mengenalkan program berbasis linux.

Memahami masih sangat minimnya pengetahuan atau pemahaman siswa tentang program linux, maka pada kesempatan kali ini Tim MPLIK menyiapkan dua model layanan kepada para siswa, satu model untuk layanan internet dan satu model layanan pembelajaran penggunaan komputer berbasis linux, dengan demikian diharapkan para siswa sudah dapat mengenal sebagian aplikasi linux yang pada prinsipnya tidak berbeda jauh dengan program berbasis Microsoft windows.

Tim MPLIK kepada media ini menjelaskan, bahwa MPLIK akan terus melayani unit pendidikan di tingkat SMP, SMA, dan SMK selama setahun ini, sebagai upaya mendukung program pemerintah memelekkan dan mempersempit jurang generasi muda dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan untuk maksud itu Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam APBD Tahun Anggaran 2011 telah menganggarkan dana secukupnya untuk operasional MPLIK, walaupun dana dimaksud belum dapat memenuhi harapan para siswa agar MPLIK meningkatkan frekuensi kunjungannya ke setiap sekolah di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Photo-photo liputan



Tidak ada komentar: