"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 24 Januari 2012

Ekpedisi Informatika Capai Air Terjun Aek Godang

Menyeberangi Sungai
Senin 23 Januari 2012 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Bidang Informatika Dishubkominfo Tapanuli Utara, mengambil peran melakukan eksplorasi hutan rimba yang liar di Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara.


Tidak banyak yang tahu, bahwa dibelantara hutanAdiankoting terdapat beberapa air terjun yang snagat indah, sebersik informasi yang diperoleh Bidang Informatika Tapanuli Utara merangsang bidang ini untuk melakukan kajian aspek pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara.

Obyek air terjun merupakan sesuatu yang sangat baik apabila dijadikan sebagai obyek wisata, terlebih lagi bila dijadikan sebagai wisata alam atau outbond atau hiking.

Perjalanan menuju lokasi air terjun Aek Godang diawali dengan kenderaan dari kota Tarutung menuju km 14 Adiankoting, disini telah menunggu tim guide yang akan menghantarkan tim ekspedisi ini.

Dari km 14 dilanjutkan ke perkampungan Huta Nagodang di pedalaman Kecamatan Adiankoting, jarak tempuh ke kampung ini lebih kurang 6 km.  Tiba di Huta Nagodang bertemu dengan beberapa warga perkampungan ini.  Dari amatan tim perkampungan ini sangat sangat tertinggal, sarana listrik mempergunakan Generator Set yang disediakan oleh masyarakat di kampung ini, belum tersedia dari PLN.

Dari Huta Nagodang Tim melanjutkan perjalanan memasuki alam persawahan milik penduduk, dan seterusnya memasuki alam liar Huta Nagodang.

Tim mulai menapaki jalan terjal yang jarang dilalui manusia, jalan setapak penuh semak dan duri, menuruni lembah dan menaiki bukit memaksa tim ini harus memanjat bukit dan memeluk bumi, peluh mulai mengucur di seluruh tubuh tim ekspedisi.

Salah seorang anggota tim ekspedisi, Bernadine Harum yang baru berusia 4 tahun benar-benar tercengang melihat dan menikmati perjalanan ini, banyak kesulitan dialaminya, di jalan yang datar dia mampu berlari tetapi sesaat menaiki dan menuruni bukit harus dipapah bahkan digendong oleh anggota tim lainnya.

Setelah menapaki hutan raya lebih kurang 4 jam sejak meninggalkan perkampungan Huta Nagodang, melewati pinggiran sungai dan melintasi badan sungai beberapa kali, akhirnya Tim Eksplorasi tiba di lokasi Air Terjun Aek Nogodang.  Semua Anggota tim hampir tidak merasakan capai dan lelah yang diemban ketika tiba di tempat ini, "wahhhhh...... indahnya....." demikian suara-suara anggota tim.

Kejernihan air Sungai Aek Godang ini benar-benar mengajak siapa saja untuk berendam dan berenang, karena di bawah air terjun sungai ini lumayan dalamnya dan cocok untuk berenang walau dengan air yang cukup deras.

Patut juga dicatat, bahwa di sungai ini terdapat ikan Batak yang terkenal dan langka, IHAN BATAK, yang ukurannya sangat besar-besar dari biasanya, jadi sangat tepat juga apabila pecinta alam, kapan saja, datang ke tempat ini dapat juga membawa alat pancing sekedar untuk menikmati memancing ikan batak yang terkenal sangat gurih.

Tim Ekspedisi Informatika terdiri dari Giotto Sormin, Lamhot N. Panggabean, Ester D. Pasaribu, Steven Dwiatma, Ramot Hutauruk, Rudy Pangaribuan, Susi R. Hutauruk, Bernadine Harum dan pemandu Hutauruk, Sibaranim dam Sitanggang.


Ingin tahu lebih banyak ? hubungi kami.

Photo-photo liputan hiking



Video Hiking



Tidak ada komentar: