"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 05 Juni 2015

Bupati Instruksikan SKPD Percepat Pelaksanaan Proyek TA 2015



Jumat, 5 Juni 2015.  Bupati Taput Drs.Nikson Nababan menginstruksikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mempercepat penyerapan anggaran belanja pemerintah terutama pelaksanaan Proyek untuk Tahun Anggara 2015 sehingga program/kegiatan dapat tepat waktu, tepat manfaat, efisien dan efektif.
Hal itu diungkapkan Bupati melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakab Tapanuli Utara Drs. Parsaoran Hutagalung dalam Rapat Percepatan Realisasi Pelaksanaan Proyek T.A 2015  bertempat di Aula Kantor Bupati Taput Jl. Soeprapto No.1 Tarutung.

Bupati menyatakan bahwa saat ini sudah hampir memasuki semester ke-2 untuk anggaran keuangan pemda Taput, namun penyerapan dana pelaksanaan program/kegiatan setiap SKPD masih kurang maksimal. Untuk itu Bupati instruksikan supaya seluruh jajarannya bekerja lebih keras lagi terutama SKPD yang tingkat penyerapan anggaran belanjanya masih minim dengan harapan semakin meningkatnya serapan anggaran akan memicu laju pertumbuhan ekonomi di Bonapasogit. “Untuk SKPD yang masih kecil serapan anggarannya diharapkan betul-betul serius dan  berkonsentrasi melaksanakan program agar anggaran segera terserap optimal hingga mampu memacu pertumbuhan ekonomi agar lebih baik lagi”, ujar Bupati

Dalam rapat juga dibahas terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan program kegiatan terutama proyek fisik, dengan mengedepankan meminimalisir aspek resiko yang kemungkinan timbul.  “Perlu perencanaan yang baik dan detail terkait pelaksanaan kegiatan baik dari sisi regulasi dan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, sehingga kita bisa menekan resiko-resiko yang tidak diinginkan”, ungkap Parsaoran.  “Kita harus bekerja lebih keras dan kerja cerdas lagi, sehingga apa yang diprogramkan oleh Pimpinan kita bisa terealisasi dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat”, tambahnya

Rapat juga membahas hasil kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Taput  ke Desa Garoga Sibargot, Kecamatan Garoga, 22 Mei 2015 lalu. Pada kunker dimaksud, masyarakat desa Garoga Sibargot sangat membutuhkan sentuhan pembangunan seperti akses jalan transportasi, pendidikan, kesehatan, layanan administrasi kependudukan, fasilitas penerangan dan pendampingan pertanian. Dalam rapat diungkapkan bahwa untuk akses jalan berupa pengerasan dan pengaspalan akan ditampung dalam P.APBD TA 2015, untuk pendidikan akan ada penambahan tenaga pengajar, namun untuk penambahan Ruang Kelas Belajar masih menunggu hasil survey lapangan. Terkait pelayanan kesehatan berupa Poskesdes masih dalam proses survey, dimana masyarakat setempat telah menghibahkan ± 1 ha lahan untuk pendirian poskedes, untuk kemudian akan ditindak lanjuti dengan penempatan petugas kesehatan.  Demikian halnya fasilitas penerangan, melihat kondisi jarak lokasi desa akan disurvey sumber alternatif aliran listrik berupa PLTS atau PLTM.

Terkait layanan Administrasi Kependudukan, Kadis Dukcatpil Taput Asnah Sinaga mengungkapkan sudah merealisasikan pelayanan kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan adminstrasi kependudukan lainnya.

Hadir dalam rapat Kepala Bappeda Taput Indra Simare, para pimpinan SKPD Taput dan Camat Garoga.

Tidak ada komentar: