"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Minggu, 14 Juni 2015

Malam Keakraban Pemkab Taput - Pemkab Halut

Pemkab Taput Jajaki Kerjasama dengan Kabupaten Halmahera Utara

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan menjajaki kerjasama pemerintahan dengan Kabupaten Halmahera Utara khususnya dalam bidang pariwisata. Hal itu terungkap dalam malam keakraban menyambut kunjungan Bupati Halmahera Utara Hein Namotemo di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Sabtu malam (13/6).

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menyambut hangat kunjungan Bupati Halmahera Utara beserta rombongan.  Bupati memaparkan bahwa Tapanuli Utara memiliki banyak potensi daerah wisata yang layak dipromosikan seperti keindahan Danau Toba, wisata iman salib kasih dan obyek wisata lainnya. Hal itulah yang mendasari Pemkab Taput menjadikan butir esensial dari visi kabupaten yakni menjadi daerah wisata, dengan tujuan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. 

Saat ini Pemkab Taput sebagai Kabupaten induk berusaha keras mengejar ketertinggalannya dari daerah lain dengan menggenjot sumber pemasukan pendapatan dari berbagai bidang untuk pembiayaan pelaksanaan program pembangunan sebagai upaya mengejar ketertinggalan bahkan menjadikan pemkab terdepan dari daerah-daerah lainnya.

“Kami tahu bahwa Pemkab Halmahera Utara telah mampu meningkatkan sumber PAD melalui sektor pariwisata baharinya yang indah, dan Tapanuli Utara memiliki peluang yang sama melalui obyek wisata Danau Toba.  Untuk itu kami ingin belajar teknik pembangunan pariwisata dengan pemkab Halamahera Utara dan berharap dalam waktu dekat akan melakukan study banding kesana”, ungkap Bupati Taput.

Sementara Bupati Halmahera Utara Hein Namotemo menyambut baik ajakan Pemkab Taput untuk melakukan kerjasama pemerintahan khususnya bidang pariwisata.  Hein Namotemo mengungkapkan tujuan kedatangannya ke Tapanuli Utara untuk berbagi pengalaman (sharing) dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hein juga mengungkapkan pada awal kepemimpinannya Halmahera Utara hanya memiliki PAD sekitar 20 M, namun dengan kerja keras dengan mengeksplorasi potensi alam khususnya wisata bahari saat ini telah mampu menggenjot PAD hampir 160 M. “Dengan raihan prestasi ini, Halmahera Utara berbenah diri untuk menjadi daerah terdepan di Maluku bahkan di Indonesia”, ujarnya.

“Secara adat istiadat, masyarakat Halmahera Utara memiliki kemiripan dengan Tapanuli Utara, disamping sama-sama memiliki keindahan wisata, hal inilah yang mempertegas ikatan bathin kedua pemerintah daerah”, ungkap Hein. “Kami merasa terhormat dengan keinginan Bupati Taput untuk menjalin kerjasama serta menyambut baik kunjungan balik ke Halmahera Utara”, Kata Hein

Acara malam keakraban ini dirangkai dengan pemberian ulos kepada Bupati Halmahera Utara Hein Namotemo dan cinderamata jam bermotif salib kasih sebagai sambutan kedatangannya beserta rombongan serta ikatan bathin persaudaraan masyarakat kedua daerah pemerintahan. “Ini merupakan awal penyambutan kami atas kedatangan pak Bupati dan rombongan serta simbol persaudaraan diantara kita”, ujar Bupati Nikson.

Bupati Halmahera Utara Hein Namotemo pada kesempatan itu menyerahkan buku biografinya selama dua periode memimpin Halmahera Utara dan menyerahkan 4 jenis batu hasil kekayaan alam Halmahera Utara kepada Bupati Taput Drs. Nikson Nababan.  

Turut dalam kunjungan rombongan Bupati Halmahera Utara Kepala Bappeda Halmahera Utara dan beberapa pimpinan SKPD lainnya. 

Sementara mendampingi Bupati Taput turut hadir Ass. Ekbang Drs. Parsaoran Hutagalung, Kepala Bappeda Indra Simaremare, Kepala Dinas Pariwisata Gibson Siregar, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Jamel Panjaitan, Kabag PP Herli Sinaga, Plt. Direktur RSUD Tarutung dr. Ganda Nainggolan dan Kabag Pengendalian Program Ringkot Eliston Lumbantobing

Photo liputan :



Tidak ada komentar: