"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 03 Juni 2015

Bupati Taput Hadiri Acara Peletakan Batu Pertama PLTM Parmonangan

Rabu 3 Juni 2015.  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menghadiri peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) Parmonangan, yang berlokasi di Parratusan, Desa Manalu Dolok-Kecamatan Parmonanagan-Taput. Pembangkit Listrik yang memiliki kapasitas 2x4,5 MW tersebut rencananya akan beroperasi dalam beberapa tahun kedepan dikelola oleh PT. Seluma Clean Energy (SCE).

Bupati Taput dalam sambutannya menyambut baik kehadiran proyek PLTM tersebut, seraya berharap mampu memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat sekitar dan juga Tapanuli Utara.  “Saya mengajak para investor untuk menginvestasikan dana mereka di Bonapasogit ini, karena daerah kami ini kaya akan potensi-potensi alam seperti potensi energi dan potensi airnya”, ajak Bupati Nikson.  “Dengan kehadiran proyek PLTM Parmonangan ini, kita harapkan mampu mengatasi krisis listrik di wilayah kita ini, terutama ada desa-desa ditaput yang belum dialiri listrik”, ujarnya.

“Saya juga berharap kepada pihak PT. SCE untuk secepatnya mengusahakan pengoperasian PLTM ini, tapi dengan syarat harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat Desa Manalu Dolok khususnya. Saya berharap 2 akses jalan menuju lokasi proyek dilakukan pembangunan permanen, seperti hotmix atau menggunakan sejenis zat kimia supaya akses jalan lancar, membuat laporan (progress report) per triwulan ke pemda Taput serta menjaga kelestarian alam sekitar,” tandasnya.

Nikson Nababan juga berharap dukungan masyarakat sekitar atas kehadiran PLTM Parmonangan tersebut.  “Saya yakin kehadiran PLTM ini mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa ini dan juga Taput seperti ketersediaan listrik, lapangan kerja dan juga akses jalan.  Pemda Taput akan selalu mengingatkan pihak investor untuk menyisihkan sebagian dana investasi mereka melalui dana CSR untuk disalurkan kemasyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu Dirut PT. Seluma Clean Energy, Robin Njo mengapresiasi dukungan masyarakat dan juga Pemda Taput akan kehadiran proyek pembangkit listrik minihydro tersebut.  “PLTM Parmonangan akan mampu menghasilkan kapasitas listrik 2x4,5 MW ini mampu mengaliri sekitar 20.000 rumah penduduk, jadi kehadiran proyek ini diharapkan mampu membantu krisis listrik di daerah ini,”ujar Robin.  “Kehadiran  proyek ini selain menghasilkan kapasitas listrik, juga akan menciptakan lapangan kerja, dan kami akan mengutamakan tenaga kerja dari penduduk sekitar sesuai keahlian masing-masing”,ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat, J. Manalu mengatakan menyambut baik pembangunan PLTM Parmonangan tersebut, seraya berharap mampu memberikan manfaat bagi warga sekitar.  “Kami percaya kehadiran proyek ini akan memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Manalu Dolok,” ungkapnya.

Setelah melakukan peletakan batu, Bupati Drs. Nikson Nababan didampingi pimpinan PT. SCE melakukan pengguntingan pita serta diulosi oleh tokoh masyarakat sekitar, sebagai  bentuk sambutan atas kehadiran PLTM Parmonangan tersebut di daerah mereka. 

Hadir dalam acara tersebut Komisaris PT. SCE Robert Tjo, Perwakilan PT. Hutama Karya Sigit Winarto, Perwakilan Bank Muamalat, Perwakilan PLN Persero area Sibolga, Anggota DPRD Taput Bangun Tobing,  Ass. Ekbang Drs Parsaoran Hutagalung, Kadis PU Anggiat Rajagukguk, Kadis Kehutanan Tonny Simangunsong, Kadis Pertambangan dan Energi Alkari Purba, Kaban Perijinan Dimpos Sihombing dan Kabag Humas Taput Donna Nursiti Situmeang,S.Sos

Photo liputan :


Tidak ada komentar: