"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 22 Juni 2015

Bupati Taput Hadiri Pencanangan BBGRM XII dan HKG PKK ke-43

Senin, 22 Juni 2015.  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menghadiri Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 Tahun 2015 Kabupaten Tapanuli Utara yang dipusatkan di Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong.


Dalam sambutannya Bupati Taput mengatakan makna pencanangan BBGRM ke-XII bertujuan untuk menggalakkan kembali budaya gotong royong sebagai warisan luhur budaya bangsa serta mengajak masyarakat agar memahami makna gotong royong tersebut.


“Gotong royong memiliki makna adanya kesatuan dan persatuan, rasa memiliki dan kepedulian terhadap sesama, serta diyakini merupakan solusi untuk menghadapi kendala-kendala dalam pembangunan“, ujar Bupati.  Melalui budaya gotong royong pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan dapat merealisasikan percepatan pembangunan di Bonapasogit ini, untuk itu saya ajak semua pihak agar bergandengan tangan membangun kesejahteraan masyarakat”, himbau Bupati Nikson.

Bupati juga berharap agar pencanangan BBGRM ini tidak seremonial belaka, namun melalui kegiatan ini budaya gotong royong yang mulai terkikis oleh perkembangan jaman dapat digalakkan kembali dan diiimplementasikan secara berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dulu leluhur kita telah mengenal budaya Marsiadapari, budaya yang mengajarkan untuk saling peduli dan saling membantu seperti mengolah lahan pertanian, panen, membangun rumah tempat tinggal dan banyak kegiatan lainnya. Namun budaya itu semakin lama semakin terkikis, bahkan sifat hedonisme dan egoisme semakin merajalela hingga akhirnya kehidupan manusia mengalami degradasi moral.  Jadi saya berharap agar pemkab dan masyarakat menyadari esensi gotong royong serta kembali mengaplikasikannya agar kehidupan kita khususnya bangso batak semakin baik”, ajaknya

Bupati Nikson Nababan juga berpesan kepada PKK agar menjadi pelopor percepatan pembangunan di Taput, dimulai dari pembinaan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, karena keluarga merupakan instrumen penting dalam pembangunan sebuah bangsa.

“Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK ini, saya berharap PKK Taput dapat menyatukan hati, pikiran dan perbuatan dalam membantu Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung SDM Berkualitas serta Daerah Wisata.  Bila PKK kuat dan satu derap langkah, niscaya sangat membantu percepatan pembangunan di Taput, salut terhadap sumbangsih ibu-ibu PKK dan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43“, ucapnya.

Sementara itu Ketua TPP PKK Taput Ny. Nikson Nababan Satika boru Simamora menyatakan “sebagai mitra,  PKK harus  mendukung program pembangunan Pemkab Taput dan mampu memberi andil serta menjadi bahagian pembangunan masyarakat yang adil, merata dan mandiri. PKK harus mampu menciptakan kegiatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, melalui program pokok PKK sehingga kehidupan keluarga semakin maju,bahagia, sehat dan sejahtera yang tercermin dalam terciptanya keharmonisan keluarga tersebut”.

Dalam mendukung suksesnya kegiatan gotong royong yang telah dicanangkan pemerintah daerah, kegiatan tersebut dirangkai pemberian bantuan oleh Bupati Nikson Nababan berupa 15 unit babat rumput, cangkul, dan parang untuk tiap kecamatan di Taput.  Bupati juga memberi bantuan 1000 batang bibit pohon untuk reboisasi serta alat pembuat POC, Mesin Pengolah Kompos dan Trichoderma kepada masyakat untuk kepentingan pertanian. Untuk mendukung pembinaan minat dan bakat generasi muda turut disumbangkan alat-alat olahraga seperti bola kaki, raket dan bola volley kepada para pemuda di 15 kecamatan.

Disamping itu ketua TPP PKK Ny. Nikson Nababan Satika Boru Simamora juga menyerahkan bantuan berupa sembako dan tongkat serta kursi roda kepada empat orang yang menderita lumpuh.

Sebelumnya Bupati Nikson Nababan turun langsung memonitoring hasil gotong royong masyarakat desa Sigumbang yakni pembersihan dan perbaikan saluran irigasi sepanjang 1200 m yang mengairi areal persawahan di daerah tersebut.  Bupati juga menjanjikan akan melakukan pembangunan saluran irigasi tersebut sehingga bisa menjadi sumber air untuk pertanian di areal sekitar.

Turut hadir Sekdakab Taput Edward Tampubolon,SE, Ass Pemerintahan Drs.HP Marpaung, seluruh Pimpinan SKPD, para Camat se-Taput,  Tim Penggerak PKK, Kepala Desa se-Kecamatan siborongborong, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kelompok tani

Photo liputan :

Tidak ada komentar: