"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 01 Juli 2016

Bupati Berikan Bantuan Dana Pendidikan Kepada Mahasiswa Baru

Kamis 30 Juni 2016,  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Edward Tampubolon, SE, Anggota DPRD Taput Poltak Pakpahan, Asisten Pemerintahan Drs. HP. Marpaung, Asisten Pembangunan dan Kesra Parsaoran Hutagalung, Asisten Adm Umum Osmar Silalahi, Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan, Kadis Kehutanan Benhur Simamora, Kadis Pertanian Tonny Simangunsong, Kepala Bappemas dan Pemdes Eliston Tobing, Kadis Hubkominfo Erikson Siagian, Kabag Perekonomian Fajar Meningsing, Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Situmeang menyerahkan bantuan Dana Pendidikan kepada70 orang siswa yang berhasil lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebesar Rp 1 juta per-orang bertempat di Aula Kantor Bupati.

Kepada para penerima dana bantuan yang didampingi orang tua masing-masing Bupati menyampaikan harapan besar kemajuan Taput dimasa yang akan datang.

"Berjuang dan raih prestasi, karena kalian anak-anakku adalah harapan orangtua, harapan masyarakat Taput, untuk meraih kesuksesan yang kelak dapat membawa Kabupaten Tapanuli Utara ke titik yang lebih baik lagi. Sebagai kebanggaan dan harapan orangtua, anak-anakku harus membuktikan kemampuan dan kualitas. Orangtua memberangkatkan adek-adek dengan segala kekuatan dan semangat berapi-api dengan harapan adek-adek bisa sukses. Jangan terbawa arus dan arah yang salah, tetapi bergiatlah belajar, buat orangtuamu bangga,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa prestasi demi prestasi telah diraih Kabupaten Tapanuli Utara, termasuk di bidang pendidikan dimana ada peningkatan secara signifikan anak didik Taput yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi.

“Prestasi untuk menembus Perguruan Tinggi naik secara signifikan, khususnya SMA Negeri 3 Tarutung mencapai kelulusan masuk perguruan tinggi kurang lebih 95 persen. Ini sebuah motivasi bagi kita para orangtua dalam bekerja. Walau capek, tetapi tetap semangat karena memiliki anak-anak yang pintar dan semangat dalam belajar. Jadi berlomba-lomba untuk meraih prestasi,” ujar Bupati Taput menambahkan.

“Saya juga sangat mengapresiasi kelulusan anak didik kita ke perguruan tinggi. Beasiswa demi beasiswa telah kita upayakan dan juga pendidikan gratis sampai tingkat SMA. Sekarang juga saya ingin berbagi dengan orangtua yang memberangkatkan anak-anaknya ke perguruan tinggi dengan kekurangan. Beasiswa ini, walau tak besar tapi akan dapat membantu sedikit beban yang ada bagi para orangtua. Jadi belajar dengan giat, berprestasi, pasti adek-adek akan dapat meraih cita-cita. Kesulitan kita atasi bersama,” ujar Bupati mengakhiri.

Kristina Nababan mewakili para penerima dana bantuan kepada Bupati menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan dalam mengawali memasuki pendidikan di perguruan tinggi ini.  "Kami berbangga hati karena telah menerima bantuan untuk pendidikan, yang lulus ke PTN melalui jalur undangan, kami akan berusaha untuk membanggakan Taput, kami berharap Taput akan lebih baik lagi ke depan", ujar Kristina.

Mewakili orangtua penerima bantuan, Tonny Tampubolon menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Taput karena perhatian yang sangat besar kepada masyarakat, baik di bidang pendidikan maupun pertanian. "Kami orang tua siswa yang masuk PTN melalui jalur undangan menyampaikan terimakasih, dalam acara penyerahan bantuan pendidikan kepada yang masuk PTN, mudah mudahan lahir generasi muda yang lebih arif dan bijaksana, sehingga Taput akan lebih maju di masa yang akan datang,” ujar Tonny.

Secara khusus dalam acara ini Bupati menyampaikan terimakasih kepada Kepala SMA Neg 3 Tarutung dengan pemberian cendramata berupa ULOS atas prestasi sekolah mempersiapkan siswa selama tiga tahun dan merupakan angkatan pertama, dengan 93% lolos ke PTN.

Kabag Perekonomian Setdakab Taput Meningsing Gultom, terpisah kepada media ini menjelaskan, bahwa dana bantuan kepada siswa yang diterima di PTN tahun akademik 2016/2017 ini bersumber dari bunga uang "Dana Abadi Pendidikan Taput" yang terhimpun semenjak masa kepemimpinan Bupati Taput DR. R.E. Nainggolan, dan bantuan ini diberikan hanya satu kali saja, bukan sebagai beasiswa yang diberikan secara berkelanjutan.

"Bantuan pendidikan ini diberikan kepada mahasiswa baru yang diterima di PTN tahun ini melalui jalur undangan, penerimanya diseleksi oleh Dinas Pendidikan Taput," terang Fajar.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: