"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 29 Juli 2016

Pasar Lelang Tarutung Siap Menguji Pokja Lelang

Jumat, 29 Juli 2016, Pasar lelang Tarutung berhasil melelang Cabai Merah sebanyak 2338 Kg dibuka dengan harga dasar Rp 14.000,00 dan harga jual terendah sebesar Rp 18.000,00 sedang harga tertinggi Rp 22.000,00 dengan total harga jual sebesar Rp 47.455.525,00.


Kondisi ini merupakan gambaran media ini pada minggu yang lalu, bahwa kepercayaan petani Cabai semakin bertambah, ditambah produksi Cabai Tarutung sekitarnya plus Kecamatan Pangaribuan semakin bertambah pula.  Kali ini Kecamatan Pangaribuan menyumbang produksi untuk lelang sebanyak 382,50 Kg dengan harga jual tertinggi Rp 22.000,00.

Kepala BP4K Sondang E.Y. Pasaribu kepada media ini menjelaskan bahwa trend kenaikan produksi Cabai di Kecamatan Tarutung sekitarnya dan Kecamatan Pangaribuan semakin meningkat.

"Produksi Cabai merah di kecamatan Tarutung, Siatasbarita, Sipoholon, Adiankoting mulai Agustus hingga Januari 2017 yang akan datang akan mengalami peningkatan, diperkirakan puncak panen pada Oktober hingga Desember, juga hadirnya Cabai dari Kecamatan Pangaribuan dalam seminggu kita hitung +/-800 Kg, itu mengindikasikan tingkat kepercayaan petani ke pasar lelang semakin meninggi", terang Kepala BP4K Sondang E.Y. Pasaribu.

"Dengan peningkatan jumlah produksi Cabai di Taput saat ini, maka Pokja Pelelangan Hasil Pertanian harus memiliki kemampuan untuk menyusun analisis dampak produksi kepada tingkat inflasi, sehingga dengan memahami hal itu, pasar lelang tidak terjebak kepada kenaikan harga jual produksi," harap Kepala Kantor Ketahanan Pangan Sofian Simanjuntak.

Masih menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Sofian Simanjuntak, "amatannya kami selama pelaksanaan lelang, baik di pasar Siborongborong maupun di pasar Tarutung, para pedagang besar belum muncul di kedua pasar, para pedagang besar masih tetap mempergunakan kaki tangan mereka di pasar, bahkan kita curigai, pedagang besar mempergunakan 3-5 orang agen pedagang (kaki tangan) di setiap pelaksanaan lelang, sehingga ada kalanya harga jual lelang masih kurang bersaing".

"Disinilah kita berharap koordinator Pokja III, Perusda Pertanian, memiliki jaringan bisnis yang lebih kuat dan lebih jauh melampui kota dan kabupaten sekitar, dengan produksi Cabai Merah di Tarutung mencapai 100 Ton per-minggu nantinya di bulan Oktober, kita musti bisa, jangan sampai petani kita jatuhkan," harap Kepala BP4K Sondang E.Y. Pasaribu.

Koordinator PPL Pangaribuan, Sibarani kepada media ini menjelaskan bahwa produksi Cabai dari Pangaribuan untuk saat ini masih sedikit, tetapi dibagi dua, yakni lelang pada Jumat dari Desa Silantom Julu sedangkan lelang pada Senin dari Sigotom dengan produksi 800 Kg per minggu.

Hadir dalam pasar lelang kali ini dari selurh unsur Pokja Lelang.

Photo liputan :

Posting Komentar