"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 27 Mei 2015

610 PNS Taput ikut Fit and Proper Test Eselon IV

Sebanyak 610 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Tapanuli Utara mengikuti seleksi Fit dan Propher Test Pejabat/Calon Pejabat Struktural setingkat eselon IV.a dan IV.b yang diadakan oleh Pemerintah Kab.Taput bertempat di Kantor Bupati Jl. Soeprapto Tarutung untuk mengisi sebanyak 578  jabatan di lingkungan Pemerintahan Tapanuli Utara.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Taput, Polmer Siregar  mewakili Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan dalam pembekalan (Briefing) peserta seleksi Fit dan Propher Test yang akan dimulai tgl 27 Mei hingga 2 Juli 2015. Seluruh peserta seleksi telah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Panitia Seleksi berupa Seleksi Administrasi dan Karya Tulis (Makalah)

Lebih lanjut Bupati Taput menyatakan bahwa Pelaksanaan fit and proper test sebagai bagian dari proses reformasi birokrasi terutama dalam rekrutmen, bertujuan untuk melahirkan pejabat publik yang memiliki kompetensi dan berkualitas. Kondisi ini tentu akan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelaksanaan fit and proper test juga merupakan upaya untuk menghapus korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam birokrasi pemerintahan.

Maka guna merespon program percepatan reformasi birokrasi dimana salah satunya adalah sistem promosi PNS secara terbuka, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menetapkan reformasi birokrasi berbasis kompetensi sebagai salah satu program unggulan. Dalam tataran pelaksanaannya akan dilakukan antara lain melalui kebijakan promosi terbuka untuk pengisian jabatan struktural secara selektif dan bertahap.

Kebijakan promosi terbuka diharapkan dapat mendorong peningkatan kompetensi, kinerja, membangun semangat kompetitif, memberikan kesempatan yang sama (equity) kepada semua PNS untuk mengembangkan karier.

Hal ini juga sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk menjawab harapan (ekspektasi) masyarakat terhadap pimpinan yang berkompeten, responsif, memiliki kinerja dan integritas yang unggul, serta mampu merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan  dalam   penyelenggaraan   tugas   pokok  dan  fungsinya.

Untuk tahap ini promosi terbuka di Kabupaten Tapanuli Utara akan dilaksanakan pada jabatan struktural Eselon IV.a dan IV.b (Kasubbag/Kasubbid/Kaseksi/Kepala Sekretariat/Kepala UPT/Lurah/Sekretaris Lurah dan Kasubbag Tata Usaha pada Sekretariat Daerah/Sekretariat DPRD/Inspektorat/Dinas/Badan/Kantor/RSU Daerah Tarutung/Kecamatan/Kelurahan/UPT) dengan pertimbangan memperhatikan kondisi percepatan pembangunan dan tuntutan peningkatan kompetensi SDM perlu dilakukan untuk menempatkan orang-orang terbaik sehingga nantinya diharapkan Kasubbag/Kasubbid/Kaseksi/Kepala Sekretariat/Kepala UPT/Lurah/Sekretaris Lurah dan Kasubbag Tata Usaha pada Sekretariat Daerah/ Sekretariat DPRD/ Inspektorat/ Dinas/ Badan/ Kantor/ RSU Daerah Tarutung/ Kecamatan/ Kelurahan/ UPT terpilih memiliki orientasi kerja tinggi dan inovasi yang mumpuni dengan tetap mengedepankan prinsip pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tidak ada komentar: