"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 21 Mei 2015

Bupati Taput Hadiri Rembug Warga Kegiatan Bantuan Pembangunan-Rehabilitasi RLTH

Rabu, 20 Mei 2015.  Bupati Taput Drs. Nikson Nababan menghadiri kegiatan rembug warga yang mendapatkan bantuan pembangunan/Rehabilitasi Rumah Layak Tidak Huni (RLTH) yang diadakan di desa Sipultak Dolok Kecamatan Pagaran-Taput. Kegiatan Rembug Warga tersebut dilakukan sebagai sosialisasi bagi 170 KK warga Tapanuli Utara yang akan mendapatkan bantuan Rehabilitasi RLTH yang diprogramkan Pemerintah Prop.Sumatera Utara T.A 2015.

Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pemukiman Propsu DR. Ir. Binsar Situmorang dalam paparannya menyatakan, untuk tahun 2015 ini program Pembangunan/Rehabilitasi RLTH tersebut merupakan program kerjasama antara Pempropsu dengan Kodam I Bukit Barisan, dimana pelaksanaan pengerjaan Pembangunan/Rehabilitasi RLTH akan dilakukan oleh personil TNI sedangkan Pempropsu sebagai fasilitatator. Untuk masyarakat Taput yang mendapat bantuan tersebut sebanyak 170 KK yang tersebar di beberapa desa, namun untuk tahun berikutnya akan diupayakan penambahan kuota warga yang memperoleh  bantuan.

Sementara Kasdim 0210/TU Mayor K. Napitupulu menyatakan kesiapannya melaksanakan program Pembangunan/Rehabilitasi RLTH tersebut serta komitmennya menyukseskannya karena “selain sebagai pengamanan kedaulatan bangsa kami juga bertanggungjawab terhadap Pembangunan Kesejahteraan Rakyat,” ujar Napitupulu

“Sebagai perwakilan masyarakat, kami menyambut baik program ini dan mendukung pelaksanaannya karena kami yakin tujuannya meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Ir. Reguel Simanjuntak mewakili anggota DPRD Taput yang turut hadir.  “Kedepan Kami sangat berharap perhatian pak Binsar Situmorang sebagai mantan Kepala Bappeda Taput untuk mendukung program kebijakan Bupati Taput terutama hal perumahan”, tambahnya.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan dalam sambutannya mengapresiasi pemberian bantuan Pembangunan/Rehabilitasi RLTH bagi 170 KK warga Bonapasogit. “Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pihak Pempropsu dan juga Kodam I Bukit Barisan yang turut memperhatikan pembangunan kesejahteraan masyarakat terkhusus warga bonapasogit tercinta ini”, ucapnya.  Saya juga berpesan kepada seluruh komponen masyarakat untuk lebih mementingkan warga yang memang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut, mari kita untuk lebih empati, lebih perduli terhadap sesama dan tidak menutup mata akan kondisi sesama warga”, ajaknya.  “Salah satu sifat yang sudah mulai terkikis oleh jaman yaitu rasa peduli terhadap sesama manusia, sifat egoisme dan HOTEL (Hosom, Teal, Elat, Late) yang menimbulkan kondisi yang tidak baik di lingkungan masyarakat, untuk itu mari kita hilangkan sifat-sifat yang tidak baik tersebut demi kemajuan dan kebaikan kita dan generasi kedepan”, himbau Bupati Nikson.

Dihadapan ratusan warga penerima bantuan Bupati Nikson Nababan memaparkan program-program yang telah diperbuat dan akan diperbuat kedepan untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat Taput termasuk program bantuan rehab rumah.  Bupati juga mengajak semua komponen masyarakat untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat termasuk dalam mendukung program pembangunan yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Taput dibawah kepemimpinan Drs.Nikson Nababan-Drs.Mauliate Simorangkir, M.Si.  “Kita harus saling mendukung agar Taput sebagai Peta Kemiskinan dapat kita hilangkan dan bisa sejajar dengan daerah yang lebih dulu maju bahkan melampaui mereka, Bersama Kita Bisa,” ajak Nikson Nababan.

Program Pembangunan/Rehabilitasi RLTH merupakan kegiatan Pempropsu yang telah melakukan MoU dengan Kodam I BB, dimana pelaksanaannya dilakukan personil TNI dan tidak mengutip biaya apapun. Program ini berbeda dengan  rehab rumah, dimana kegiatan ini dikhususkan untuk menambah ruang/bangunan dari batu ukuran 5x5 meter. Setiap warga yang berhak mendapat bantuan tersebut telah didata dan diverifikasi oleh konsultan independen untuk kemudian diusulkan sebagai warga pemanfaat bantuan.

Turut hadir dalam acara ini Ass. Ekbang Drs. Parsaoran Hutagalung, Wakil Ketua DPRD Taput Ir. Reguel Simanjuntak, sejumlah Anggota DPRD Taput seperti Drs. Maruli Panjaitan, Dapot Hutabarat, SE, Rejeki Hutabarat, Poltak Sipahutar, para Pimpinan SKPD Pemkab Taput.

Photo liputan :


Tidak ada komentar: