"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 27 Mei 2015

Pemkab Taput selenggarakan Bimtek Akuntansi Penyusunan Laporan Keuangan SKPD Berbasis Akrual

Rabu 27 Mei 2015.  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akuntansi Penyusunan Laporan Keuangan SKPD berbasis Akrual Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendahara Pemegang Kas SKPD se-Tapanuli Utara bertempat di Aula Kantor Bupati Jl.Soeprapto no.1 Tarutung. dilaksanakan tgl 27-28 Mei 2015.
Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Pemkab Taput Ir. James Simanjuntak, MM dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan penyelenggaraan Bimtek adalah meningkatkan kompetensi dan pengetahuan tentang pengelolaan dan penatausahaan laporan keuangan bagi setiap PPK dan Bendahara/Pemegang Kas.

Sementara Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dalam sambutan yang dibacakan Ass. Administrasi dan Umum. Osmar Silalahi, SE mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara mengamantkan bahwa bentuk dan isi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).  Pemerintah telah menetapkan PP Nomor 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan menggunakan Basis Kas untuk Pengakuan Transaksi Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan dan Basis Akrual untuk Pengakuan Asset, Kewajiban dan Ekuitas Dana.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah menerapkan PP Nomor 24 tahun 2005 sejak tahun 2007, namun sampai sekarang standar Akuntansi tersebut belum dipahami secara baik oleh aparatur pengelola keuangan SKPD.

Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan sebagai pengganti PP Nomor 24 tahun 2005 yang mengamanatkan penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual sudah harus dilaksanakan mulai Tahun Anggaran 2015

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan sebagai wujud tanggungjawab Pemkab Taput dalam menyikapi perubahan-perubahan regulasi terkait Pengelolaan Keuangan Daerah, sehingga aparatur pemerintahan khususnya yang terlibat dalam pengelolaan keuangan mampu mengembangkan diri menuju perubahan paradigma pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan.

“Saya berharap pelaksanaan Bimtek ini menjadikan seluruh peserta lebih memahami dan mampu dalam penerapan sistem Akuntansi pemerintahan yang berbasis akrual, mengingat kondisi sistem pengelolaan keuangan yang semakin kompleks diharapkan keseriusan para kepala SKPD, PPK, Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengurus Barang sehingga opini atas laporan keuangan kedepan tidak menurun serta kualitas pertanggungjawaban dan laporan keuangan Pemkab Taput semakin meningkat,” kata Osmar mengakhiri sambutan Bupati Taput.

Kegiatan Bimtek diisi pemaparan tentang metode Penyusunan Laporan Keuanganan SKPD berbasis Akrual oleh narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Drs. Anggiat Lumbangaol, M.Si dan Moses Siahaan.

Hadir Ass.Administrasi Osmar Silalahi,SE, Kadis Penloka Taput Ir. James Simanjuntak, MM dan Kadis PU Taput Ir. Anggiat Rajagukguk.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: