"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 22 Mei 2015

Warga Desa Garoga Sibargot Dambakan Sentuhan Pembangunan

“Jalan Garoga sudah sangat Parah, tolong dengarkan Suara Masyarakat Taput”

Warga Desa Garoga Sibargot kecamatan Garoga-Taput mendambakan sentuhan pembangunan terhadap masyarakat yang bermukim di desa tersebut. Letak desa yang sangat terpencil tersebut butuh perhatian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam bidang Infrastruktur jalan/Transportasi,  kesehatan, pendidikan, penerangan dan air bersih.

Hal itu diungkapkan salah seorang warga masyarakat desa Garoga Sibargot kepada Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan yang sedang melakukan kunjungan kerja (Kunker)  ke daerah tersebut untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat desa tersebut.

“Lebih dari 60 tahun bangsa Indonesia merdeka, tapi kami masyarakat desa Sibargot belum pernah mengenyam arti kemerdekaan itu”, ujar P. Ritonga salah seorang tokoh masyakat mewakili warga.  Letak desa yang terisolir dan akses tranportasi yang sulit akibat belum tersentuh pembangunan, menjadikan masyarakat desa ini cenderung terabaikan dan jauh dari kata layak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik”, jelasnya.

Ritonga menambahkan, akibat akses tranportasi yang sulit, hasil-hasil pertanian cenderung dihargai sangat murah oleh pedagang, sedangkan harga saprodi seperti pupuk cenderung lebih mahal disbanding daerah sekitar.  Akibatnya masyarakat cenderung pesimis dan sulit untuk meningkatkan taraf hidup.

“Sementara itu keluhan lain warga desa ialah tidak tersedianya sarana kesehatan (Poskesdes) dan tenaga kesehatan di daerah tersebut, yang mengakibatkan mereka kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Bahkan sering sekali ibu hamil harus meregang nyawa di tengah perjalanan akibat tidak mendapat pertolongan medis”, terang Ritonga sambil meneteskan air mata.

Kami juga mendambakan peningkatan pelayanan pendidikan, karena di desa Sibargot ini hanya memilki ruangan kelas hingga kelas 3 SD, akibatnya banyak anak-anak sekolah di desa ini tidak mengenyam pendididikan yang memadai”, tambah Ritonga. Disamping fasilitas sekolah berupa ruang belajar yang minim, tenaga pengajar juga sangat minim untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak desa tersebut.  Ketika musim hujan sering kali tenaga pengajar yang tinggal diluar desa tersebut tidak hadir, akibat medan yang memang berat, sehingga mengakibatkan proses belajar mengajar terkendala”, ujarnya.

Warga masyarakat desa Sibargot juga mengharapkan fasilitas penerangan dan sumber air bersih untuk dikomsumsi warga. Kami sangat berharap pemerintahan Taput dibawah kemimpinan Bapak Bupati Nikson Nababan dan Wakil Bupati Mauliate Simorangkir tersentuh hatinya dan mau memperhatikan kami melalui pembangunan yang diberikan kepada masyarakat desa ini”, lanjutnya.

Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak DPRD Taput akan selalu mendukung semua program Pemerintah Kabupaten Taput selagi program tersebut berpihak kepada rakyat. Kita akan perjuangkan anggaran yang diperuntukkan bagi kemajuan masyarakat di Desa Garoga Sibargot. “Saya juga berharap masyarakat Desa Garoga Sibargot turut berpartisipasi dalam pembangunan guna memajukan daerah kita ini. Kita harus bersama-sama mencapai kemajuan itu, kami tidak bisa tanpa ada dukungan masyarakat, begitu juga sebaliknya. Bersama kita bisa,” ujar Ottoniyer mengakhiri.

Sementara itu Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, dalam sambutannya mengatakan sangat prihatin dan miris melihat kondisi kesejahteraan masyarakat desa Garoga Sibargot tersebut.  Saya merasa sedih dan terpukul mendengar penuturan amang/inang tentang kondisi kesejahteraan desa kita ini, dan saya melihat langsung situasi kehidupan masyarakat yang jauh dari kata sejahtera”, ujar Bupati Taput.

Tapi saya mengajak semua masyarakat desa Sibargot untuk tetap optimis dan bekerja keras mencapai kehidupan yang lebih layak”, ajak Nikson Nababan.  Ini menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk Pemkab Taput untuk memperhatikan kondisi kesejahteraan masyarakat desa ini.  Saya akan menginstruksikan jajaran saya, supaya bekerja lebih ekstra mengadakan pembangunan bagi desa ini sehingga masyarakat bisa menikmati kehidupan yang lebih layak. Untuk waktu secepatnya pembangunan jalan, Poskesdes, tenaga medis, Sekolah, Tenaga Pengajar dan penerangan akan dilaksanakan oleh Pemkab sebagai wujud keperdulian terhadap pembangunan kesejahteraan masyrakat desa ini”, lanjut Bupati.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian alat tulis kepada siswa SD Sibargot dan juga bantuan alat pembuatan POC kepada kelompok tani yang berada di desa itu.  Bupati Nikson Nababan juga melakukan peninjauan ke Pea ombun untuk melihat potensi perkebunan karet sekaligus meninjau jalan yang akan dibuka tembus ke perbatasan Kabupaten Labura. Kondisi medan yang berat tidak menyurutkan niat Bupati Nikson Nababan beserta rombongan untuk meninjau lokasi perkebunan kareta dan pembukaan akses jalan menuju Kabupaten Labura tersebut.

Ikut serta dalam kunker ini beberapa anggota DPRD Taput seperti Ronal Simanjuntak, Poltak Pakpahan, Sahat Sibarani, Rejeki Hutabarat, dan Ass. Ekbang Drs. Parsaoran Hutagalung, staf ahli Bupati, Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, Kadis Pertambangan, Kadis Kebersihan, Kadis Kehutanan, Kadis Kesehatan, Kaban Bappemas, Kadis Cipta Karya, Kakan Lingdup, Kakan Ketapang, Kabag Program, Kabag Kesra dan Kabag Humas dan Keprotokolan, Kapolsek Garoga, Danramil Garoga. Camat Garoga.

Photo liputan : 





Tidak ada komentar: