"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 15 Mei 2015

Bupati Taput : Prioritaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan menekankan perlunya pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing unggul tanpa melupakan pembangunan karakter (character Building). Hal itu disampaikan oleh Bupati Taput dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 di lapangan Serbaguna Tarutung, yang dihadiri oleh Siswa tingkat Paud, SD, SMP, SMU, PT yang berada di wilayah Tapanuli Utara serta seluruh unsur pendidikan.


Bupati Taput yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan mengatakan pembangunan sumber daya manusia yang berkarakter adalah kunci kemajuan bangsa Indonesia, untuk itu saat ini pemerintah mengajak semua elemen masyarakat agar terlibat dalam proses pendidikan Negara ini.  Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa, jangan mengikuti pola piker jaman kolonial yang hanya mengeksplorasi sumber daya alam tanpa perduli pada pembangunan kualitas manusianya. 

Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran para tokoh pendahulu kita untuk membangun sebuah bangsa yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika, yang berakarkan adat dan budaya nusantara, beralaskan semangat gotong royong tetapi mengedepankan dan menumbuhkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagai Negara Indonesia”,  ujar Bupati mengakhiri sambutan Mendikbud.

Lebih lanjut Bupati Taput menambahkan Pemkab Taput saat ini sesuai dengan visi misinya sebagai lumbung SDM berkualitas memprioritaskan Pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing di segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan tangga kehidupan menuju kehidupan yang lebih baik, untuk itu perlu dibangun kesadaran dan tanggungjawab semua pihak untuk member andil, pemerintah memfasilitasi, masyarakat harus merasa memiliki, dunia bisnis untuk lebih perduli dan LSM/ormas mengorganisasi”, ajak Nikson.

Pemkab saat ini membuat program kegiatan dibidang pendidikan seperti menambahkan insentif kepada tenaga pendidik yang berada di daerah tepencil dan sangat terpencil, pemerataan tenaga pengajar di tiap-tiap sekolah dan pembangunan fasilitas-fasilitas pendidikan.  

Bupati juga mengajak semua stakeholder khususnya pihak sekolah supaya menciptakan suasana belajar-mengajar layaknya konsep Ki Hajar Dewantara yakni “Konsep Taman” dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan siswa serta mengedepankan pembangunan karakter.  Pendidikan displin, meningkatkan etos kerja, meningkatkan daya inovasi guru, berakhlak, tanggap terhadap perubahan zaman dan teknologi merupakan kunci sukses revolusi mental di bidang pendidikan”, ujar Bupati Nikson. 

Bupati juga mengapreasi beberapa prestasi yang diraih generasi muda Taput tahun ini seperti Juara I Lomba Matematika Terapan tingkat Propinsi Sumatera Utara yang diraih Dian Y Situmorang siswa SMK Nahanson Parapat,  Juara I Tutor paket C Tumbur Harianja, Peringkat 3 perlombaan anak PAUD se-Propsu yang diraih PAUD Andesua, dan siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk 2015 sebanyak 340 orang. Kedepan kita harus lebih meningkatkan kualitas pendidikan agar Bonapasogit sebagai lumbung SDM berkualitas dapat kita capai”, ujar Nikson Nababan.


Perayaan Hardiknas tersebut dimeriahkan suguhan nyanyian anak-anak desa siandor-andor yang mendapat kursus gratis bahasa inggris dibawah binaan Torang Sinaga, Tortor oleh murid PAUD se-rura silindung.  Disamping itu juga disuguhkan drama teatrikal yang menggambarkan perjuangan dan kerja keras seorang ibu di bonapasogit untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan lebih tinggi, kisah yang sangat menyentuh hati hingga mendapat standing aplaus dari hadirin yang hadir.  

Hadir dalam perayaan hardiknas tersebut Wakil Bupati Taput Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si, para Uspida, Sekdakab Taput Edward R. Tampubolon, SE, Ass. Ekbang Drs, Parsaoran Hutagalung, para pimpinan SKPD, Dewan Pendidikan Taput dan Ormas/OKP.

Tidak ada komentar: