"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 18 Mei 2015

Bupati Taput Hadiri Regional Invesment Forum se-Sumatera tahun 2015

Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan didampingi Kepala Bappeda Taput Drs. Indra Simaremare, M.Si dan Kabag Perekonomian Fajar Meningsing Gultom menghadiri Regional Invesment Forum sekaligus Regional Potential Invesment Exibition yang diadakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI di Hotel J.W. Marriot, Medan Senin (18/5).  


Dalam pertemuan tersebut hadir Kepala BKPM RI Frengki Sibarani, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, para Gubernur se-sumatera, para walikota/Bupati se-sumatera, Investor potensial dari Negara Korea, Australia, China, Jepang, Yordania, Taiwan, Kadin dan para pengusaha potensial dari dalam negeri.   Acara yang direncanakan berlangsung tanggal 18-19 mei tersebut dibuka secara resmi dengan diawali pemukulan gong oleh Kepala BKPM RI Frengki Sibarani didampingi Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho, ST dan Wakil Gubsu H.T. Erry Nurradi.

Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho, ST dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan Regional Invesment Forum tersebut serta berharap kegiatan ini menjadi ajang menggali dan menginformasikan peluang potensi-potensi yang dimiliki daerah-daerah di Sumatera untuk ditawarkan kepada investor potensial baik dalam maupun luar negeri untuk mau menanamkan modal investasinya sehingga mampu mendongkrak peningkatan kemajuan pembangunan di daerah tersebut.

Sementara itu Kepala BKPM RI Frengki Sibarani dalam paparannya menyatakan kegiatan Gelar Potensi Daerah (Regional Invesment Forum) akan digelar dibeberapa daerah seperti Medan.  Alasan dipilihnya Medan karena Medan salah satu kota di Sumatera merupakan salah satu wilayah potensial bagi investor baik dalam maupun luar negeri untuk  menanamkan modalnya karena melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki baik perkebunan, pertanian, pertambangan, kelautan dan bidang sumber daya lainnya. Untuk  itu pihaknya berharap melalui forum ini pihak pemerintah baik propinsi maupun daerah berperan aktif  menggali potensi-potensi alam yang dimiliki daerah masing-masing untuk dipromosikan dan  ditawarkan kepada para investor sehingga nantinya tercipta iklim investasi yang baik.

Lebih lanjut Frengki Sibarani menambahkan perlunya pemerintah daerah berbenah diri serta berperan aktif untuk memikirkan strategi dalam menciptakan sumber-sumber pendapatan daerah masing-masing dengan menciptakan iklim investasi yang baik dan mendukung, karena pada umumnya selama ini banyak investor-investor enggan menanamkan nilai investasinya diakibatkan kurang baiknya dukungan pemerintah daerah seperti pengurusan ijin yang berbelit dan melalui proses yang lama.  Untuk itu ditekankan pemerintah propinsi dan daerah lebih membuka diri dengan kehadiran investor-investor yang diharapkan mampu mendukung percepatan pembangunan dan menjadi salah satu sumber PAD daerah.

“Saya berharap khususnya para Gubernur/Walikota/Bupati khususnya mampu memanfaatkan moment ini untuk menarik hati para investor, khusus untuk Sumatera banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi khususnya dibidang kelistrikan. Salah satu contoh yaitu pembangkit listrik Kuala Tanjung yang dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Presiden RI Jokowidodo,” ujar Frengki.

Dalam kegiatan gelar potensi daerah yang digelar dua hari tersebut tersebut Kepala BKPM didampingi Gubsu dan Wagubsu dan para kepala Daerah beserta calon investor meninjau stand yang memamerkan potensi-potensi yang dimilki tiap daerah se-sumatera seperti kerajinan, hasil pertambangan, perikanan, perkebunan dan potensi-potensi alam lainnya. Acara juga dirangkai dengan diskusi panel antara para calon investor dengan para narasumber diantaranya Anggota DPD RI Parlindungan Purba yang dipandu oleh presenter televisi swasta Leonard Samosir mendiskusikan tentang peluang-peluang investasi di kawasan Sumatera.

Tidak ada komentar: