"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Minggu, 11 Maret 2012

Bupati Tapanuli Utara Ajak Siswa Hindari dan Perangi Narkoba

Bupati Torang Lumbantobing salami orangtua
Sabtu 10 Maret 2012 Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam acara Temu Pendidikan di Kecamatan Purbatua dan Kecamatan Simangumban ajak seluruh siswa menjauhi dan memerangi narkoba.

Temu Pendidikan di Kecamatan Purbatua

Bertempat di Desa Siunggas tepatnya di kampus SMP Negeri 2 Purbatua  seluruh siswa SMP Kelas IX bersama orang tua siswa dan Komite Sekolah serta para guru pengajar dari tiga SMP se-Kecamatan Purbatua dihimpun dalam rangka pemberangkatan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 pada April yang akan datang.

Mengawali acara temu pendidikan ini, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Joskar, MPd dalam laporan menyebutkan bahwa acara ini dilakukan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional, dan merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa pada tahun sebelumnya.

Sebelum pemberangkatan didahului dengan penyampaian laporan dari Kepala Sekolah tentang upaya yang telah dilakukan mempersiapkan para sisa Kelas IX di sekolah masing-masing.

Secara umum para Kepala Sekolah telah melakukan persiapan ujian dengan memberikan tambahan jam belajar sore sejak Januari hingga Maret 2012, menyelenggarakan Uji Coba (Try Out) Ujian Nasional sebanyak tiga sampai empat kali.

Selain menyampaikan laporan persiapan ujian, para Kepala Sekolah juga mengajukan permohonan kepada Bupati Tapanuli Utara antara lain :


  1. penambahan ruang belajar, ruang tata Usaha, ruang kerja Kepala Sekolah;
  2. penyediaan dan/atau penambahan laboratorium baik IPA, Bahasa, Komputer dan lainnya;
  3. penyediaan sarana komputer dan sarana pendukung;
  4. penambahan dan penggantian mobiler;
  5. penambahan buku-buku kepustakaan;
Siswa dan Komite Sekolah sampaikan aspirasi
Sementara dari unsur orang tua yang diwakili oleh Komite Sekolah dalam pernyataannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memberikan kepedulian untuk pembangunan dibidang pendidikan, sekaligus mengajukan permohonan “pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)”, sehingga diharapkan tamatan SMP dari Kecamatan Purbatua tidak harus keluar ke kecamatan lainnya apabila hendak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu Komite Sekolah juga mengharapkan terselenggaranya penerimaan CPNS di Tapanuli Utara, sehingga kekurangan guru di Kecamatan Purbatua khususnya dapat tertanggulangi, dan apabila hal itu belum dapat terpenuhi diharapkan dilakukannya pemerataan guru bidang study dengan memperhatikan “faktor keharusan penyediaan” guru pengajar bidang study di setiap tingkatan pendidikan, sedemikian upaya peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Purbatua dapat lebih dimaksimalkan.

Nirhon Sibarani dari Desa Hutanagodang sebagai perwakilan orang tua siswa mengharapkan perhatian dan aksi konkrit dari Pemerintah Daerah untuk melakukan rehab jembatan agar akses perlalulintasan dapat terselenggara dengan lancar.  Turut pula dimohonkan kiranya Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan permodalan kepada masyarakat untuk pengolahan lahan-lahan yang belum produktif, karena masyarakat Purbatua yang dominan sebagai petani sawah dan kebun belum memiliki dana yang cukup untuk pembukaan dan pengolahan dan pertanaman di lahan-lahan tidur.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing yang menerima pernyataan dan permohonan ini dalam arahan dan bimbingan serta mengakhiri pertemuan, menyatakan bahwa kesemua permohonan tersebut akan dijadikan rencana agenda kerja Pemerintah Daerah, terlebih dengan kehadiran anggota DPRD Tapanuli Utara pada acara, sehingga dukungan Dewan untuk menjadikannya sebagai kegiatan pada APBD yang akan datang akan dapat diperoleh.


Temu Pendidikan di Kecamatan Simangumban

Segera setelah mengakhiri dan meninggalkan acara di Purbatua rombongan Bupati Tapanuli Utara bergerak menuju Kecamatan Simangumban, tepatnya menuju Desa Sipetang ke kampus SMA Negeri 1 Simangumban, dimana acara yang sama akan dilakukan.

Di kampus ini telah menunggu para siswa Kelas IX SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 serta siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Simangumban bersama dengan orangtua, Komite Sekolah, para guru masing-masing sekolah.

Perwakilan Komite sekolah dan siswa di Simangumban dalam pernyataan dan permohonan kepada Pemerintah Daerah menyatakan kepada Bupati antara lain :
  1. agar gedung/ruang kelas yang rusak akibat gempa bumi Juni 2011 yang lalu dan belum diperbaiki kiranya dapat diperbaiki agar dapat dipergunakan untuk keperluan belajar, karena kondisinya masih mengkhawatirkan;
  2. agar kuota pemberian bea siswa miskin dapat ditambah;
  3. agar bea siswa khususnya untuk siswa berprestasi dapat diadakan;
  4. agar kepada sekolah dapat diberikan peralatan seni termasuk sarana drumband;
  5. sarana listrik di SMP Negeri 2 belum tersedia, kiranya dapat diadakan untuk penggunaan sarana teknologi dalam proses pembelajaran.

Menanggapi pernyataan, pertanyaan dan saran baik dari siswa, Komite Sekolah dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Simangumban ini, Bupati Tapanuli Utara dalam arahan, bimbingan serta pernyataan penutupnya menyatakan akan memperhatikan selalu kebutuhan pendidikan di Kecamatan Simangumban, dan permintaan kelengkapan sarana dimaksud akan dijadikan rencana agenda kegiatan di hari kemudian.

Pada kedua acara temu pendidikian dalam rangka pemberangkatan siswa mengikuti Ujian Nasional ini, Bupati Tapanuli Utara memberikan pesan-pesan khusus baik kepada siswa, manajemen sekolah, Komite Sekolah, dan orang tua siswa, antara lain :
  1. agar sekolah tetap berupaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masng-masing;
  2. agar masing-masing siswa berlomba dan meningkatkan pengetahuannya, dan bukan sekedar mengejar ijajah;
  3. agar setiap orang siswa tidak tergoda dan memastikan diri tidak akan pernah mengkonsumsi narkoba, melakukan perbuatan anarkis;
  4. mengajak seluruh orangtua tidak bosan-bosannya menanamkan budi pekerti di keluarga kepada anak-anak, karena kesemua pendidikan berawal di tengah-tengah keluarga, sedangkan sekolah hanya memiliki waktu yang sedikit bersama dengan anak atau siswa;

Anggota DPRD Tapanuli Utara yang turut hadir pada acara temu pendidikan ini adalah Jonggi Lumbantobing, Sanggam Lumbantobing, dan Bangun Lumbantobing.

Ditengah dan diakhir acara Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing memnyumbangkan lagu khusus untuk para siswa yang menggambarkan kecintaan dan harapan serta doa untuk anak-anak dalam menapaki dan bergelut menempuh perjalanan kehidupan.

Photo-photo liputan di Kecamatan Purbatua :



Photo-photo liputan di Kecamatan Simangumban :

Posting Komentar