"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 05 Maret 2012

MPLIK Hinggap Di Kampus SMP Negeri 1 Adiankoting

Siswa SMPN1 Adiankoting photo bersama
Senin 5 Maret 2012 MPLIK meluncur dari Tarutung menuju Kecamatan Adiankoting tepatnya ke Desa Pansurbatu untuk mengunjungi kampus SMP Negeri 1 Adiankoting.



Saat MPLIK tiba di kampus SMP ini, para murid dan guru masih sedang menyelenggarakan upacara sebagaimana setiap harinya, sedemikian perhitungan Tim MPLIK selalu tiba tepat waktu disetiap kunjungan ke kampus-kampus sekolah masih dapat dipertahankan untuk mencapai target minimal pelayanan pemberian bimbingan dan interaksi teknologi informasi dan komunikasi kepada para siswa.

Diterima Kepala SMP Negeri 1 Adiankoting bersama para guru pengajar, setelah memberikan penjelasan singkat tentang metoda pelaksanaan pelayanan, dan setelah Tim menyelesaikan pointing antenna dan mempersiapkan peralatan lainnya, para siswa mulai diperkenankan memulai aktifitas dengan terlebih dahulu mendapatkan arahan singkat dari para guru pendamping yang dihunjuk sekolah ini.

Kepala SMP Negeri 1 Adiankoting Rampong Lumbantoruan dalam kesempatan awal, kepada media ini menjelaskan bahwa dalam perjalanan aktifitas sekolah selama ini diperoleh kenyataan, yaitu minimnya peralatan komputer yang tersedia untuk mendukung proses belajar mengajar khususnya untuk memberhasilkan mata pelajaran bidang teknologi komputer.  Unit komputer yang tersedia hanya sebanyak 4 (empat) unit, dan baru akhir tahun 2011 yang lalu tersedia.

Ibu Aritonang selaku pengajar teknologi informasi dan computer di sekolah ini membenarkan pernyataan Kepala Sekolah, dinyatakan bahwa selaku guru pengajar TIK sungguh-sungguh mengalami kesulitan khususnya untuk mengenalkan perangkat keras computer, perangkat lunak dan lainnya, termasuk belum tersedianya sarana internet sebagai sarana pendukung untuk kegiatan pengayaan materi pelajaran baik untuk kepentingan para guru pun untuk para siswa.

Lebih lanjut ibu Aritonang menjelaskan, bahwa di desa Pansurbatu tidak tersedia sarana jaringan telepon PSTN, sementara jaringan selular yang ada hanya milik provider Telkomsel (Simpati dan As), yang mana ketersediaan jaringan di area sekolah kurang mencukupi untuk penggunaan modem.

Para guru dan siswa yang dimintai keterangan oleh media ini mengharapkan perhatian Pemerintah Daerah pun para pemerhati pendidikan lainnya dapat memberikan bantuan atau fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk dan guna tertingkatnya mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Adiankoting di masa mendatang.

Dari pengamatan media ini di lokasi layanan MPLIK, ditemu kenali bahwa para siswa sekolah ini masih sangat minim pengetahuannya tentang dunia computer dan dunia internet, namun demikian tidak menyurutkan semangat dan niat mereka untuk berselancar di dunia maya dan memahami lebih dari yang sudah pernah didengar dari berbagai sumber tentang manfaat teknologi internet, khususnya mendukung pendidikan mereka.

Diakhir pertemuan, para siswa dan guru di sekolah ini bagaikan dikomando, menyampaikan harapan kepada Tim MPLIk agar MPLIK dapat hadir segera di sekolah mereka, karena kehadiran berikutnya akan semakin mematangkan dan meningkatkan pemahaman TIK bagi mereka.

Kabid Informatika Dishubkominfo Tapanuli Utara Giotto Sormin, menanggapi aspirasi guru dan siswa ini menyatakan bangga atas apa yang telah ditunjukkan para siswa, dan berjanji akan hadir kembali di sekolah pada kesempatan berikutnya setelah seluruh sekolah tingkat SMP, SMA dan SMK tuntas dikunjungi MPLIK, sedang hal kelengkapan sarana komputer dan internet akan diteruskan kepada pimpinan untuk mendapat tanggapan.

Photo-photo liputan :

Posting Komentar