"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 24 Maret 2012

Bupati Taput Lepas Siswa SMP dan SMA/SMK se-kec. Sipahutar Menghadapi Ujian Nasional 2012

Photo bersama Bupati dengan siswa SMAN1 Sipahutar
Sabtu 24 Maret 2012 bertempat di kampus SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Sipahutar Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing bersama dengan para pimpinan SKPD Kabupaten Tapanuli Utara dan dihadiri segenap Guru, Komite Sekolah dan Para orang tua menyelenggarakan acara pemberangkatan siswa SMP Kelas IX dan SMA/SMK Kelas XII se-Kecamatan Sipahutar.

Diawali dengan laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Joskar, adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan acara pemberangkatan siswa ini adalah untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi para siswa Kelas IX dan XII se-Kecamatan Sipahutar dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasiona yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Para Kepala Sekolah se-Kecamatan Sipahutar dalam kesempatan penyampaian laporan persiapan menghadapi pelaksanaan ujian nasiona di masing-masing seklah menyebutkan bahwa setiap sekolah telah mulai mempersiapkan para siswa dengan cara :

  1. Menyelenggarakan belajar tambahan sore hari semenjak Januari hingga sekarang;
  2. Menyelenggarakan simulasi (try out) ujian nasional;

Dari laporan para Kepala Sekolah adapun jumlah siswa peserta ujian nasional tahun 2011/2012 adalah :
  1. SMP Negeri 1 Sipahutar sebanyak : 263 orang
  2. SMP Negeri 2 Sipahutar sebanyak : 87 orang
  3. SMP Negeri 3 Sipahutar sebanyak : 39 orang
  4. SMP Negeri 4 Sipahutar sebanyak : 118 orang
  5. SMP Negeri 5 Sipahutar sebanyak : 66 orang
  6. SMP Swasta HKBP Sipahutar sebanyak : 64 orang
  7. SMA Negeri 1 Sipahutar sebanyak : 118 orang
  8. SMK Swasta HKI Sipahutar sebanyak : -- orang
  9. SMK Swasta Budi Mulia Sipahutar sebanyak : 46 orang

Masih dalam laporan para Kepala Sekolah, dapat diketahui berbagai fasilitasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten pada masa kepemimpinan Bupati Tapanuli Utara sekarang (Torang Lumbantobing) dalam menunjang dan emberhasilkan pendidikan di setiap sekolah se-Kecamatan Sipahutar, seperti :
Pemberian peralatan komputer (PC), laptop,  buku perpustakaan, rehab ruang kelas, pembangunan ruang Kepala Sekolah dan alat seni.

Selain menyampaikan tingkat keberhasilan yang dicapai dan fasilitas yang diterima, para Kepala Sekolah yang diperkuat oleh Komite Sekolah masing-masing sekolah dan begitupun dengan spontanitas para siswa yang diberi kesempatan menyampaikan pikiran, saran dan permohonan kepaa Bupati, teridentifikasi masih terdapat beberapa hal sebagai sarana wajib dan pendukung yang masih kurang proses pembelajaran pada setiap sekolah, antara lain :
  1. Kekurangan guru bidang study, bahkan masih terdapat sekolah dengan guru PNS sebanyak 6 orang saja;
  2. Kekurangan ruang kelas (akibat ruang kelas sudah rusak perlu rehab);
  3. Belum tersedianya ruang guru, dan ruang Kepala Sekolah;
  4. Belum tersedianya sarana olah raga;
  5. Belum tersedianya peralatan drumband;
  6. Kondisi jalan masuk ke sekolah dari tanah liat atau sudah kupak-kapik.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam arahan dan bimbingan sekaligus menjawab berbagai permohonan dan saran tindak dari para Komite Sekolah dan Siswa menyampaikan seperti :
  1. Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dengan Bupati dimasa kepemimpinan periode kedua saat ini akan setia merespon dan berusaha memenuhi aspirasi dimaksud;
  2. Tahun 2012 ini akan diberikan bantuan fasilitas unit drumband kepada SMA Negeri 1 Sipahutar;
  3. Jalan menuju ke SMP Negeri 4 akan dibuat perkerasan;
  4. kepada siswa yang ekonomi keluarganya lemah akan difasilitas Bea siswa melanjut ke PTN.

Hal yang ditekankan oleh Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam pertemuan kali ini, yakni :
  1. agar seluruh warga Kecamatan Sipahutar peduli dengan serius kepada peningkatan ekonomi rumah tangga masing-masing, karena hanya dengan itulah akan dapat dilakukan upaya menyekolahkan anak-anak ke sekolah dan jenjang yang lebih tinggi;
  2. agar seluruh warga Kecamatan Sipahutar peduli dengan serius kepada peningkatan mutu pendidikan anak-anaknya, dengan cara peduli kepada keseharian pelajaran anak di sekolah dan menemani anak saat belajar di malam hari;
  3. menghimbau seluruh siswa Kecamatan Sipahutar agar menjauhkan diri dari hanya mengejar selembar ijazah, melainkan harus mengejar ilmu pengetahuan dan memiliki budi pekerti yang baik, karena untuk membangun tidak cukup hanya dengan memiliki pengetahuan akademik semata;
  4. meminta seluruh siswa Kecamatan Sipahutar agar menjauhkan diri dari minuman keras, menghisap rokok, mengkonsumsi  narkoba, meninggalkan ruang kelas pada jam ajar;

Dalam kesempatan acara ini untuk memotivasi para siswa, Bupati Torang Lumbantobing membawakan sebuah lagu dalam bahasa daerah yang pada intinya menggambarkan bagaimana setiap rang tua di  Tanah Batak begitu besar kepeduliannya dan keinginannya untuk menghantarkan anak-anaknya kepada kemajuan di masa depan dengan tidak mempedulikan embun pagi, panas hari dan hujan dikesehariannya di lading dan di sawah hanya dan untuk pendidikan anak-anaknya.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara asal Kecamatan Sipahutar yng turut hadir dalam acara ini, Ronald SImanjuntak dan Hilman Silitonga dalam kesempatan didaulat memberikan arahan dan bimbingan menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten sungguh suatu bentuk kepedulian yang sangat tinggi dari seorang Bupati Tapanuli Utara bersama jajarannya hanya dan untuk membangun bumi Tapanuli Utara dalam berbagai segi.  Selain itu turut diharapkan kiranya pembangunan yang telah dilakukan hingga tahun lalu dapat terus dilanjutkan di Tahun 2012 ini dan seterusnya.

Ada hal menarik yang patut disimak dari apa yang dilontarkan oleh Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing pada kesempatan kali ini, yaitu :
  1. “Menjadi Bupati adalah merupakan beban yang berat, oleh karena itu sangat diharapkan kiranya dimasa nanti jangan pernah memilih seorang calon Bupati yang mengandalkan pemberian uang (money politic), karena hal itu akan menidakkan apa yang menjadi harapan dari masyarakat pemilihnya”;
  2. “Untuk membangun Tapanuli Utara, tidak mungkin membiarkan pemerintah melakukannya sendirian, sebaliknya segenap warga masyarakat harus bergandengan bersama-sama dengan pemerintah, Pemerintah hanya dapat memfasilitasi”;
  3. “terimakasih yang besar kepada seluruh warga se-Kecamatan Sipahutar, dimana pada pelaksanaan Pilkada Ulang Tapanuli Utara dimasa lalu, respon warga pemilih Kecamatan Sipahutar sangat tinggi untuk mendukung kepemimpinan Bupati sekarang mempimpin Tapanuli Utara untuk kedua kalinya”.

Photo-photo liputan :


Tidak ada komentar: