"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 27 Maret 2012

Bupati Tapanuli Utara Ingatkan : "Sala Mandasor, Sega Luhutan"

"Tidak Benar Bupati TapanuliUtara Tidak Peduli Kepada Kecamatan Muara"

Haru dan iba ibu ini tak terbendung mendengarkan
Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing
 menyanyikan lagu "Anakhonhu"
Senin 26 Maret 2012 Bupati Tapanuli Utara bersama unsur Pimpinan SKPD dengan mengambil tempat di kampus SMK Negeri 1 Muara dan kampus SMANegeri 1 Muara mengajak semua guru, orang tua siswa dan Kmite Sekolah melambungkan doa pujian dan pengharapan untuk kelulusan siswa Kelas IXSMP dan Kelas XII SMA/SMK se-Kecamatan Muara.


Diawali dengan laporan para Kepala Sekolah se-Kecamatan Muara yang melaporkan penyelenggaraan pendidikan dan prestasi yang draih di masing-masing sekolah juga dilaporkan upaya-upaya yang telah dilakukan guna mempersiapkan para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional pada tahun ajaran 2011/2012.

Kepala SMK Negeri 1 Muara Ricardo Silalahi, S.Pd, Kepala  SMA Negeri 1 Muara Lamganda H. Siregar, S.P,  Kepala  SMP Negeri 1 Muara  Siregar, S.Pd, Kepala  SMP Negeri 2 Muara Junus Sihombing, S.Pd, Kepala  SMP Negeri 3 Muara Jentrio Harianja, S.Pd dan Kepala  SMP Negeri 4 Muara J. Martohap Lumbantobing, S.Pd dalam paparan singkat atas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing sekolah sekaligus menyampaikan usulan atau permohonan antara lain :
  1. dukungan Bupati kepada para siswa yang akan mengikuti magang (PSG) diberbagai tempat;
  2. pembuatan pagar keliling sekolah, hal ini penting mengingat SMK Negeri 1 Muara berada pada jalur lalu lintas dan menghindarkan para siswa dari kemungkinan kecelakaan dan meninggalkan kampus pada jam belajar;
  3. penyediaan alat alat laboratorium IPA
  4. rehab gedung/ruang kelas
  5. bahwa siswa pada SMPNegeri 3 didominasi oleh pelajar dari Kabupaten Humbang Hasundutan, hal itu dikarenakan semakin tertingkatkannya mutu pendidikan di SMPNegeri 3 Muara;
  6. untuk menjamin ketertiban pada penyelenggaraan proses belajar mengajar selama jam ajar, sekeliling sekolah perlu dibangun pagar yang permanen;
  7. perlu disediakan ruangan untuk laboratorium komputer, 
  8. laboratorium IPA  perlu direhab;
  9. agar disediakan kederaan air yang dapat memobilisasi para guru dan para siswa ke dan dari Pulau Sibandang.
Sementara itu, Komite Sekolah yang mewakili segenap orangtua siswa pada kesempatan ini menyambut baik dan bangga atas kepedulian Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing kepada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten TapanuliUtara, khususnya ke Kecamatan Muara, namun demikian perhatian dan pelaksanaan pembangunan yang telah dilakukan selama ini kiranya dapat dilanjutkan dan lebih diperbanyak lagi.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing pada pemberian arahan dan bimbingan, kepada para orangtua dan komite sekolah menghimbau agar paa orangtua tiak hanya sekadar menampakkan semangat untuk menyekolahkan anak-anaknya melainkan juga harus dibarengi oleh kepedulian yang tinggi kepada proses keberlangsungan pendidikan anak, sembari mengingatkan bahwa dimasa sekarang sangat banyak yang patut dikhawatirkan ditandai dengan semakin tingginya kerusakan mental atau budi pekerti generasi muda saat ini, sedemikian maka sejak dini perlu dibangun karakter dan jati diri anak dengan harapan ke depan mampu terbangun baik dari sisi penguasaan penetahuan pun akhlak atau budi pekerti.

Dikesempatan ini Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing menegaskan kepada penduduk se-Kecamatan Muara, bahwa Bupati tidak akan pernah meninggalkan Kecamatan Muara dalam proses pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara, karena Muara adalah bahagian tak terpisahkan dari Kabupaten Tapanuli Utara. , "kami tidak ada diskriminasi selama kami menjadi "Parhobas", harapan kami Muara harus dapat diwujudkan menjadi daerah tujuan wisata, karena Muara layak dan patut mendapatkan predikat itu", bahkan dari sekian pejabat di pemerintahan, terdapat 4-5 lima orang sebagai pimpinan SKPD yang berasal dari Kecamatan Muara.

Menyoal pembangunan ekonomi rumah tangga, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing menyerukan "Parhaseang Tingki".  Hal itu diungkapkan Bupati dengan menyadari akan keindahan dan kesuburuan tanah Bona Pasogit, terlebih Kecamatan Muara.  Bupati mengajak segenap warga agar semakin produktif dalam berusaha diberbagai sektor pembangunan selain itu kembali menegaskan peran pemerintah dalam kegiatan pembangunan yakni sebagai "fasilitator", sedangkan pelaku langsung adalah masyarakat itu sendiri.

Kepada para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing menaruh harapan besar akan dapat berhasil dan lulus 100% pada UN yang akan datang.  Sembari membawakan sebuah lagu "Anakhonhu", yang mengundang isak tangis beberapa orang tua siswa, Bupati menegaskan tentang apa yang menjadi harapan atau cita-cita setiap orang tua siswa yakni keberhasilan anak di masa mendatang, dan untuk itu harus dapat meraih predikat "orang pintar yang memiliki pengetahuan dan berbudi pekerti yang baik" seraya menegaskan bahwa ke sekolah bukanlah sekedar memperoleh Ijazah melainkan sekaligus membangun karakter terbaik.

Dalam kesempatan ini Bupati Tapanuli Utara menggarisbawahi :"Sala Mandasor, Sega Luhutan" yang artinya jika dimasa muda telah salah maka kelak kemudian akan sulit untuk bangun kembali.  Hal ini diungkapkan Bupati dalam menghimbau para siswa agar mau dan mampu menertibkan diri sendiri dengan cara menghindarkan diri dari merusak diri sendiri karena merokok, mengkonsumsi narkoba dan sejenisnya serta ketidakpedulian kepada orangtua sendiri.

Sementara itu Anggota DPRD asal Kecamatan Muara yang hadir dalam kesempatan ini Jhonson Siregar dan Lamser Sianturi pada penyampaian arahan dan bimbingan menyatakan pengharapan kiranya kepedulian yang telah ditunjukkan Bupati selama ini dalam pembangunan pendidikan akan tetap berkelanjutan dan harapan atau usulan yang telah disampaikan para Kepala Sekolah dapat diwujudkan nantinya.

Turut hadir dalam pertemuan ini Camat dan Kapolsek dan Koramil Kecamatan Muara dan para insan pers dari berbagai terbitan.

Photo-photo liputan :


Tidak ada komentar: