"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 05 Oktober 2015

Bupati Nikson Nababan Inspektur Upacara Hari Jadi Ke-70 Taput

Senin, 5 Oktober 2015.  Upacara puncak Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara dengan Inspektur Upacara Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan dilaksanakan di lapangan Serbaguna Tarutung, dengan Komandan Upacara oleh Kapt. ARH. Guntur Sebayang Danramil Tarutung dan Perwira Upacara AKP. Lamin dari Kabag Ren.

Peserta yang menghadiri upacara berasal dari Kodim 0210 - TU, A Yonif 123/RW, Polres Tap. Utara, Kesbang dan Linmas Tap. Utara, Camat se-Kab Taput, KORPRI, AKBID, AKPER, STAKN Tarutung, Unita.

Tamu dan undangan dalam upacara ini : Mantan Bupati Taput, Mantan Wakil Bupati Kab. Taput, Mantan Sekda Kab Taput, Mantan Ketua DPRD Kab. Taput. Pimpinan dan anggota DPRD Tap. Utara, Perantau dari Bonapasogit dan Kepala Badan / Kepala Dinas / Kepala Kantor se-Kab Taput.

Diawali dengan Pembacaan sejarah singkat Kabupaten Tapanuli Utara oleh Kabag Pemerintahan Setdakab. Taput Darma Nababan, dilanjutkan sambutan Bupati selaku inspektur upacara.

"Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara yang kita laksanakan saat ini memiliki makna bahwa dengan memahami sejarah, akan menanamkan etos perjuangan bagi generasi-generasi berikutnya. Perjuangan yang kita tempuh muaranya adalah masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara yang maju, sejahtera dan bermartabat", sebut Bupati. 

Selanjutnya Bupati mengatakan, "Peringatan hari jadi kab. Taput yang dilaksakan hari ini hakekatnya merupakan bentuk rasa syukur terhadap perjalanan pemerintahan kab. Taput sejak berdiri tanggal 5 Oktober 1945 hingga saat ini 5 Oktober 2015. Momentum ini sekaligus apresiasi bagi para pelaku pembangunan Kab. Taput yang telah berprestasi dalam bidang masing-masing sebagai bentuk kontribusi nyata masyarakat Kab. Taput yang memiliki keunggulan kualitatif, komparatif dan kompetitif serta bercita-cita ke depan Kab. Taput mampu bersaing dengan daerah termaju di Indonesia".

Setelah seluruh prosesi upacara dilakukan, acara dilanjutkan dengan penyerahan Mandari Awards kepada siswa berprestasi dan penyerahan cendramata Ulos kepada mantan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan Sekda.

Devile Kecamatan

Telah menjadi tradisi pada setiap pelaksanaan Hari Jadi Taput, 15 Kecamatan dan Kelompok Tani yang telah menerima bantuan dari Pemerintah Tapanuli Utara se-Taput melakukan devile membawa hasil produksi terbaik dari tanah mereka yang diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara, dan didampingi masing-masing Camat, Kapolsek, Danramil, para Kepala Desa, Guru, dan Kelompok Tani.

Tahun ini hasil bumi yang dibawakan masing-masing kecamatan  dan Kelompok Tani adalah :

  1. Kecamatan Tarutung (Camat: Drs. Anas Hasintongan Siagian);  berupa Nenas, Kacang Sihobuk, Cabai Merah, dan Sayur Mayur.
  2. Kecamatan Adiankoting (Camat: Drs. Bernat Aruan); berupa Jagung, Tuak, dan aneka buah-buahan seperti Manggis, Salak, dan Pisang.
  3. Kecamatan Siatas Barita (Camat: Dra. Betty Saurmaida Sitorus, M.AP);  berupa Cabai Merah, Lemang, Jagung, dan aneka buah seperti Jeruk, dan Nenas.
  4. Kecamatan Pahae Julu (Camat: Hudson Jones Siagian, S.Sos);  berupa Coklat, Jagung, Durian, Pete, Pinang, Kacang Tanah, dan Jengkol.
  5. Kecamatan Purba Tua (Camat: Drs.Konstan Panjaitan); berupa Pinang, Pete, Kacang Tanah, Kacang Panjang, Coklat, dan Pisang.
  6. Kecamatan Pahae Jae (Camat: Tutur Pahala Tua Simanjuntak, S.Sos); berupa Lemang, Pete, Ikan Sale, Terung, Durian, Coklat, Kelapa, Pisang, Tuak, dan Ikan mas.
  7. Kecamatan Simangumban (Camat: Renhard Doharta Lumbantobing, S.Sos);  berupa Kelapa, Coklat, Kelapa Sawit, Pisang Kepok, Pete, Salak, dan Keripik Ubi Kayu.
  8. Kecamatan Sipahutar (Camat: Mercy Parange Tamba, S.STP, M.Si);  berupa Nenas, Kopi, Cabai Rawit, Cabai Merah, Andaliman, Jagung, dan Ubi Kayu.
  9. Kecamatan Pangaribuan (Camat: Drs. Rapiddin Sormin);  berupa Nenas, Jagung, Jambu Biji, Tomat, Cabai Rawit, Cabai Merah, dan Terong Belanda.
  10. Kecamatan Garoga (Camat: Josua P. Situmeang, SSTP, MSP);  berupa Gula Aren, jagung, pete, pisang, dan aneka buah seperti durian dan nangka.
  11. Kecamatan Sipoholon (Camat: David A. M. Nainggolan, S.STP).   berupa Kacang Tanah, Telur Bebek, aneka makanan seperti Kerupuk Piar-piar, Cendol, dan hasil kerajinan yaitu Gitar. 
  12. Kecamatan Pagaran (Camat: Hatoguan Nababan, BA);  berupa Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar Ungu, Cabai Merah, Tomat, Pisang, dan aneka sayur-mayur.
  13. Kecamatan Parmonangan (Camat: Donny Raymond Simamora, S.IP);  berupa Kopi, Ubi Jalar Ungu, Cabai Merah, Pete, Jengkol, aneka buah seperti Alpukat, Terong Belanda, dan hasil kerajinan       sapu ijuk.
  14. Kecamatan Muara (Camat: Ronal Silitonga, S.Sos);  berupa Bawang Merah, Jagung, Pete, Jengkol, Wortel, Cabai Merah, Telur Bebek, Ikan Mujair, Daun  Bawang, dan aneka buah-buahan seperti Alpukat, Pisang, Sirsak.
  15. Kecamatan Siborong-borong (Camat: Eduard Sitorus, AP);  berupa Cabai Merah, Daun Bawang, Ikan Mas, Ubi Kayu terbesar, Tomat, Jagung beserta pohonnya, aneka sayuran seperti Buncis, Terung,  1 set alat musik Tagading hasil kerajinan tangan Lembaga Kemasyarakatan Siborong-   borong.
  16. Kelompok Tani penerima Bantuan Pemerintah membawa hasil tani yang berupa nenas dan ubi kayu terbesar (Pohon Tonga)

Totor Kolosal

Menyemarakkan acara ini sekitar 700 orang pelajar se-Kabupaten Tapanuli Utara mempersembahkan Tortor disaksikan seluruh peserta yang hadir di lapangan ini.  Para penortor membawakan tortor secara berpasang-pasangan. Dengan mengenakan pakaian adat khas Tapanuli Utara Panortor menggerakkan tangan dan anggota tubuh mengikuti alunan musik khas Tapanuli Utara dengan telaten lebih kurang setengah jam.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Acara Makan Siang Bersama seluruh peserta upacara.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: