"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 30 Oktober 2015

Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara

Jumat, 30 Oktober 2015.  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pendidikan Tapanuli Utara menggelar kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk tingkat kabupaten yang diadakan di Gedung Serbaguna Tarutung.


Gebyar PAUD ini diikuti oleh anak-anak dari Kelompok Bermain dan TK Se-Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu 20 orang peserta per kecamatan.

"Inilah kegiatan Gebyar PAUD yang pertama sekali dilaksanakan di Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan ini adalah salah satu wujud dari cita-cita Kab. Taput menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang sangat tepat kita mulai dari usia dini yang dikenal dengan GOLDEN AGE, usia emas untuk mendidik anak," ucap Bunda PAUD Kabupaten Tapanuli Utara Ny. Satika Nikson Nababan dalam kata sambutannya.

"Kita harus dapat melihat apa yang menjadi sasaran kegiatan ini. Kita menginginkan anak-anak didik PAUD di Kab. Taput harus semakin 'berkarakter, sehat, cerdas, dan ceria'.  Lomba-lomba yang kita laksanakan menjadi wadah bagi peserta didik PAUD untuk mengasah anak-anak di bidang kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan naturalis, kecerdasan musikal melalui lomba-lomba yang akan dilaksanakan hari ini," ujarnya.

Bunda PAUD Kab. Taput juga mengatakan, "Kita harus semakin bergandengan tangan mendukung pendidikan anak usia dini di daerah kita ini dengan cara mengajak para orang tua yang memiliki anak usia prasekolah untuk mengikuti pendidikan di PAUD TK maupun PAUD Kelompok Bermain karena PAUD merupakan wadah pembentukan karakter yang mulia bagi anak-anak kita serta persiapan memasuki Sekolah Dasar".

Sekretaris Dinas Pendidikan Taput Irwan Hutabarat, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa  Gebyar Tingkat Kabupaten Taput ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui lomba-lomba tingkat Taman Kanak Kanak dan Kelompok Bermain.

Gebyar PAUD ini diisi 4 jenis lomba, yakni Lomba Menggambar, Lomba Fashion Show, Lomba Menancapkan Bendera dan Lomba Manortor.  Lomba Menancapkan Bendera diadakan di Lapangan Serbaguna, sedangkan lomba lainnya di dalam Gedung Serbaguna Tarutung.

Juri untuk lomba menancapkan bendera adalah Sahala L. Tobing (Penyelenggara PAUD Nomensen). Juri lomba fashion show adalah Tumbur Harianja (Sekretaris HIMPAUDI). Juri lomba menggambar adalah Erikson Lumbantobing (Penyelenggara PAUD ANDESWA). Juri Lomba Tortor adalah Osda Situmorang (Gurus SMP N 4 Tarutung) dan Marida Silaban (Guru SMP N 2 Tarutung).

Dalam lomba Menancapkan bendera, penilaian berdasarkan jumlah bendera yang berhasil ditancapkan oleh para peserta, dengan cara anak didik menjemput bendera sebanyak-banyaknya dari guru pendamping lalu menuju tempat yang disediakan untuk menancapkan bendera. Di lomba ini terlihat sifat asli dari anak peserta PAUD karena pada lomba ini anak-anak terlihat ceria, tertawa pada saat berlari mengambil bendera dan menangis ketika terjatuh.

Penilaian Lomba Fashion show berdasarkan kesesuaian gerak, ekspresi yang ditampilkan dan kostum yang digunakan oleh peserta. Lomba Tortor dinilai berdasarkan kreativitas, harmonisasi, kekompakan, kostum dan ekspresi. Sedangkan lomba menggambar dinilai berdasarkan kreativitas gambar dan warna yang ditunjukkan oleh peserta dalam gambarnya.

Setelah lomba selesai dilaksanakan, diadakan pemberian bantuan permainan edukatif dari Bunda PAUD kepada sejumlah PAUD yang terdapat di kabupaten Tapanuli Utara seperti PAUD Mika, PAUD Malona, PAUD MATAHARI, PAUD ELSHADAI, PAUD Bina Kasih, PAUD Tunas Harapan, PAUD Anggur, PAUD Tunas Bangsa, PAUD Cinta Damai, PAUD Cermin, PAUD Tunas Bangsa Pahae Jae, PAUD Indah Banuaji.

Sebelum acara ditutup, juri lomba tortor Osda Situmorang (Guru SMP N 4) mewakili dewan juri mengumumkan pemenang untuk keseluruhan lomba yaitu :

Lomba Tortor
Juara I :  PAUD Kec. Sipoholon
Juara II : PAUD Kec. Tarutung
Juara III : PAUD Kec. Siatasbarita

Lomba Menggambar
Juara I : PAUD Kec. Tarutung
Juara II : PAUD Kec. Pangaribuan
Juara III : PAUD Siborongborong

Lomba Fashion Show
Juara I : PAUD Kec. Tarutung
Juara II : PAUD Kec. Pangaribuan
Juara III : PAUD Kec. Sipoholon

Lomba Menancapkan Bendera
Juara I : PAUD Kec. Tarutung
Juara II : PAUD Kec. Muara
Juara III : PAUD Kec. Sipoholon

Turut hadir dalam acara Gebyar PAUD ini, Wakil Ketua DPRD Taput Fatimah Hutabarat, Mewakili Dandim 0210 Pasaribu, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Rosdiana, SE, MM, Kepala Bapemmas dan Pemdes Binhot Isak Aritonang, S. Sos. Kepala Kantor Perpustakaan Siasep Manalu, SE, Kabag Humas  Donna Nursiti Situmeang, S.IP, Kabag PP Herli Sinaga, SE.

Photo Liputan :

Posting Komentar