"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 13 Oktober 2015

Tim Koordinasi Pembinaan dan Monitoring Desa/Kelurahan di Taput

Selasa, 13 Oktober 2015.  Tim Koordinasi Pembinaan Dan Monitoring Desa/Kelurahan Pelaksanaan 10 Program Pokok Tahun 2015 Provinsi Sumatera Utara diterima TP PKK Taput di Huta Pansuran Kelurahan Hutatoruan IX Kecamatan Tarutung.

Kehadiran Tim terkait koordinasi 5 (lima) kegiatan dalam rangka penyelenggaraan HKG PKK (Tertib Administrasi, PKDRT, UP2K PKK, Pemanfaatan Tanah Pekarangan dan Pemanfaatan Hasil Toga, 4 kegiatan dalam rangka hari keluarga (Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, Posyandu, PHBS LBS dan PT-P2WKSS).

Tim Koordinasi Prop Sumatera Utara beranggotakan Ny. Verasuryana Imam Putra, Ny. Masudiatun, Ny. Arjuna dan Dra. Dermawati Sitindaon, M.Pd diterima Bupati Taput diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Humala Hutauruk dan Kepala Bapemmas dan  Pemdes Kab. Taput, Binhot Isak Aritonang, S.Sos.

Setelah menyanyikan lagu Mars PKK Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Drs. Humala Hutauruk membacakan bimbingan dan arahan Bupati Taput.   Bupati dalam arahannya mengatakan "Koordinasi pembinaan dan monitoring yang dilaksanakan ini pada dasarnya adalah merupakan tindak lanjut dari supervisi yang telah dilaksanakan sebelumnya pada desa/kelurahan binaan 10 Program Pokok PKK Kab. Taput, dengan tujuan agar masyarakat desa/kelurahan diharapkan turut serta membangun desa terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan dan ekonominya melalui gerakan ini."

"Kita menyadari bahwa keberadaan Tim Penggerak PKK di Kab. Taput sudah berbuat dan berjalan sesuai tugas dan fungsinya, namun tidak akan mampu menjalankan fungsinya jika tidak didukung oleh seluruh unsur masyarakat dan unsur pemerintahan", lanjutnya Bupati.

Sementara Ny.Hj Evi Diana Erry Nuradi selaku Plt. Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara dalam bimbingannya yang dibacakan Ny. Vera Suryana Imam Putra merinci maksud dan tujuan dari monitoring ini, seperti  (1) untuk melihat secara langsung di lapangan proses berbagai kegiatan yang sedang berjalan maupun yang telah dilakukan oleh TP PKK Kabupaten/kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan tentang 10 Program Pokok PKK yang didukung Dinas/SKPD terkait.  (2) Untuk mengetahui apa saja manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di desa/kelurahan ini sejak awal pembinaan sampai saat sekarang ini, apa masalah yang dihadapi serta apa solusi yang dilakukan dan bagaimana hasilnya.  Juga (3) untuk melihat kemajuan desa/kelurahan yang telah dibina, sampai pada saat ini dibanding sebelum pembinaan, saat pembinaan dan setelah pembinaan.

Ke-10 Ketua TP. PKK Desa/Kelurahan dan Kepala Desa/Lurah dari 9 Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara yakni Kelurahan Situmeang Habinsaran (Binaan LBS), Desa Sitompul (PHBS), Kelurahan Hutatoruan IX (Administrasi), Desa Banualuhu (PKK-KB-Kesehatan), Desa Hutabulu (Hatinya PKK), Desa Parsosoran (Toga), Desa Sukamaju (Posyandu), Desa Setia (IP2K), Desa Silantom Julu (PKDRT) dan Dolok Sanggul (PT.P2W-KSS) menyerahkan laporan kegiatan kepada Tim Koordinasi Prop Sumut sebagai bahan evaluasi penilaian keberhasilan penyelenggaraan yang diperlombakan.

Untuk memastikan dan memahami isi laporan yang disampaikan para Ketua TP PKK dan Kepala Desa/Lurah, maka TP PKK Provinsi Sumut melakukan tanya jawab kepada PKK dari keempat Pokja PKK.  Pada Pokja I yang membidangi administrasi, TP PKK Provinsi melakukan pemeriksaan laporan-laporan TP PKK desa/kelurahan sembari memberikan kritikan dan masukan atas setiap laporan agar laporan yang dibuat dapat memuat informasi yang baik dan benar.

Pokja II yang membidangi ketrampilan menampilkan hasil karya kerajinan rumah tangga seperti ulos, syal, keripik, cairan pembersih piring, kaos kaki dan kaos tangan bayi.  Kepada Pokja ini TP PKK Prov. Sumut memperdalam tentang pembuatan hasil karya dan membandingkannya dengan hasil yang dibuat oleh PKK Kabupaten lain di Prov Sumut. 

Selanjutnya TP PKK melakukan kegiatan yang sama kepada anggota Pokja III bidang masak memasak dan Pokja IV bidang kesehatan dan Posyandu.

Salah satu hal menarik yang mampu membawa Tim Koordinasi Prov Sumut berdecak kagum, di  Pokja II melihat dan mengamati Ibu Paula Panggabean (82 Tahun) warga Kel. Hutatoruan IX yang masih mampu mengerjakan kerajinan rumah tangga seperti kaos kaki dan kaos tangan bayi serta syal.

Mengakhiri kunjungan di Taput TP PKK Kab. Taput dan Kepala Bapemmas Pemdes Kab. Taput mengarahkan Tim Koordinasi TP PKK Prov. Sumut berkunjung ke Kantor Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Hutatoruan IX Kec. Tarutung Kab. Taput untuk melihat seluruh data kegiatan PKK Kel. Hutatoruan IX Tahun 2015.

Turut hadir dalam Koordinasi Pembinaan dan Monitoring Desa/Kelurahan Pimpinan SKPD Kab. Taput Camat Tarutung, Drs. Anas Siagian, dan 8 Camat lainnya (Sipoholon, Siatas Barita, Pagaran, Siborongborong, Pahae Jae, Simangumban, Pangaribuan dan Garoga), serta Lurah Hutatoruan IX.

Photo Liputan :

Posting Komentar