"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 29 Oktober 2015

Lomba Obrolan Pembangunan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Taput

Kamis, 29 Oktober 2015.  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menggelar Lomba Obrolan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Tapanuli Utara yang diadakan di Aula SMA HKBP 2 Tarutung.

Thema obrolan yang diangkat dalam lomba ini adalah "Kesiapan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)" dengan topik obrolan "Menciptakan pertanian yang lebih modern di Kab. Taput dan Memajukan pariwisata di Kab. Taput untuk kesejahteraan masyarakat."

"Penyebarluasan Informasi adalah usaha untuk mewujudkan tercapainya masyarakat berbasis informasi yang positif ditengah-tengah masyarakat. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan media/sarana komunikasi yang berdimensi dua bagi pemerintah dan masyarakat. Bagi Pemerintah KIM berfungsi untuk menyebarluaskan informasi-informasi kebijakan pemerintah, program-program mensejahterakan masyarakat, sedangkan didalam dimensi masyarakat, berfungsi sebagai wahana informasi diantara anggota kelompok maupun kepada pemerintah," Kata Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Parhimpunan Marpaung sebelum lomba dimulai.

"Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus mampu mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka, memahami informasi, memberdayakan masyarakat agar dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.  Karena melalui komunikasi akan terjalin hubungan yang baik, serasi, dan harmonis diantara pemerintah dan masyarakat sehingga terciptanya rasa saling memahami, mengerti dan kerjasama  yang baik," ujar Bupati.

"Untuk Mendukung program kesiapan KIM menyambut ekonomi ASEAN (MEA) kita upayakan pemberdayaan KIM melalui pembenahan buku referensi, pelatihan dan pendidikan, mengembangkan jariangan antar KIM, pengenalan dan peningkatan pemahaman dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi," tambahnya.

Bupati juga berharap kepada dewan juri agar benar-benar memberikan penilaian kepada peserta, tanpa dipengaruhi pihak lain agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Maksud dan tujuan dari lomba ini diadakan, seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Rudi Sitorus, S.Sos dalam laporannya adalah :

  1. Meningkatkan motivasi bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk membina dan mengembangkan kelompok informasi masyarakat yang dikelola.
  2. Meningkatkan kebersamaan dan kerjasama diantara pengurus dan anggota Kelompok Informasi Masyarakat.
  3. Mengukur kemampuan KIM didalam menyampaikan informasi dan menjaring KIM yang berprestasi yang dihunjuk/diikutsertakan mengikuti lomba pada tingkat Propinsi Sumatera Utara tahun 2016.
  4. Menjadi bahan  evaluasi bagi instansi terkait penyusunan program pembinaan dan pengembangan KIM.

Peserta yang hadir dalam lomba ini berasal dari berbagai KIM kecamatan yang berada di Kabupaten Taput seperti, Pangaribuan, Sipahutar, Tarutung, Sipoholon, Muara, Pagaran, Siborongborong dan Garoga.

Dewan juri lomba ini yakni Dahlia Simorangkir (unsur pers), Dra. Jumaria Sirait, M.Pd (unsur pendidikan) dan Selamat Hutagalung, SH (unsur LSM).  Setelah seluruh peserta menampilkan kebolehan masing-masing diputuskan pemenang lomba yang dibacakan oleh Selamat Hutagalung, SH adalah :

  • Juara I, KIM Kec. Siborongborong
  • Juara II, KIM Kec. Tarutung
  • Juara III, KIM Kec. Pagaran
  • Harapan I, KIM Kec. Garoga
  • Harapan II, KIM Kec. Muara
  • Harapan III, KIM Kec. Sipoholon

Untuk pemenang I akan diutus mengikuti perlombaan KIM Se-Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 di Medan.

Turut hadir dalam lomba Camat Pangaribuan Drs. Rapiddin Sormin, Camat Simangumban Renhard Doharta Lumbantobing, S. Sos.

Photo Liputan :

Posting Komentar