"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 01 Oktober 2015

Hari jadi ke-70 Taput, Festival Tortor dan Musik Tradisional

Kamis, 1 Oktober 2015.  Salah satu kegiatan hari Jadi ke-70 Taput yakni Festival Tortor dan Musik Tradisional digelar di Gedung serbaguna Tarutung, berlangsung selama dua hari.

Hari pertama peserta yang berlomba berasal dari Kec. Pangaribuan, Kec. Garoga, Kec. Purbatua, Kec. Muara, Kec. Siborongborong dan Kec. Parmonangan,  sedangkan hari kedua yang akan digelar Jumat akan berlomba peserta dari Kec. Tarutung, Kec. Pahae Julu, Kec. Adiankoting, Kec. Sipoholon, Kec. Pagaran, Kec. Siatas Barita, Kec. Pahae Jae dan Kec. Sipahutar.

Dalam Festival Tortor peserta dituntut menampilkan keharmonisan tim mengikuti irama musik yang dimainkan.  Disamping itu gerakan-gerakan indah khas tortor dipadu dengan gerakan lainnya juga harus di perlihatkan untuk mendapatkan nilai dan simpati para juri yang menilai lomba festival.

Festival musik tradisional ini sungguh menghadirkan suasana khas Tapanuli di ruang gedung Serbaguna dengan kepiawaian seluruh peserta memainkan alat musik tradisional seperti gendang, seruling dan alat lainnya.

Juri dalam Festival ini adalah Tambarong Lumbangaol, Swanto Sinaga, SPd, Adven Lumban Tobing sebagai juri musik Esfy A. Panggabean, Lisbeth Napitupulu, S.Pd dan M. Silalahi sebagai juri Tortor.

Liputan Photo 

Tidak ada komentar: