"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 09 Oktober 2015

Dandim 0210 TU Tutup Karya Bakti TNI 2015

Jumat, 09 Oktober 2015.   Pelaksanaan Karya Bakti TNI di wilayah Kodim 0210/TU Tahun 2015 di  Desa Lumban Silintong Kec. Pagaran Kab. Tapanuli Utara resmi ditutup oleh Dandim 0210/TU.


Komandan Kodim 0210/TU Letkol Baginta Bangun, S.I.P., dalam amanat penutupan mengatakan "Pelaksanaa Karya Bakti TNI Tahun Anggaran 2015 telah selesai dilaksanakan dan secara umum pekerjaan ini saya nilai sudah tuntas walaupun dalam pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan dan tantangan yang harus kita lalui".

"Sebagaimana kita ketahui bersama, program karya bakti TNI adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Program ini dilaksanakan sebagai upaya membantu percepatan akselerasi pembangunan daerah yang menjadi prioritas perhatian pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara", lanjutnya.

Wakil Bupati Taput Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si dalam sambutannya mengatakan "karya bakti TNI di wilayah Kodim 0210/TU ini adalah program yang sangat membantu Pemerintah Kab. Taput, dan menjadi karya nyata dalam upaya peningkatan dan percepatan pembangunan infrastruktur di Taput, khususnya di desa Lumban Silintong Kec. Pagaran,  kegiatan karya bakti prajurit TNI ini juga diharapkan mampu memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat".

Sebelumnya dalam laporan penutupan disebut bahwa Karya Bakti yang dilakukan oleh TNI di wilayah Kodim 0210/TU selama 1 bulan di Desa Lumban Silintong sejak 7 September 2015 mempunyai target atau sasaran yang akan dicapai, yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik. Sasaran fisik meliputi : Pembukaan badan jalan sepanjang 3.700 meter di desa Lumban Silintong Kec. Pagaran menuju Desa Saitnihuta Kec. Dolok Sanggul, Pembuatan parit kiri-kanan jalan sepanjang 2 x 3.700 meter, pembuatan gorong-gorong plat 4 unit, pembuatan dyk beton sepanjang 4,8 meter dan pembuatan parit semen sepanjang 159 meter.

Sementara sasaran non fisik yang dicapai meliputi : penyuluhan narkoba oleh Polres Taput, penyuluhan hukum oleh Polres Taput dan penyuluhan pertanian oleh Dinas Pertanian Kab. Taput.


Kepada media ini salah seorang tokoh masyarakat desa Lumban Silintong Lifer Sihotang mengatakan, bahwa "dengan dibangunnya jalan ini maka aktivitas sosial perekonomian mereka dan desa sekitar khususnya pertanian dan perkebunan akan dapat tertingkatkan".

Masih menurut Lifer Sihotang pada area lokasi jalan dibangun tersebut hampir 90% masyarakat desa Lumban Silintong berladang/berkebun, termasuk masyarakat Desa Hasibuan, Desa Onang Runggu, dan Desa Dolok Saribu dengan jenis tanaman seperti Kopi dan Kemenyan.

Sementara bapak Huta Simamora juga menyampaikan harapannya kepada Bupati, untuk memberhasilkan program ketahanan pangan di Lumban Silintong khususnya dan Taput umumnya perlu dibangun waduk dan saluran irigasi untuk mengairi sawah yang diperkirakan +/-100 ha dari tiga desa bertetangga.  Selama ini masyarakat desa Lumban Silintong sekitarnya kurang maksimal memperoleh hasil pertanian khususnya padi sawah.

Sebagai wujud terimakasih atas pelaksanaan Karya Bhakti TNI di Desa Lumban Silintong masyarakat desa Lumban Silintong memberikan kenangan kepada Pemerintah Kab Taput dan unsur Forkompinda lainnya berbentuk ulos. Ulos diberikan kepada Wakil Bupati, Dandim, Kapolres (diterima  : Kabag Ops. Marpaung), Kajari (diterima : Sulaiman ), DPRD Taput (diterima Watua : Fatimah Hutabarat).
Setelah seluruh rangkaian acara selesai. Wakil bupati bersama perwakilan dari Kajari, Polres dan TNI melakukan peninjauan ke lokasi karya bakti TNI.

Photo Liputan :


Posting Komentar