"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 03 Oktober 2015

Hari Jadi Ke-70 Taput, Gebyar Kreativitas Remaja

Sabtu, 3 Oktober 2015.  Hari Keenam rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-70 Taput menghadirkan Gebyar Kreativitas Remaja Kabupaten Tapanuli Utara diadakan di depan Kantor BKD Taput, Tarutung, mengambil thema "Bangga Menjadi Pemuda Kabupaten Tapanuli Utara Yang Kreatif dan Inovatif". 


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Taput, Benny Simanjuntak S.Sos mewakili Bupati Taput dalam bimbingan dan arahan menyampaikan ucapan syukurnya karena diberikan kesempatan untuk menyajikan suatu kegiatan yang positif bagi pembangunan generasi muda Taput yang dikemas dalam kegiatan gebyar Kreativitas remaja Kabupaten Tapanuli Utara.

Benny Simanjuntak S.Sos mengatakan. "kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, daya cipta atau inovasi dan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap potensi dan kekayaan daerah Taput".

Setelah acara dibuka, rombongan yang dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Titi Mauliate Simorangkir, Kadispora, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pariwisata melihat secara langsung cara pembuatan dan hasil karya dari peserta. Tampak Wakil Ketua TP mengamati hasil karya peserta secara seksama dan bercengkrama dengan peserta.

Sementara itu di sela - sela kesibukan nya tampak hadir ketua TP PKK, Satika Nikson Nababan dan mengunjung dan bertanya kepada peserta cara pembuatan hasil karya, serta menanyakan harga yang dipatok peserta untuk hasil karyanya tersebut. Beliau juga tampak mencoba memakai hasil karya dan memberikan masukan kepada peserta.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 15 kecamatan di Kab. Taput, sebanyak 42 peserta yang berkompetisi menampilkan hasil karya cipta buatan tangan terbaik.  Kategori yang diperlombakan yaitu : kategori peralatan rumah tangga, kategori pakaian, selendang, tenunan dan tas, kategori ornamen/dekorasi ornamen dan kategori alat musik.

Hasil karya yang dihasilkan para peserta antara lain : Garantung, Gitar, Seruling, Ukiran kayu, Bunga dari kertas minyak, Sapu ijuk, Keranjang rotan, Pot bunga inovatif, Ornamen rumah adat, Tas dari bahan ulos, Penutup lampu tidur dari bahan ulos, Tempat ATK dari bahan daur ulang cetakan kue, Lukisan, Sulaman dan Tenun.

Penilaian untuk keempat kategori berdasarkan : Kreativitas objek, Proses pembuatan, Objek sebagai hasil cipta karya terbaru, Keunikan yang mengusung ciri khas, Produk ramah lingkungan dan Nilai ekonomi / nilai pasar.

Untuk hasil karya terbaik telah dipersiapkan hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan, begitu juga bagi pemuda pemudi yang berpartisipasi juga mendapatkan uang pembinaan.

Photo Liputan :

Tidak ada komentar: