"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 15 Desember 2015

Bupati Taput Lanching 5 Traktor Baru Dinas Pertanian

Senin, 14 Desember 2015.  Wajah Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan tampak berseri dan menunjukkan kebahagiaan saat meninjau pengadaan 5 traktor baru yang terparkir di dalam area UPT Pertanian (Alsintan) di Silangkitang.


Rencana kerja untuk mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan segera dapat direalisasikan dengan pengadaan 5 traktor baru tersebut. Kehadiran traktor-traktor baru ini melengkapi 2 traktor yang tersedia dan masih bisa beroperasi sebelumnya.

Harapan Bupati, tahun 2020 semua desa di Taput sudah tersedia alat berat dan alat penunjang pertanian lainnya.  Apalagi, sebagian besar  masyarakat Taput hidup dari hasil pertanian.  "Kalau mau petani sejahtera, saya harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk itu," ujar bupati

Berbagai program bidang pertanian akan kita tingkatkan, tahun ini dianggarkan pembelian lima traktor, dan pembelian alat berat lainnya yang digunakan untuk ekstensifikasi dan pembukaan lahan pertanian. ”Harapan kita, semua program yang kita persiapkan dibidang pertanian dapat berjalan dengan baik, sehingga Taput  sebagai Lumbung Pangan dapat terwujud,” tambahnya.

Saat meninjau pengadaan traktor tersebut, Bupati Taput berkesempatan untuk mencoba dan menjalankan traktor. Sebelumnya Bupati juga memeriksa hal-hal yang penting untuk diketahuinya dengan berkonsultasi dengan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan pengadaan traktor tersebut.

"Demi kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara," ujar bupati singkat untuk menyambut traktor dengan upacara sederhana pemecahan telur ayam kampung dan pencurahan beras ke atas traktor baru itu. "Jayalah Tapanuli," tambahnya.

Saat ini Pemkab Tapanuli Utara telah memiliki 9 (Sembilan) unit traktor, 5 (lima) unit traktor baru pengadaan Dinas Pertanian 2015, 2 (dua) unit traktor lama yang masih bisa dioperasikan pada Dinas Pertanian dan 2 (dua) unit yang baru pengadaan Perusahaan Daerah Pertanian.

“Mari kita maksimalkan penggunaan traktor ini untuk kesejahteraan petani. Perluasan lahan pertanian (ekstensifikasi) akan sangat mudah dengan alat ini. Tapanuli Utara masih memiliki lahan tidur yang masih sangat luas untuk dijadikan lahan pertanian. Kita layani dan motivasi masyarakat dengan baik. Dengan alsintan ini, ketersediaan bibit pertanian, dan pupuk bersubsidi, saya yakin tidak ada lagi kesulitan masyarakat kita dalam memperluas lahan pertaniannya,” ujar Bupati menambahkan

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Taput Ir.Marco Taruli Parlindungan Panggabean, M.Si, Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Nursiti Situmeang, S.IP.

Photo Liputan :



Tidak ada komentar: