"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 25 April 2016

Bupati Taput : Bangun Dialog Dengan Semua Pihak

Senin, 25 April 2016 Bupati Taput Drs. Nikson Nababan Inspektur Upacara Hari Otonomi Daerah XX Tahun 2016 dilangsungan di halaman Kantor Bupati Taput di Tarutung diikuti Sekda, para Staf Ahli, para Asisten Setda, para Pimpinan SKPD, para Kabag Setdakab, para Camat se-Taput, para pejabat struktural Eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Taput dan Staf Setdakab Taput.

Hari OTDA 2016 mengusung thema “Memantapkan Otonomi Daerah menghadapai Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” yang dalam amanat Mendagri yang dibacakan oleh Bupati disebut, bahwa tujuan Hari Otonomi Daerah adalah untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan otonomi daerah di setiap tingkatan pemerintahan.  “Tujuan Otda untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otda tingkat pemerintah yang di mulai dari pusat  sampai dengan daerah, apalagi pem,berlakuan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut pemerintah daerah, menata elemen otonomi daerahnya dalam  persaingan pasar bebas, khususnya di negara negara Asean”.

Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN diberlakukan 5 arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar – negara ASEAN, yaitu arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil, arus bebas modal dan arus bebas investasi. Melalui pemantapan otonomi daerah, kita tidak akan kalah bersaing dengan negara – negara yang berada di lingkungan ASEAN.

Dalam catatan Kementerian Dalam Negeri, masih terdapat sejumlah Pemerintah Daerah yang berkinerja rendah dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah. Meskipun terdapat sejumlah faktor penentuan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, namun para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah memegang posisi kunci dalam mengembangkan kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Secara khusus Bupati Drs. Nikson Nababan kepada segenap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Taput menyampaikan pesan, diantaranya
  • Saat ini keterbukaan itu sudah menjadi kata mati, segala sesuatu yang kita kerjakan sesuai dengan tupoksi masing-masing, jangan alergi, saya perintahkan agar mulai belajar untuk menjelajah dunia maya, informasi apapun yang didapat itu sebagai ASN kita wajib menjawabnya, kita harus punya hati dan jadikan koreksi jika salah, kalo itu negatif silahkan berdialog, kedepankan dengan dalihan natolu,  Kita sudah punya beberapa akun, seperti Humas dan Keprotokolan, bergabung disana, walau itu bukan tugas utama, sempatkan disela sela waktu.
  • Dalam P-APBD kita harus mulai konsentrasi dalam penataan kota, khususnya Tarutung dan Siborongborong;
  • Para ASN agar menghindarkan diri berlama-lama duduk di lapo tuak, usahakan untuk mendampingi anak di rumah khususnya dalam pembelajaran anak.

Posting Komentar