"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 22 April 2016

Bupati Taput Hadiri Pelantikan Pengurus Komisariat APPSI Siborongborong

Kamis 21 April 2016,  Mengusung tema ‘Sejahteralah Pedagangku, Majulah Bangsaku’ Ketua APPSI Tapanuli Utara Elvis R.P. Simangunsong melantik Pengurus Komisariat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Siborongborong di Balerong Pasar Siborongborong dengan dihadiri oleh Bupati Tapanuli Utara.

Bupat Taput Drs. Nikson Nababan dalam sambutan menyampaikan, “Pemkab Taput sangat mendukung berdirinya asosiasi ini dimana melalui asosiasi ini kita dapat melestarikan Pasar Tradisional tetap harus sudah mulai mengacu pada pola yang diterapkan Pasar Modern, dimana ada keteraturan, ada keseragaman harga bagi produk sejenis, jangan ada perbedaan harga yang mencolok padahal sama-sama menjual barang yang sama. Berikan pelayanan yang sama dan tetap lembut bagi semua pembeli, jangan karena orang asing yang belanja harus langsung naik drastis. Ciptakan Pasar Tradisional yang dicintai banyak orang karena keteraturan, kebersihan, keramahan pedagangnya dan harga yang bagus".


Dalam menyambut destinasi wisata Danau Toba Bupati menghimbau agar pola dan perilaku Pasar Tradisional yang lama harus kita rubah dengan pola dan tingkah laku pasar modern karena Kota Siborongborong menuju Muara adalah pintu gerbang wisata Danau Toba. “Mari saling menghargai sesama pedagang di Siborongborong ini sehingga tercipta rasa kebersamaan dengan keinginan menciptakan pasar yang teratur,” himbau Bupati.

“Saya juga mau asosiasi ini membentuk sebuah koperasi simpan pinjam sehingga terpelihara rasa kebersamaan dan saling memiliki. Asosiasi ini harus bekerja keras untuk segera menciptakan Pasar Siborongborong menjadi Pasar Tradisional dengan tatanan dan pola perilaku modern, mampu ‘Go Internasional dalam menghadapi MEA, karena pembeli juga akan masuk dari mancanegara sebagai pintu gerbang destinasi wisata Danau Toba, bersiaplah, bekali pedagang kita dengan hal-hal yang membuat mereka mampu bersaing dengan pedagang dari luar,” ajak Bupati mengakhiri.

Tokoh masyarakat M. Manalu dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Asosiasi ini harus mampu jadi filter dan motivator dengan inovasi dalam mengembangkan pasar Siborongborong. “Jadilah orang-orang yang berbobot dan seperti padi yang berisi, bukan padi kosong yang nyaring bunyinya,” ajak M. Manalu.

Mewakili pedagang Abdul Simatupang menyampaikan bahwa keberadaan APPSI harus dirasakan masyarakat dan pedagang Siborongborong dan tetap mengacu pada aturan dan peraturan yang ada serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumahtangga,” himbaju Abdul.

Turut mendampingi Bupati Taput Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan, Kepala Bappeda Indra Simaremare, Kadis Pasar dan Pertamanan Alex Gultom, Kadis Cipta Karya Budiman Gultom, Kadis Pertambangan Palmudi Sagala, Kadis Kehutanan Benhur Simamora, Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Situmeang.
Posting Komentar